Duke 200 di India ga terlalu superior…

image

SF sempet ngiler sama motor ini… Pernah sekali melihat penampakannya di depan kantor… lumayan menggoda, meski dimensinya ga sebesar yang SF bayangkan.
Continue reading “Duke 200 di India ga terlalu superior…”

Siapa sih konsumen Duke 200 nantinya ?

image

Secara fitur, oke! Secara model oke! Secara power oke juga! Nah SF melakukan survey kecil-kecilan dikalangan rekan kerja yang mengunakan motor sebagai sarana transport sehari-hari. Dari penyemplak matic, bebek, sport hingga penunggang motor premium. Lalu apa pendapat mereka? Sama sekali ga tertarik pada motor satu ini! 🙁 Sory to say, but that’s the fact ! Padahal SF sangat..sangat…. antusias sama motor yang satu ini. Menurut SF auranya ga kalah sama gw 250 twin cylinder. Harga yang diperkirakan TMCblog kisaran 26 – 31 jt, jika memang nantinya dibanderol segini sudah masuk kategori premium. Menurut SF butuh keberanian lebih serta tekad bulat untuk meminang motor ini. Harga yang tinggi, jaminan sevis yang terbatas, serta brand yang tergolong baru di Indonesia, bikin motor ini ga dilirik oleh mayoritas pengguna motor. Nah jadi siapa loh potensial buyernya? SF bisa bilang, sama seperti konsumen duo CBR, KLX250, dan Ninja 250. Yakni kaum penghoby motor sejati dan memiliki kemampuan finansial lebih, yang karena kecintaan terhadap motor hingga dapat mengabaikan harganya yang mahal (harga beli dan perawatan) dan sulitnya mencari suku cadangnya. Jadi coret deh para pemakai sepeda motor yang sekedar memenuhi kebutuhan akan transportasi dari daftar calon pembeli Duke 200, apalagi konsumen yang berada didaerah.
image
Saingan terdekat Duke 200 (berdasarkan range harga) adalah honda CBR 150, sebagai gambaran penjualan selama September 2011 sebanyak 1613 unit (sumber: dapurpacu) dan Oktober sebanyak 1223 unit (sumber : detikoto ). CBR 150 dengan didukung tampilan sport berfairing, layanan purna jual kuat, serta dibawah branding terkuat didunia saja hanya laku segitu bagaimana dengan Duke 200 nantinya?, rasanya cukup berat untuk bisa laku 500 unit/ bulan di Indonesia. Sayang sekali ya …. motor seeksotis itu masih menjadi barang eksklusif yang tak terjangkau bagi sebagian besar pengemudi motor di Indonesia.

Di kelas premium Ninja 250 paling jadul?

image

Liat mesinnya, generasi tahun 1983 coy… yang di Indonesia malah masih pakai karburator. Bandingin dengan CBR 250, Duke 200, dan GW 250? Udah pake injeksi dan mesin bener-bener fresh. Itu masih dari sisi mesinnya, trus dari spedometer gimana. Kelas premium diidentikkan dengan kemewahan fitur. Sedangkan ninja masih make jarum analog jadinya kaya jam weker yang disusun jejer. He3….
klo kaya gini pasti bikin heboh :
image
Tapi jangan buru-buru ambil kesimpulan. ninja generasi 1 dan 2 tenaganya 39.4 hp mendekati sport 250 cc 4 silinder! Lah wong kompresi 12.1 dan karburator 32mm X 2, segi ketahanannya pun terbukti puluhan tahun. Ga salah Kawasaki mempertahankan mesin ini dengan berbagai penyesuaian agar lebih durable, irit, dan memenuhi regulasi dinegara maju. Tapi yang ga habis pikir kenapa kawasaki masih pakai spedo analog di era digital ini ya? Pangsa pasar sempit ditambah ketatnya persaingan (belum lagi kemungkinan hadirnya bajaj 250) membuat masing-masing produk wajib memiliki nilai tambah.
image
image
Ninja 250 saat ini memang masih memiliki power terbesar dan tampilan paling sporty diantara kompetitornya. Namun itupun SF rasa belum cukup, kompetitor lainnya menawarkan sesuatu yang tidak dimiliki ninja. Naked + tehnologi !
Dengan ditanamkan Injeksi + spedometer digital niscaya N250 bakal mendapatkan tenaga baru menghadapi serangan kompetitornya. Kalo kawasaki terlena atas tahtanya, sangat mungkin kompetitor merebutnya. Pengen lebih dapat menguasai pasar premium? Keluarkan saja ninja 250 versi naked.

image