hemat

All posts tagged hemat

Offshore fishing alias mancing di tengah laut cukup menguras biaya meski sewa kapalnya patungan. Peralatan mancing lautnya itu loh, belum lagi fast moving partsnya… bayangin timah pemberat Rp 50rb/kilo aja cuma dapat 3-4 biji ukuran J8-J10, lumayan klo sampai putus kecantol karang atau pas senar disamber baracuda yg terkenal usil. Lainnya : kail, kili2, leader, neklin, dll. Jangan putus asa dulu…. rekan SF dilaut beraneka ragam profesi, dari penjual nasi uduk, satpam, hingga direktur. Artinya biaya bisa disiasati…. !

Kreatifitas dibutuhkan disini…. hal-hal dari yang sepele hingga rumit bisa dilakukan sendiri dengan modal yang jauh lebih murah dibanding beli jadi. Apasaja contoh kreatifitas angler yang ย dapat menghemat biaya ? Continue Reading

Perubahan petunjuk konsumsi bensin rata-rata pada Nmax selalu terjadi agak lumayan ketika motor dipakai Bundafaiz… petunjuk bensin jadi makin irit.
padahal BundaFaiz (jangan disingkat bahaya :mrgreen: ) ga bisa dibilang nyetirnya pelan-pelan loh… sejak SMP dah bawa motor berarti sekitar 16 tahun jadi lady biker.
SF tau betul riding stylenya kalau jalan kosong geber motor namun jauh sebelum ada hambatan, BF (nah kan dah dibilang ga enak kalau disingkat ๐Ÿ˜† ) sudah menutup gas dan mengerem saat mendekat dengan hambatan. Itu ternyata triknya….

image

Mengurangi penggunaan rem… semakin jarang rem dipakai, motor bakal semakin irit… coba tutup gas lebih awal saat didepan ada hambatan.. biar motor melaju dengan konsumsi bensin minim.
pada NMax, Bar indikator (Nmax ada indikator ini loh) akan menunjukkan garis penuh.. artinya motor dalam kondisi paling irit… gimana tidak ?motor melaju beberapa saat dalam kondisi gas ditutup penuh… rem perlahan seiring mendekat dengan hambatan… bisa jadi motor ga sempet berhenti, hambatan didepan sudah lewat…
Bandingkan jika tetap ngegas motor dan baru ngerem dan menutup gas mepet dibelakang hambatan… disinilah bensin banyak terbuang…
Kalau pengen makin irit.. ngegasnya juga ngurut…
Apa ini menjadikan anda pengendara yang lambat… ? ga juga kok… timing ngegas dan menutup gas yang tepat tetap bikin anda bisa berkendara diatas kecepatan rata-rata motor lain.
Keuntungan lain selain hemat BBm, kampas rem juga dipastikan lebih awet ๐Ÿ™‚
Jajalen dhewe…

Pemasangan lampu led pada Nmax seperti pada motor lainnya…. Nanggung… Cuma lampu utama saja yang pake Led, untuk Nmax ketambahan lampu rem.. Tapi tidak untuk lampu senja.
Lampu senja Nmax terdiri dari 3 biji bohlam… Depan 2 biji, belakang sebiji. Dayanya masing-masing sebesar 10Watt.
Led T10  sebagai penggantinya seharga 10rban sebiji, dayanya cari saja yang sekitar 2watt dah terang banget ini.. Pengalaman SF pake 1watt saja dah terang. Ngalahi orinya…

Untuk ganti bohlam senja depan Nmax perlu buka windshield dan batok item dibelakang windshield… Ini hasilnya setelah ganti led

image

Continue Reading

image

Sewaktu Per shogun dan Nmax SF bandingkan dengan cara menekan per dengan telapak tangan, terasa sekali per shogun lebih empuk. Namun bagaimana kesannya saat terpasang pada Nmax? Continue Reading

Penggantian header ertiga dari 4-1 menjadi 4-2-1 benar-benar mengeluarkan potensi terpendam ertiga…ย  Buntuti innova atau melewati terios yang lagi kesusu di tol anyer sangat mudah…ย  Soal konsumsi bbm juga sangat irit..ย  Bisa 1:20km/liter dengan cacatan mid:avgย  bahan bakar pertamax saat kondisi lancar di tol,ย dan menjadi 1:18,8 km/liter saat gatel tes performa dan macet keluar tol anyer.ย 

image

Continue Reading

image

Kalau sebelumnya kesan penggantian header ertiga yang standarnya 4-1 menjadi 4-2-1 hanya berupa kesan yang subjektif mengenai perubahan karakter mobil (selengkapnya baca disini).ย  Kali ini SF mengadakan pengujian terukur disertai foto hasil pengujian.ย  Seberapa iritnya ertiga GX 2013 setelah ganti header 4-2-1? Silahkan simak hasilnya

Continue Reading

image

Saat IIMS 2014 kemaren SF sempat mampir di stand TDR dan mengamati penampakan motor listrik Zero.
Karena penasaran SF berusaha mencari informasi tentang motor ini dan menemukan salah satu linknya disini
http://m.kompas.com/otomotif/read/2013/07/28/9235/Sepeda.Motor.Listrik.TDR-Zero

