cerita

All posts tagged cerita

Liburan kmaren SF ada agenda trip mancing ke karawang. Tapi karena pesertanya banyak jadi terpaksa SF ngalah bermotor, mobilnya ga cukup… pake ertiga sayang melewati jalanan offroad beberapa km :mrgreen:

SF selalu penasaran gimana rasanya skutik buat turing … Nmax jadi pilihan untuk turing boncengan dengan seorang rekan biker. 

139,4kmMeski hanya turing pendek 70km, cukup untuk mengetahui karakter Nmax untuk turing. Rute turing kali ini berangkat dari harapan indah bekasi menuju ke pantai tanjung pakis , karawang. Jarak 70km , kondisi malam hari, boncengan dan barang bawaan penuh(tas penuh alat2 pancing 2 buah, tas joran, dan ikan hasil tangkapan plus es batu 10kgan saat pulangnya). Ini kesan positif dan negatif Nmax untuk turing full loaded…

1. Posisi pengendara cukup nyaman… berkendara 2 jam lebih tengah malam  ga ada rasa pegal yang berarti! 

2. Lain halnya dengan boncenger… saat balik pulang, SF yang awalnya nyetir karena masih sore… setelah maghriban SF terpaksa menyerah… kalah menghadapi sinar lampu dari arah berlawanan, maklum SF rider berkacamata. Silaunya ga tahan… Saat itu balik agak sorean jadi jalanan masih ramai. hanya 1 jam dibonceng, tapi pantat bagian belakang sudah panas dan mati rasa… posisi footstep juga kurang nyaman . Terlalu tinggi dan terlalu maju posisinya. Sepertinya sektor jok perlu dimodif biar nyaman.

3. Performa Nmax untuk turing cukup mumpungi…. mesin 155cc terasa responsif untuk menyalip. Meski buat boncengan, dan beban penuh. Bukan hal susah menyentuh 100kpj. Sangat mungkin bisa lebih jika saja mental SF ga ciut…. maklum jalan pedesaan. Performa rem dan grip ban top markotop susah disaingi motor lain. Beberapa kali SF ngerem mendadak karena lubang jalanan, dan ga ada gejala selip atau handling goyang. Ini kelebihan telak yang dimiliki Nmax. 

4.  Cukup disayangkan ukuran roda 13 inchi.. jadinya sensitif terhadap lubang jalanan. Jadinya pengendara kudu lebih waspada
5. Untung Shock Nmax telah SF modif pernya dengan punya shogun (baca ulasan lengkap disini ). luar biasa efeknya… goncangan jalan sempurna diredam shock. Sayang SF ga pernah jajal shock ori buat turing boncengan. Jadi ga bisa bandingkan. 

6. Shock modifan yang empuk jadi masalah saat melahap jalan rusak… beneran jalan rusak bejad 😆 lah wong rekan SF pake kia Sportage saja sampai gasruk saat lewat jalan rusak. 3 km memasuki area pantai Pakis karawang kondisi jalan memang parah… jalanan didominasi tanah bercampur batu dengan kontur ga rata. Kalau jalanan mulus bisa dikatakan Nmax rajanya karena nyamannya, handing dan performa mumpungi. Kalau jalanan rusak Nmax jadi Cemen! Susah ngikuti motor lain. Beberapa kali Nmax gasruk tanah bergelombang. Pergantian per empuk plus beban berat bikin ketinggian motor berkurang. 

Gara gara jalan becek dan rusak ini pula, 2 kali SF hampir jatuh karena ban masuk tanah becek berlumpur, sama sekali ga ada grip pada ban depan maupun belakang… terpaksa SF dan boncenger beberapa kali menjejakkan kaki untuk menjaga keseimbangan dan sekaligus mendorong motor. Nmax adalah motor priyayi … ga cocok becek becekan main lumpur.

7.  Lampu utama cukup terang. Jangkauan lampu jauhnya juga luar biasa… terang dan mumpungi. Tapi itu pas cuaca cerah , mungkin agak berbeda jika saat itu hujan turun. Lampu utama led berwarna putih konon lebih susah nembus hujan.

8. Ruang dek depan sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk menaruh barang bawaan, sayang ga ada cantolan barang dibagian ini. SF pasang sendiri dah… (baca disini ) ikan hasil mancing plus es batu sekitar 10kgan bisa SF taruh disini dengan posisi bertumpu diatas dek/tangki bensin. Cantolan barang berfungsi untuk menjaga barang bawaan agar tidak jatuh

Sengaja SF bikin resiprokal antara kelebihan dan kelemahan Nmax, agar pembaca memahami tiap motor diciptakan sesuai  habitatnya, enak diaspal belum tentu enak di jalan rusak. modifikasi pun ada konsekwensi positif dan negatifnya… 

Jadi kesimpulannya bagaimana? 

