hayate

All posts tagged hayate

Kembali SF membahas penyakit yang sudah umum menimpa matik suzuki, yakni sektor CVT yang bergetar dan tersendat-sendat diputaran rendah. Beberapa waktu lalu SF bikin artikel soal solusinya. Karena pertimbangan efisiensi waktu dan jaminan jangka panjang SF memilih untuk mengganti kampas kopling dan mangkuknya. Setelah inden seminggu kedua barang itu bisa SF tebus dengan menguras isi dompet… harganya bikin sesek 400 rb!!! Wah motor berusia 23rb sudah ga karuan minta belanja. Berdasarkan saran montir dan setelah baca artikel dari blognya arantan, kampas dan mangkuk kopling ganti milik Hayate. Beda kampas milik spin dan hayate adalah kampas hayate lebih panjang sedangkan spin sedikit lebih lebar.
image
Singkat cerita kedua item tersebut dipasang pada bengkel umum karena saat itu bengkel resmi antri.
Nah sudah beberapa hari ini Spin diuji coba, seperti yang diharapkan gejala getar dan tersendat diputaran rendah sudah hilang. Awal pemakaian terasa sedikit selip, mungkin dikarenakan permukaan kampas dan mangkuk masih baru. Namun setelah 2 hari pemakaian gejala selip hilang dan motorpun normal kembali. Selama 23rb pemakaian, sektor cvt yang sudah diganti yakni belt,roller, per cvt, kampas dan mangkuk kopling. Tinggal tunggu kalau 20rb kumat lagi berarti memang ga bener cvt suzuki… semoga saja ga kumat biar ane ga anti matik suzuki.

Beberapa hari kemaren berniat ngecek penyakit spin ke dealer suzuki daerah hybrida Jakarta Utara. Penyakitnya getar parah saat putaran rendah, motor nyundul-nyundul terus, pokoknya ga bisa jalan stabil di putaran rendah. Makin bikin juengkel kalau jalanan padat merayap… Sampai bengkel nunggu sekitar 30 menit baru motor di bongkar… nah ketahuan penyakitnya… permukaan kampas kopling ganda sudah ga rata , begitu pula mangkuk koplingnya. Saat ke bagian sparepartnya dibilang kalau tidak ada persediaan mangkuk kopling (ndakk kagett, sudah biasa inden) , yang ada cuma kampas kopling ganda. SF sendiri ga brani ganti kampas koplingnya karena mangkuk koplingnya udah kena. Kalau diganti kampasnya doang.. konyol namanya. entar konturnya jadi ga rata ngikuti kontur mangkuk koplingnya.
Saat nunggu CVT dibersihkan dan servis umum. Iseng-iseng telpon sobat SF (bro Gio- malang) yang hafal seluk-beluk matic. Hendaknya jika ganti kampas kopling sekalian rumahnya (mangkuk kopling) , penyakit ini sudah umum terjadi pada varian suzuki apalagi motor sudah menginjak 20rb km. Kampas kopling kena biasanya mangkuknya juga ga rata. Siap-siap saja dana buat ganti satu set CVT. Sekedar informasi harga kampas kopling sekitar 250 rban dan mangkuk kopling 125rban. Ini dia yang bikin was-was punya matik suzuki. Masa km 20rb dah harus ganti kampas kopling dan rumahnya. Kalau belt dan roller sih wajar.
Selepas dibersihkan gejala getar dan nyundul-nyundul di putaran bawah ilang.. eh begitu hari kedua muncul lagi meski ga parah. Nah barusan saja googling… bener juga kalau cvt matic suzuki emang bermasalah… banyak keluhan berdecit dan getar sampai selip terutama untuk spin dan skywave. image
Salah satu solusinya di lubangi mangkok koplingnya (info salah satunya ada di sini dan sini ). Hmmm boleh dicoba nih.. mumpung rumah kopling dah ga rata, dan kampas kopling masih tebal. Kalau masih bermasalah ya terpaksa ganti kampas kopling dan mangkoknya. Menurut blognya arantan sih mending pake punya hayate

image

Berawal dari goyangnya windshield depan pada spin tunggangan bundaf41z. Setelah dicrosscheck dudukan spion sebelah kiri goyang. Di rapetin kok ga bisa… ternyata dudukannya yang jadi satu dengan rem tangan sebelah kiri dratnya slek. Waduh… di ganjel-ganjel tetep aja goyang. Windshield akhirnya terpaksa dilepas, tapi dudukan spion kiri udah terlanjur slek.

bahan getas dan ukuran drat lebih kecil, bikin gampang slek/ rusak drat

Hari Minggu kemaren cari tukang bubut sekitaran rumah pada tutup.  Dalam angan harus beli satu set nih, tuas rem+dudukan spion. Eh ternyata bisa beli dudukan spionnya doank. Kata penjualnya, suzuki emang kurang kuat drat dudukan spionnya, ukurannya lebih kecil dari ukuran normal, pabrikan laen pake drat ukuran 14mm,  suzuki pake ukuran 12mm bahannya juga getas. Kalo mau, ganti punya pabrikan laen aja. Tapi harus ganti spion juga sih. Ogah…! Akhirnya tetep beli dudukan spion ori deh harganya 40rb.

ga perlu beli satu set dengan tuas dan saklar rem

Selesai dah…. Tapi windshieldnya terpaksa dilepas, takutnya giliran dudukan spion sebelah kanan yang oblag.