ciri

All posts tagged ciri

Berdasarkan pengamatan dan hasil googling, Pada dasarnya kucing persia dibagi beberapa jenis 

1.Berdasar wajah

– medium, menyerupai kucing lokal namun lebih pesek dan lebar

– flat nose, ini jenis yang sering dijumpai dan difavoritkan pecinta kucing. Pesek wajah lebar

– peaknose, ini jenis paling mahal diantara persia lainnya. Super pesek.. hidung hampir segaris dengan mata. Kalau dilihat dari samping datar wajahnya

3. Berdasarkan bulu

– longhair . Bulu panjang

– shorthair . Bulu pendek. 

Ada jenis persia silangan yang juga banyak diminati oleh pecinta kucing. Yakni persia himalayan. Cirinya mirip dengan persia namun bulunya khas. Gelap di muka, telinga dan kaki. Badannya berwarna lebih terang. Jenis wajah dibedakan 2 jenis… dollface (agak pesek) , dan ultraface (sangat pesek menyerupai peaknose)

Kiri : peaknose eksotis, Kanan : himalayan dollface. Keduanya jantan


Lantas bagaimana memilih persia yang cocok bagi anda… ?

1. Anda telaten dan rela menyisihkan waktu dan biaya lebih buat perawatan kucing, dan ingin punya kucing yang bisa dipamerkan? Pilih longhair… biasanya yang jenis peaknose bulunya lebih lebat dibanding lainnya. Kucing ini kudu rutin dimandikan dan disisiri bulunya. Jamur dan kutu sangat rentan menyerangnya. Suhu ruangan disarankan yang dingin untuk memicu tumbuhnya bulu yang lebat. Kebersihan ruangan juga mutlak diperlukan…jangan sampai kucing ini berkeliaran dengan bebasnya di tanah. Sayang bulunya….

2. Kucing flatnose bulunya mungkin ga seheboh peaknose longhair tapi banyak juga yang lebih memfavoritkan jenis ini. Perawatannya ga seribet peaknose. Lebih tahan penyakit juga . SF dulu pernah punya flatnose berusia 8 tahunan… sayang hilang digondol orang. Bagi sebagian orang wajah persia flatnose lebih berkarakter(gagah) dibanding peaknose yang cenderung aneh/lucu. 

3. Persia peaknose. Wajahnya lucu dan menggemaskan… pesek dan rata…! Ga nampak gagah seperri flatnose. Ini termasuk jenis persia yang paling mahal dibanding medium dan flatnose. Itu juga yang bikin pecinta kucing berfikir 2 kali sebelum meminangnya. Sifatnya cenderung kalem.. cocok diuyel uyel… kelemahan kucing ini adalah jarak hidung dan mata terlalu dekat, sehingga seringkali belekan. owner kudu sering membersihkan area matanya. Menurut beberapa rekan pecinta kucing, jenis ini butuh perhatian lebih karena rentan penyakit. Jenis longhair jika perawatanya bagus hasilnya akan menggiurkan… bulu panjang dan lembut. Ditambah sifat kucing yang kalem cocok dipeluk peluk. Yang bikin heran, persia peaknose eksotis (bulu pendek) justru harganya lebih mahal dibanding longhair. Rekan SF yang demen peaknose eksotis mengatakan jika jenis ini perawatannya lebih mudah . Ga perlu terlalu sering nyalon. Wajahnya dan badannya nampak lebih lucu dibanding longhair karena bulu mengembang ga jatuh kebawah seperti longhair…jadi nampak membulat.

4. Persia himalayan. Sifat dan penampakan fisik mirip persia umumnya. Namun sifatnya cenderung lebih aktif… asyik diajak bermain main. Bulu berwarna krem dengan warna gelap dibeberapa bagian yang bikin jenis ini nampak eksklusif… unik. 

5. Sebagai gambaran harga 2016… persia medium :dibawah 500rb, persia flatnose : 1 jtan, persia peaknose longhair : 1,5-2jt, persia peaknose  eksotis diatas 2 jt. Ini SF ga ngomongin yang keturunan murni (pedigree) yang ada sertifikat segala macem… karena bisa 5jt diatas… bagi SF sih ga worthed beli gituan kalau cuma niat dipelihara. Harga diatas bervariasi…. bisa lebih murah jika adopsi dari dari owner langsung, atau bisa jadi jauh lebih mahal jika beli di petshop besar.

