DIY

All posts tagged DIY

Awalnya sobat bunda SF ini berniat cari sidebag untuk keperluan mudik libur panjang. Namun karena di kotanya ga nemu penjual side bag sedangkan butuhnya dadakan, doipun punya ide kreatif. Memanfaatkan sepasang tas punggung (backpack) untuk futsal yang diikat sedemikian rupa disamping kanan kiri motor menggunakan tali rafia… jadi dah sidebag serbaguna…saat ga terpakai dimotor bisa buat keperluan lain. Asal ga musim hujan bisa ditiru nih idenya…. 


Saran SF, karena tas diatas ga diperuntukkan untuk sidebag motor sebaiknya sering-seringlah dicek tali pengikatnya, dan juga cek jahitan pada tas apakah kuat menahan beban pada 2 titik (karena tas ini didesain menahan beban pada 4 titik). Saat pemasangan juga perlu diperhatikan  agar tas tidak kena beban berlebih karena jadi tumpuan kaki boncenger, serta jangan sampai nempel knalpot, rantai dan roda. Eh ya satu lagi… kalau bisa jangan pake rafia , riskan putus kalau kena gesekan. Sepertinya tali jemuran (tali tampar) lebih kuat.

Manteb kan…. Orang Indonesia emang kreatifff… ! Semoga yang sedang dalam perjalanan selamat sampai tujuan

Windshield beli dari daffbikershop dah datang beberapa hari lalu tapi baru sempet SF pasang karena  lembur terus seminggu sekali ni.
Paket dari daffbikershop cukup kuat dan rapi. windshield di bungkus pake plastik bubbles lumayan tebel,  windshieldnya sendiri masih di wrap dengan plastik untuk mencegah baret.  Bongkarnya sampai kewalahan :).  Kerapian windshield riben/hitam transparan ukuran 70cm dengan model sporty ini cukup bagus,  ga kalah sama yang mahal.
Berikut SF jabarkan step by step penggantian windshield Nmax.
1. Bongkar keempat baut windshield ori (yang ternyata terbuat dari plastik) dengan obeng (+)

image

Continue Reading

Dua aquascape dirumah semenjak pindahan rumah memang kurang terurus. Kurang lebih 6 bulan berjalan aquascape dibiarkan begitu saja. Paling cuma ditambah air tiap harinya. Sebenarnya penyebab utamanya adalah aquarium utama retak karena pindahan… terpaksa SF pake aquarium yang lebih kecil untuk menyelamatkan fauna. Malah rungsep ga enak dipandang.
Ya sudah deh SF putuskan untuk bangun aquascape lagi. Aquarium yang retak SF dobelin kacanya (atas bawah). Selanjutnya SF pesen lampu led khusus aquascape (ga lagi main DIY -alias bikin dhewe), soil khusus menurunkan PH, Pupuk dasar, dan keperluan lainnya. Biaya memang jadi bengkak tapi sasaran SF memang aquascape yang agak bagusan dibanding yang lama.

Continue Reading

image

Ga disangka rear hugger byson cukup murah. harganya 28rb dapat dibeli langsung di bengkel resmi (ga ditanyain macem-macem kok 🙂 , apalagi sampai nunjukin stnk kaya motor india yang melarikan diri itu).
Kalau malu beli di bengkel resmi bisa beli di toko variasi, tapi jangan kaget kalau harga melonjak hingga 50rb.
Dibanding rear hugger variasi yang terbuat dari fiber yang rentan retak dan pecah-pecah catnya jelasnya SF lebih memilih rear hugger byson yang terbuat dari plastik ini.
Monggo disimak langkah-langkah memasang rear hugger (spakbor kolong) byson ke ninja 250