Nmax sudah cukup nyaman untuk turing, namun perlu sedikit ubahan agar makin menambah kenyamanan boncenger… penebalan busa jok dan penggantian shock lebih empuk jelas signifikan menambah kenyamanan. Dan yang paling utama : motor matic diameter rodanya kecil, jelas ga sestabil dibanding motor sport. Konsekwensinya pengendara motor matic harus super waspada terhadap kondisi permukaan jalan…

Bagaimana kesan rekan SF pengguna scoopy yang baru kali ini nyobain Nmax buat turing, bagaimana pula konsumsi bensin untuk turing beban berat?… arrikel terpisah ya… 

 

 

Share artikel copas dari grup yang menyejukkan hati 🙂

Di gerbang sebuah kompleks ada rambu bertuliskan:

“AWAS PELAN-PELAN, BANYAK PENYEBERANG JALAN..!!!”

Tapi pengendara tetap saja ngebut jalannya…

Karena rambu tersebut tidak dipatuhi pengendara maka pak RT membuat rambu yang lain lagi:

“AWAS PELAN-PELAN BANYAK ANAK-ANAK..!!!”

Ternyata rambu itupun tak diindahkan juga…

Namun pak RT gak kurang akal, dipasangnya rambu baru dengan tulisan:

“AWAS PELAN-PELAN, BANYAK PEREMPUAN TELANJANG..!!!”

Dan ternyataaaaaa…

Sejak rambu itu dipasang, tidak ada lagi yang berani ngebut dijalan.

Bahkan mereka terlihat sangat sopan dan waspada, mereka selalu melihat kekiri dan kanan… celinglak-celinguk ketika berjalan…

Inilah ibu kebanggaan Arek Suroboyo… begitu dekat dengan rakyat … seorang anak tuna grahita dengan segala kekurangannya pun tahu ibu Risma adalah sosok yang di “diibukan”  penduduk Surabaya… berikut kisah yang SF kutip dari pro-kontra.topsatu.com . Biar dibilang artikel copas yo wis ben… sebagai arek Suroboyo SF bangga dengan beliau, sehingga ada berita gini wajib di sebarluaskan. Apalagi hari ini hari ibu… pas timingnya….  silahkan menyimak ….

image

Sumber : pro-kontra.topsatu.com

Continue Reading

Suatu hari Bejo mengeluh kepada Joni…. betapa susahnya menjual motornya yang kilometer sudah tinggi… sudah 95rb km ….padahal motor masih berumur 2 tahun… maklum kerja Bejo adalah seorang sales. Begini percakapan mereka…
Bejo : “Jon, gw galau nih… mau ganti motor tapi motorku ini susah dijual… rata-rata yang nawar pada ngawur cuman gara-gara kilometernya sudah 95.000km…. ”
Joni : “Gemblung… pantes saja… tinggal nunggu rontoknya tuh. Gini saja… bawa ketempat temenku, montir hebat bisa menyiasati spedometer biar KMnya rendah… ” (sambil meng sms alamatnya ke Bejo)
Bejo : “Sip… Jhonnn… saya kesono sekarang”
Seminggu kemudian Joni melihat Bejo masih menggunakan motor lamanya….
Joni :” loh Jo… katanya mau dijual motornya?”
Bejo :”Ngapain dijualll… kilometer masih 6000 neh… ”

Tersenyumlah untuk sejenak melupakan harga-harga yang mulai merangkak :mrgreen:

Eh ya blog smartf41z.com sekarang ada page kumpulan humor loh… biar biker dijalan makin ramah mesam mesem sendiri…. 🙂
http://smartf41z.com/kumpulan-humor/

Alkisah seorang rekan bercerita tentang kematian salah seorang kenalannya…. penyebabnya adalah memakai tas backpack terbalik… yang seharusnya ditaruh dipunggung namun oleh pengendara ini malah ditarih didepan alias didada… alasannya melindungi dada dari terpaan angin. Bukannya selamat malah meninggal saat kecelakaan dengan kecepatan rendah…. loh kok bisa?…. Continue Reading