Banyak yang beranggapan persia kucing yang paling mahal… nope anda salah besar.. ! maincoon bisa 2-3 kali lipat dibanding harga persia, british lebih mahal lagi… puluhan juta….! 

Apapun pilihannya… memilih kucing bukan seperti memilih barang… kalau ga cocok bisa dikembalikan atau dijual lagi… SF dan keluarga milih kucing layaknya mengadopsi keluarga/anak… kalau sudah dipilih ya dirawat dan disayangi….!

Berawal dari konsultasi seorang sobat blog yang menanyakan suara mendenging Nmax, akhirnya SF putuskan bikin artikelnya. 🙂

Kesan pertama punya Nmax salah satunya adalah suara khasnya… keluar suara mendenging dan renyah… ya hampir mirip pulsar lah.
Namun menginjak hampir 7rb KM , suara khas tersebut menghilang. Kira-kira kenapa ya?

image

Continue Reading

image

Sebelum kebiri

Telah SF bahas sebelumnya soal si Michel yang terpaksa SF kebiri… termasuk alasan, pro-kontra (baca disini)
Kali ini SF bahas soal perubahan pada diri michel setelah 2,5 bulan di kebiri…
Perubahan pada diri michel belum nampak pada sebulan pertama.. selera makan tetap dan aktifnya juga… berat badan tetap kisaran 2,5kg. Saat SF memandikan michel ke dokter hewan yang mengebiri michel, SF tanyakan soal kondisi michel yang ga berubah.
Penjelasan dokter adalah, Ras himalayan jauh lebih aktif dibanding persia. Karena itu apa yang dimakannya terbuang jadi energi. Apalagi masih sebulan dikebiri, memang belum nampak perubahannya….Perubahan akan nampak mencolok saat kucing berusia 2-3 tahun, agresifnya akan berkurang drastis… disinilah makanan yang dimakannya akan menambah massa tubuh… kalau sudah demikian, porsi makan harus dikontrol.
Nah perubahan pada michel ternyata sangat terasa di 2 bulan semenjak kebiri… agresivitas michel sangat berkurang… dulu saat ada kucing liar diluar pintu transparan(kasa nyamuk) michel sangat agresif ingin menyerang kucing liar tersebut sampai beberapa titik kasa nyamuk sobek dibuatnya. Pernah sekali Michel berhasil nerobos keluar, hingga bikin seekor kucing liar dadal duel diserang Michel..
Nah sekarang michel sangat friendly… bahkan pernah SF bawa jalan keluar dan SF kenalkan pada kucing liar yang banyak berkeliaran diluar rumah.. michel mengabaikan kucing2 yang pada berkumpul berebut makanan.. dan anehnya Michel malah minta masuk kedalam rumah…
Selera makan mulai meningkat… Bunda terpaksa menambah porsi makan Michel.

image

Massa tubuh terlihat perubahannya.. makin padat berisi… naik sekilo lebih di banding saat dikebiri….
Dan untunglah michel masih aktif bermain.. masih bisa diajak tarung 🙂

image

Lagi tarung

kedepannya sepertinya bakal lebih mekar lagi nih kucing… lah sekarang umur setahun saja udah 3,5KG, padahal masa pertumbuhan kucing masih jauh dari maksimal.

image

Pipis sembarangan juga berkurang, mau pipis cuma di litter box…. bahkan semalaman ikut tidur dikamar saja ga pernah buang air… begitu subuh pintu kamar dibuka langsung dia ngacir ke litter box.
Tapi sedikit ada perubahan pada warna bulunya, jadi agak pudar alias ga sesolid pertama kali… entah hal ini karena kebiri, faktor makanan atau pertumbuhan.