Continue Reading

Manusia kalo tidak ada kegiatan favorit alias hobi bakal kurang bergairah dalam hidupnya. Hobi bertujuan untuk meredakan stress atau melepas penat dalam otak. Namun telalu banyak hobi ternyata dapat juga menambah beban loh, juga menguras duit tentunya. Contoh kasus saya sendiri. Hobi Smartf41z terutama adalah motor, namun hobi lainnya juga banyak, makan, minum, tidur, beol. HALLAHH!!! itu mah kewajiban :lol!: . back to topic, hobi lain ane yakni piara kucing persia, aquascape, game balap, photografi, mancing, dll. namun karena kesibukan kerja sekarang yang intens cuma 4 hobi utama, motor, aquascape, photography, dan game balap. Sering kali Hobi tersebut ga mendatangkan kepuasan  tapi malah bikin stress dan duit habis. berikut contohnya :

Hobi motor

mesin tuwir dan berpenyakit, bikin stress

Karena punya motor yang penuh sejarah smartf41z ga mungkin jual nih motor. Tapi karena usianya tuwir dan dipake sebagai motor harian ada aja problem timbul, stress dan keluar biaya jadinya. Namun karena nilai historisnya sangat besar, apapun yang terjadi ga bakal dijual ni motor. Tapi begitu motor berhasil diperbaiki, kepuasan tak ternilai didapat smatf41z. Trus saat beli Ninin otomatis dibikin susah juga sama cicilan bulanannya, apalagi waktu motor penuh baret gara2 ulah iseng si kecil. Namun namanya jg hobi, pake akal2an biar aset terlindungi, kluar biaya lagi deh buat pasang cutting sticker. Sekali lagi ada kepuasan tersendiri waktu mengendarainya

Saat berkendara ada kenikmatan tersendiri

Hobi Aquascape

Saat terserang algae bikin stress

Saat terserang algae bikin stress

Hobi ini efeknya luar biasa untuk menghilangkan stress. Tiap sebelum berangkat kerja pulang kerja Smartf41z selalu menyempatkan menikmati ekosistem buatan yang ane susun bersama dengan bundaf41z. Namun problem melanda saat aquascape ini mulai terserang hama lumut yang menggila, segala cara dilakukan untuk membasmi hama tersebut dilakukan, sampe stress juga.

discus ane pun sampe ikut stress, tuh jadi muncul garis2nya

Akhirnya nyerah dengan melakukan cropping atau pemotongan tanaman yang terserang lumut atau alga. Setelah itu cari cari info ternyata ini akibat suhu aqua yang terlalu tinggi plus nyala lampu terlalu lama. Hmm bikin pendingin akal-akalan dari kipas laptop deh.

problem temporary solved berkat info dari internet

Hobi game balap

Kalo ini kesibukan diwaktu senggang. Namun ga jarang juga malah bikin strezz saa ingin menyelesaikan suatu misi dan ternyata bertemu lawan tangguh otomatis harus nyoba berulang2 dan cari segala cara untuk menang. bukan kesenangan yang didapet malah stress karena bikin penasaran. Ga jarang juga sampe semalem ga tidur gara-gara merasa tertantang. akhirnya pake jurus simoncelli baru menang. he3….

kalah melulu bikin stress

Photography

sebenernya hobi ini wajib mengikuti hobi lain. Karena sebenarnya kita ingin mengabadikan hasil karya kita, semisal ane motret motor kesayangan, atau ingin mengabadikan hasil arsitektur aquascape ane. yang bikin stres tuh beli lensanya dan asesorinya mahal juga euiiiii….

Selama ini Smartf41z selalu mencari solusi trebaik dan termurah untuk merawat hobi tersebut, salah satunya dengan teknik DIY (do It Yourself) seperti bongkar motor sendiri untuk menyelesaikan masalah atau modif yang ringan2, trus bikin rangkaian pencahayaan dan pendingin sendiri untuk aquascape, atau cukup bikin difuser flash sendiri untuk keperluan motret.

Hobi bikin stress??? itu sih kalo kita gampang menyerah dan selalu melemparkan masalah keorang lain. Tapi kalo kita sedikit sabar dan kreatif kepuasan yang kita peroleh sungguh tak ternilai harganya