Continue Reading

image

Agak kaget juga setelah ga sengaja nemu lapak jualan di Cyberninja. Lapak ini jual berbagai model knalpot untuk Ninja 250 dengan harga dibawah sejuta ! Bahan yang dipakai galvanis anti karat. Klaimnya sih bisa meningkatkan performa motor sekitar 15%. Harga termurah untuk slip on seharga 350 ribu ! Termahal 850 ribu untuk fullsystem chrome! Ediannnnn….!!!!! bagi SF, knalpot ini sangat worthed untuk dibeli. Jikalau suaranya terlalu rame (kelemahan knalpot lokal pada umumnya) SF sudah punya pengalaman untuk bikin lembut ga berisik (cek disini). Knalpot dan asesori lokal yang murah meriah semacam ini jadi incaran modifikator pahe seperti SF :mrgreen:ย  , Kaum pelajar pun incaran utama bagi produsen asesori lokal mengingat pasar luas namun uang saku yang terbatas ๐Ÿ˜›ย  masalah mahal/murah, prestige/ga berkelas, itu masalah pilihan… intinya balik ke individunya, yang penting Puasss!!! ๐Ÿ™‚ .
image

Namun pertanyaan besarnya… kenapa harus nembak merk luar!?? Sayang broo… saatnya kita membanggakan produk dalam negeri. Belum lagi ancaman hukumnya kalau sewaktu-waktu ketahuan.

image

Kejadian ini terjadi 2004 silam dan baru teringat hari ini. Engg..ing…engg…. gini critanya ๐Ÿ™‚
Karena Honda GL Max SF bermasalah, terpaksa pinjem motor Ortu Honda Karisma untuk kekampus. Saat itu sebenernya SF sudah lulus tinggal nunggu wisuda saja, eh kok ya ditawari ikutan proyek dosen, yahhh tak sikat sajah kesempatan ini. Begitu sampai tempat proyek segera melakukan ritual yang disyaratkan bokap (waktu pinjem motor sudah diwanti-wanti oleh bokap soal ritual wajib ini).Selanjutnya motor terpaksa ditinggal disamping tempat kerja selama beberapa jam karena ada dinas lapangan.
Nah begitu balik alangkah terkejutnya mendapati posisi motor sudah berubah, lubang kunci jebol dan kondisi lampu netral nyala!!!. SF pun langsung berteriak… alhamdulillaahhhh motorku gagal dicuriiii…. slamett…slamett…(untung ga ada temenku yang namanya slamet ๐Ÿ˜† )!!!
rekan-rekan SF langsung berkumpul…. ada seorang rekan berkomentar “kok nanggung banget malingnya, motor tinggal distater malah ditinggal”. sambil tersenyum SF pun mengeluarkan sesuatu dari saku jaket…. COP BUSIIII!!!!! ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†
bhuahahhaha…… rekan-rekan langsung ngakakkk bareng

Nglepas Cop busi ternyata cukup ampuh mencegah pencurian motor, bagi pengendara yang belum sempet memberi pengaman tambahan cara ini bisa ditiru. Maling pasti panik jika beberapa kali motor ga bisa distater, daripada periksa sana-sini malah resiko ketangkep mending cari sasaran lain.
Semoga bermanfaat!

image

image

Bisa jadi… alasan orang beli bebek saat ini adalah nilai ekonomisnya. Salah satunya karena keiritan bensinnya. Maklum dulu matic terkenal borosnya. Awal-awal matic masuk Indonesia sempet ditest ride salah satu tabloid permotoran hasilnya sama seperti konsumsi bensin motor sport 200 cc. Nah sekarang setelah ramai-ramai ditest blogger, ternyata matic uirit pollll bahkan bisa mengalahkan iritnya bebek.
Masalah akurat atau tidak informasi dari blogger bersangkutan itu lain soal. SF ga mau ikut2an ngejudge mereka blogger ternak, karena SF sendiri ga pernah liat buktinya, lagian berdasarkan kepercayaan saya fitnah tanpa ada buktinya adalah dosa besar. (Tapi kalo beneran gitu Go to hell bagi blogger yang jual independensinya ! ) semoga semua memang benar adanya. Intinya SF sebagai new blogger netral sajah, tetap berpegang teguh dengan yang namanya independensi.
Kembali ke tablet ๐Ÿ™‚ Saat ini penjualan motor secara omzet telah dikuasai matik sebesar 48% selanjutnya bebek 39% dan sport 13%. Nah dengan kelebihan matic generasi baru yang lebih irit bisa jadi penguasaan pasar sedikit terkoreksi. Prediksi SF matic sedikit naik, tentunya bebek sedikit turun. Yang bikin bebek masih eksis adalah bebek masih mempunyai keunggulan yang tidak dimiliki matic. Perawatan lebih mudah (ongkos servis motor matic jauh lebih mahal dibanding bebek. CMIIW), lebih ga takut banjir, serta lebih stabil. Bebek pake roda 17″ jauh lebih stabil dibanding matic yang sebagian besar pake roda 14″ , buat keluar kotaย  jelas mending bebek dibanding matic.
Bebek ga laku? ndak juga…. masih banyak kok yang milih bebek karena kehandalannya.