image

Karena banyaknya knalpot custom replika knalpot merk luar, SF lantas cari info mengenai  ciri-ciri knalpot Asli… Siapa tahu SF yang pesen knalpot custom replika malah dikasih knalpot asli luar sama pedagangnya (ngayalll… !!! ) 😆
Eh lah kok SF malah nemu link di otomotifnet mengenai ciri knalpot racing asli   .
Continue Reading

image

Apes… pas berangkat kerja tiba-tiba ngerasa aneh sama ban belakang. Kali ini parah, direm belakang sampai bunyi KLAK!! Dan bunyi berlanjut beberapa meski tuas rem belakang dilepas. Lebih gawat lagi pas direm roda belakang geal-geol ga karuan. Padahal laher baru ganti 3 bulan lalu.  Nah nyampai kantor langsung absen dan menuju kebengkel dekat kantor tempat ganti laher 3 bulan lalu. Katanya …”wah mungkin rumah lahernya yang kena”, anepun berusaha menginterogasi lebih lanjut ” laher yang dipasang 3 bulan lalu ori kan?”  “Ya mas, ori kok ! Ga mungkin lahernya yang kena”.
Merasa curiga SF memilih ganti laher dilangganan deket rumah Sabtu kemaren. Setelah dicek laher kanan-kiri goyang parah, kondisi boss rumah laher masih bagus, dan yang bikin gemes lahernya ternyata imitasi!  Jelas saja cuma bertahan 3 bulan. Motor bertorsi gedhe, yang naik juga beruang plus ban gambot dikasih laher imitasi. Laher ori sebelumnya bisa bertahan sekitar 4 tahunan eh yang imitasi cuma 3 bulan dah jebol. Laher ori ga mahal kok cuma 50 rb sepasang. Hmmm bikin males balik kelangganan deket kantor kalau ga jujur kaya gini. Padahal beberapa bulan lalu pernah bongkar mesin disini…. positip thinking aja dah, moga slamet 🙂

image

Ketidaknyamanan ini terjadi 2 bulan terakhir. Setiap pagi sulit distater! Saat pertama kali stater gudu langsung nyala dan gas kudu digantung tinggi baru mau jalan. Jika tidak bisa hidup saat distater pertamakali bakal repot …. meski electrik stater masih nyala, tetep saja ga mau hidup motornya, pake kick stater pun butuh berkali-kali agar motor bisa nyala. Nah kejadian selanjutnya masalah merembet ke lampu utama. Seminggu sekali putus! Saya pikir kiprok, setelah dicek ke bengkel eh ternyata kiprok masih bagus. Aki juga SF pikir masih oke lah wong masih kuat muter dinamo stater, klakson dan sein juga nyala. Pusing dah gara-gara spin….
Nah puncak masalahnya terjadi Jumat kemaren. Pagi hari spin sukses dihidupkan dengan electrick stater dan langsung gantung gas tinggi. Beberapa saat kemudian langsung jalan cari es kelapa muda bareng bunda dan faiz. Anehnya saat mau pulang spin ga bisa distater. Electrik stater ga nyala, sein, klakson dan lampu rem tewas, cek sekring masih oke. Nyoba dihidupkan pake kick stater, sukses…!  Tapi ga berhenti sampai disini, begitu digas langsung brebet, gas di lepas mesin tetep hidup langsam, begitu digas lagi, eh brebet lagi. Anehnya lagi dalam kondisi motor direm depan malah mau digas. Lucunya saat sein dinyalakan dan motor digas, putaran mesinnya mengikuti kedipan sein :mrgreen:  Hadeww…. untung diseberang pas ada bengkel. Segera berkonsultasi dengan pemilik bengkel, jawabnya khusus matic suzuki jika akinya bermasalah motor suka brebet karena pengapian menganut sistem DC (CMIIW) bahkan sering bikin motor tiba-tiba mogok. Hmmm langsung beli aki kering merk toyo seharga 115rb dan SF pasang sendiri. image
Cuma butuh waktu sebentar, buka jok, buka tutup aki pakai obeng kembang, buka pengikat aki, dan keluarkan aki lama. Selanjutnya lepas kabel- kabelnya cukup dengan obeng kembang. Pasang dah aki barunya. Begitu terpasang tombol electrik stater dipencet, mesin seketika nyala. 🙂 
Esok paginya nyoba hidupkan motor dengan electrik stater dan motor langsung nyala langsam padahal grip gas sama sekali ga ane putar. Weh… gara-gara ginian 2 bulan terakhir bikin enegh sama spin, udah diservis, ganti filter udara, ganti membran vakum, ganti kabel choke yang macet eh tetep saja motor rewel.

