geber

All posts tagged geber

Untuk motor tanpa radiator yang mengandalkan”air flow” untuk mendinginkan mesin, kerasa banget panasnya saat terjebak dikemacetan. Saat kemacetan, motor ga bisa melaju dengan kecepatan semestinya bahkan terpaksa berhenti total dalam jangka waktu lama akibatnya tidak ada aliran angin yang menerpa mesin. Suhu mesin pun bakal naik drastis.Lama kelamaan pasti berakibat buruk bagi mesin. nah kejadian ini diperparah selepas kemacetan begitu ada jalan kosong langsung aja geber gas sampai RPM tinggi seakan dendam sama macet, belum lagi kalo didepan ketemu macet lagi. Pasti mesin bakal kepanasan terus selain itu juga bikin boros bensin kan kalo gas-rem-gas-rem. Pernah waktu SMA dulu piston ane macet gara-gara pas tahun baru terjepit kemacetan, begitu ketemu jalan lempeng langsung geber deh. Alhasil liburan tahun baru nongkrong ke bengkel turun mesin. he3….

Orang kalo kepanasan bisa lepas baju, lah ini motornya ikutan dilepas bajunya.... 😛

Nah ngikut triknya moge’er aja. selepas kemacetan dan nemu jalan kosong tambah kecepatan bertahap dengan RPM jangan terlalu tinggi caranya ya pake gigi yang lebih tinggi, Lumayan mengurangi sumuknya mesin loh. Cara lain ya nambah airscope yang gunanya mengarahkan udara tepat ke mesin. Motor batangan rata-rata udah pake sih, ada yang cuma kanan kiri misal tiger, vixion, NMP, dll) ada juga yang dibawah juga ada seperti thunder 125. Bahkan ada juga yang nambah kipas CPU buat motornya. :).

Dulu semenjak mengenal dunia per-touringan, sering terdengan mitos motor-motor honda paling enak diajak turing, kalo mesin panas larinya tambah ngacir, berbeda dengan motor  produk lain yang saat panas tenaga malah ngedrop. (apalagi yang 2 tak)

motor babe dulu yang sering SF pinjem buat turing

Saat iseng ngobrol dengan montir waktu nyervis tiger ane. Doi ngasih alasannya. yang bikin motor honda enak buat jalan jauh adalah karakter mesin yang kompresinya rata-rata dibawah motor pabrikan lain. Nah saat mesin panas karena digeber terus-terusan suhu ruang bakar akan naik serta komponen mesin akan memuai. Dalam hal ini piston yang banyak memuai karena dihantam ledakan terus menerus. Akibatnya ruang bakar menyempit dan kompresipun naik. nah untuk motor pabrikan lain kompresinya akan naik lebih tinggi lagi sehingga over kompresi dan terjadi gejala mesin ngelitik (kalo extreem) sehingga tenaga ngedrop. Ditambah lagi dengan suhu mesin yang naik drastis akibatnya bensin meledak sebelum waktunya. Nah solusinya kalo pengen tetep ngacir saat turing pakai saja bahan bakar yang oktannya lebih tinggi. Apalagi motor-motor yang dari sononya sudah berkompresi tinggi seperti satria FU, CS1 maupun Ninja 250, meskipun kalau kepepet masih bisa nenggak premium namun kalau buat turing haram hukumnya. Disarankan pakai Bahan bakar yang beroktan 92 (setingkat pertamax plus). Gara-gara kompresi rendah bikin honda saat itu terkenal paling awet dan paling irit makanya image itu melekat di angkatan ortu kita. Sampe sekarang pun banyak para ortu kalo beli motor harus honda biar anaknya ga bisa kebut-kebutan. Kalo anaknya pinter minta aja minimal Cs1 ato CBR sekalian he3…..