Sebagian orang menganggap aneh penggunaan box pada motor. Apalagi sekitar 2005/6 SF mulai pakai box di Surabaya. Saat itu pengguna box sangat jarang di kota ini, mungkin hanya member club dan komunitas yang doyan turing saja yang pake (sekarang mah banyak yang pake). Banyak komentar miring yang hinggap di jendela eh telinga mulai magic jar lah,lemari berjalan, koper, dll.  🙂 ada sedikit cerita lucu saat SF beli es goder (semacam agar-agar) dikawasan kutisari Surabaya. Setelah dibungkus es langsung dimasukkan ke box. Sambil bergurau tukang es berujar… “loh mas esnya kok dimasukkan magic jar… sambil ketawa”. SF langsung bilang.. “bukan pak ini box pendingin, nih ada kabel-kabelnya sambil menunjuk kabel stoplamp :)”  … “Ooo…. “dia cuma nyengir.

image

Beberapa hari kemudian beli lagi es di tukang goder ini… “eh mas kalau saya pake gituan bisa buat nyimpen es batu biar ga cair ya…?” tanyanya serius…. Glodaggghhhh!!!
Untung tukang es ini ga jadi beli… coba kalau beli ditoko motor “om jual kulkas buat motor ga? ” he3… sebelum tersesat tak jelasin klo ini cuma box buat penyimpanan barang doank. Konyol juga nih penjual esnya !

2 hari ini wordpress for android bermasalah saat posting gambar ga muncul. Akhirnya terpaksa saya unistall dan install baru lagi. Maaf atas ketidak nyamanannya. Artikel ini malah tadi tersimpan sebagai konsep lah malah ke upload…

image

Kejadian itu sungguh membekas dalam memori salah seorang sanak saudaraku sebut saja Om K. Saat itu dari jauh dia melihat bus lintas kota berhenti menurunkan penumpang. Om K segera menyalakan sein kanan dan bersiap untuk menyalip bus tersebut. Saat kepala truk sudah sejajar dengan bagian tengah bus, tak disangka penumpang bus itu menyeberang dari arah depan bus. Om K sama sekali ga melihat penyebrang jalan itu sampai menjelang kecelakaan itu terjadi. Ngeri… ! Tubuh seorang wanita paruh baya itu koyak dibeberapa bagian dan tewas ditempat. Meskipun warga sekitar mengetahui kejadiannya dan keluarga korban memaafkan om K (karena mengetahui kejadian itu bukan salah Om K), namun tetap saja Om K harus mendekam dipenjara selama beberapa bulan.
image
Kejadian itu benar-benar membawa hikmah sendiri bagi Om K, beliau jadi belajar sholat dan ngaji lebih tekun, sholatpun selalu di masjid. Kehidupan sopir truk lintas propinsi memang penuh warna, beliau pernah mengalami gandengan truk terguling karena tanah ambles, pernah juga dibius dan dirampok sampai hartanya ludes saat istirahat di POM bensin, namun yang paling sering dialami adalah dirampok oleh oknum berupa pungli yang tidak jelas lari kemana uangnya. 🙁 Hidup adalah pilihan dan rejeki sudah ada yang mengatur, so selalu ingatlah kepada Sang Maha Pengatur.

image

Kejadian ini dialami montir kepercayaan SF di Surabaya kira-kira 7 tahun silam. SF baru teringat saat baca artikel bonsai biker tentang mobil lama berhantu. Kejadiannya kira-kira begini : sore hari bro Agus kedatangan motor bekas tabrakan untuk direstorasi. Kondisi motornya sangat parah katanya tabrakan kencang hingga menewaskan pengemudinya. Setengah hati bro Agus nerima job ini.
Hal yang ga diinginkan pun terjadi. Malam harinya motor ini nyala sendiri..! Bro Agus terbangun untuk melihat apa yang terjadi. Dia pikir korslet yang menyebabkan elektrik staternya jadi aktif. Bingung ga bisa mematikan motor itu karena kunci motor memang ga ada, doi memutuskan untuk mencabut cop businya. Lah kok ndilalah motor ga mau mati. Doi pun lari ketakutan. Singkat cerita, motor ini berhasil dimatikan setelah disiram air kembang yang telah dibacakan doa-doa. ( kok jadi kaya sinetron) :mrgreen: SF sebenarnya kurang percaya dengan hal beginian, apalagi ga masuk logika dan tidak melihat dengan mata kepala sendiri. Tapi kalo saksinya ga hanya seorang jadi merinding juga.
image
SF juga sering dengar cerita, jangan beli motor bekas kecelakaan yang menewaskan pengemudinya karena dapat menyebabkan apes atau sial. Kalo ini mah ga disebabkan oleh hantu atau setan tapi karena motor bekas kecelakaan parah biasanya direkondisi, nah saat rekondisi tersebut ada parts yang ga presisi hingga suatu saat bisa menyebabkan apes, entah mogok, jalannya ga stabil dll.