image

Menyesakkan mengetahui kalau harga satu setnya kampas rem ninja 250 harganya 230 rb, kalo beli 2 set buat depan belakang lumayan nih. Nah berhubung kali ini kampas belakang si Bolot sudah tipis mending pake alternatif. Intinya semua kampas rem untuk dual piston bisa masuk ke Ninja. Nah pilihannya jatuh ke kampas rem supra harganya cuma 35 rb 🙂 begitu terpasang rem belakang memang TERBUKTI agak kurang pakem! Kqqkqk….. setelah baca literatur di google ternyata kampas rem supra lebih keras dibanding ori punya ninja. Ini yang bikin kurang menggigit, meski demikian  masih sanggup kok buat ngelock ban belakang bt 92 ukuran 150. Enaknya kampas rem supra ini ga cepet habis.

Selama ini rem bawaan ninja terutama belakang SF rasa terlalu pakem. Waktu hardbreak sering kali ngunci roda belakangnya. Sejak ganti kampas rem supra, distribusi jadi pas (untuk riding style SF yah). Ntar jika kampas depan habis rencana mo ganti produk racing semacam daytona, braking,  tdr atau ferodo, atau original punya RR.

image

Denger-denger sama pakemnya tapi harganya ga sampai 100 rb, toh piringan depan ane udah lebar kok (PSM Thailand punya). Ngapain mahal-mahal kalo hasilnya sama? 🙂

Akhirnya oblag juga komstir tigerku setelah 70.000 km. Gejala ini terasa semenjak sebulan lalu. Saat di rem bunyi jedug-jedug dan terasa goyangan dari area shockbreaker depan. Setelah dicek montir langganan ternyata memang bener komstirnya sudah minta ganti. Karena bengkel itu ga menyediakan komstir tiger, akhirnya SF pending pergantian sparepart ini. Oleh montirnya sedikit di kencengin supaya oblagnya ga parah. Setelah dikencengi pengendalian jadi aneh, setir jadi seret dan ga lancar pergerakannya. Kata montirnya dipakai dulu saja nanti lama-lama enteng kok… Manut!

gambar dari google


Untuk jalanan lurus sih ga masalah tapi untuk selap-selip dikemacetan dan untuk cornering sangat bahaya.Kemarin saat melepas kangen cornering, SF nyoba sedikit rebah di area Mall Kelapa Gading, lah kok dikagetkan reaksi motor yang awalnya oversteer melebar Ane tekuk dikit tiba-tiba jegleg understeer!!, alhasil mepet banget dengan trotoar.
Selamet… selamet… :mrgreen: emang minta buruan diganti nih laher komstirnya. Sementara ini jalan ati-ati dulu ajahhh

Ada aja penyakit motor tua. Setelah ganti rantai keteng dan LAT, ganti shockbreaker, eh tiger ane sekarang minta ganti gear set. Gejalanya udah sebulan lalu, tapi sekarang udah tambah parah.

Nih tanda-tanda gearset minta ganti :

1. Setelan rantai udah mentok.

2.Ketegangan rantai naik-turun, kalau dilihat dari samping saat distandard tengah dan roda diputar bakal keliatan kalau rantai bagian bawah menegang dan mengendor (naik turun)

3.saat lepas kopling (untuk motor batangan) rantai meloncat-loncat dan motor bergetar hebat, ini tandanya rantai dan gear udah ga akur lagi, gak lancar lagi komunikasinya  antara nempel dan nglepasnya.

Motor minta jajan gir set nih

Kalo tiger ane gejala nomer 1 dan 3 nih yang parah. Karena keterbatasan dana (duitnya kepake buat beli shock nitro TVS), akhirnya ane putuskan untuk motong rante sepasang deh (2mata). Eh ternyata gejala rantai meloncat dan bergetar pas lepas kopling malah parah. Bener-bener minta ganti baru nih. Rantai dan gear yang biasa ane pakai bermerk indopart, harganya sih cukup murah 160rban (2 tahun lalu), keunggulannya sih ga bunyi berisik kaya rantai orinya tiger. Tapi emang ga seperti gearset orisinal yang bisa dipake 3 tahun lebih.