indikator

All posts tagged indikator

Tikus termasuk musuh besar kendaraan yang diparkir digarasi rumah yang terbuka. Suzuki Spin milik bunda dah pernah jadi korban sampai ga bisa dinyalakan. 

Nah kesialan terakhir dialami oleh ertiga GX milik SF. Malam itu SF rencana pakai ertiga bersama rombongan mancing ke daerah tanjung pakis karawang. Sehabis Maghrib SF berencana isi bensin sekalian cek tekanan angin Ertiga.

Saat mesin dinyalakan SF merasa ada yang tidak normal… kok mobil terasa bergetar ya… SF nekat saja melaju. Saat pedal gas dilepas makin terasa keanehannya , mobil seakan mau mati .. tapi kemudian bergetar dan RPM naik lagi (ga jadi mati) berulang ulang seperti itu… laju mobil terasa tersendat-sendat… suaranya seperti angkot jadul yang tidak terawat. Orang bilang jalannya “pincang” . SF dulu pernah merasakan ini pada suzuki carry jadul milik ortu… ternyata saat itu busi mati sebiji. 

Begitu intip speedometer ertiga baru sadar jika lampu indiktor check engine nyala… keanehan lainnya indikator pada MID bagian trip meter/konsumsi bbm tereset jadi nihil /garis dua (–) . (Mohon maaf saat itu SF ga bawa HP karena dicash dirumah untuk keperluan mancing dilaut seharian malam nanti, jadi ga ada foto foto.)

Maaf speedo nyomot di google lantas diedit

Agak panik juga… malam nanti mobil mau dipakai luar kota lah kok bermasalah. SF putuskan ke montir serba bisa di kompleks perumahan SF… mulai motor, genset, mesin air, mobil ditangani semua oleh Opung ini… 

Opung langsung buka kap mesin , berbekal senter dari HPnya beliau mencari keanehan pada mesin ertiga… ” nah ketemu masalahnya,” sambil menunjuk sepasang kabel yang bermasalah. 1 selongsong kabel yang didalamnya terdiri dari 2 kabel. 1 kabel putus dan 1 lagi terkelupas. “Pasti ini sebabnya” 

Opung sendiri kurang tau kabel apaan ini, karena ga pernah garap ertiga (biasa mobil2 lama) , “kabel injeksi kali” jawab dia sekenanya 😆 ada yang tau kabel apakah yang berada si bagian belakang atas blok mesin deket dip stick (ada 4 soket kabel, 1 soketnya di camil tikus) , Saya mengira ignition coil… CMIIW?

Sayangnya putusnya kabel dibagian pangkal soket , jadi susah nyambung kabelnya. Soket dilepas dari dudukannya agar mudah sambung kabelnya. Awalnya Opung berusaha cungkil-cungkil agar logam tembaga didalam soket mau nongol, tapi gagal… Akhirnya Opung pake cara barbar  😆 , soket dikikis pake cutter agar logam konektornya keliatan. Kemudian di solder dengan potongan kabel baru. Setelah lolos uji kekuatan solderan , baru di isolasi.

Setelah kabel disambung dengan bawaan ertiga dan soket dicolokkan kembali, ertiga kembali menyala normal…alhamdulillah….  🙂  display MiD bagian konsumsi bensin/tripmeter muncul kembali …. 

tapi …. indikator check engine masih menyala…. alamakkk! Pusing lagi Opung mencari-cari masalahnya. Sampai akhirnya Opung menyerah… “mending  dibawa ke bengkel resmi saja Pak mungkin injeksinya (ECU maksudnya ) perlu di reset .” 

“Klo soal ini gampang”  , jawab SF sok tau :mrgreen: .  Copot saja kabel akinya selama beberapa menit …. Opung manut saja ucapan asal asalan dari SF. 

5 menit kemudian kabel aki di pasang kembali, dan mobil dinyalakan… voilahhh ! Indikator check engine dah ilang…. ! 👏

Tapi jam pada MID jadi ter reset. Tombol audio pada setir ertiga jadi ga berfungsi… jadinya kudu dikalibrasi ulang deh…. utak atik sendiri 5 menit beres dah….

Jiahh… waktu istirahat sebelum begadang mancing , malah dipakai benerin mobil… GPP dah semoga pelajaran ini berguna bagi yang lain… untung saja mancing malam itu sukses besar… berhasil menyelamatkan 8 ekor tenggiri yang tenggelam 🙂

Nb : klo ada mobil baru gress, atau mobil mewah mogok atau bahkan sampai terbakar… ada kemungkinan gara-gara tikus bikin korslet kabel… jangan dibully karena tikus juga bisa mengisengi mobil anda… 🙂 . Tetangga saya pengguna freed pernah mengalami kasus mobil mogok gara2 kabel digigit tikus sampai diderek segala 

image

Indikator bensin sebelah kiri

Contoh pada Nmax SF. Beberapa hari lalu Nmax dipakai  berangkat kerja dengan indikator bensin menunjukkan 5 bar alias sudah berkurang 1 bar. Dipakai PP hari itu indikator bensin tidak bergerak padahal kondisi lalin macet puarah gara-gara jalan dikeruk.

Continue Reading

2 kendaraan SF mempunyai indikator konsumsi bensin. Yakni ertiga dan Nmax. Ternyata tanpa disadari indikator tersebut mempengaruhi psikologis pengendaranya untuk berkendara irit… ada rasa bersalah saat berakselerasi terlalu kencang karena indikator menunjukkan betapa borosnya bbm yang dikonsumsi … sebaliknya ada rasa senang saat kendaraan melaju stabil dengan indikator yang menunjukkan keiritan kendaraan kita.

image

Continue Reading

Sudah SF duga pelampung bensin suzuki spin kembali bermasalah saat mengetahui indikator bensin ngaco. Saat bensin diisi penuh jarum hanya bergerak 1 bar. Jadi dipakai sebentar saja indikator kembali ke level E (empty) padahal tangki bensin masih sekitar 3/4 penuh.

image

image

Continue Reading

Sudah duakali SF baca artikel mengenai indikator oli pada R25 yang pertama si otomotifnet.com dan yang kedua di blognya aripitstop.
Yamaha sangat totalitas dalam kelas sport 250 ini… dia langsung meng-overcome kelebihan rivalnya. Salah satunya dengan memberi fitur lebih dibanding rivalnya. Contohnya oil warning light Continue Reading

image

Beberapa minggu ini indikator bensin suzuki spin ngaco. Saat bensin full indikator bergerak sedikit kadang naik turun ga jelas. Ketika bensin tinggal setengah posisi jarum penunjuk bensin malah dilevel E alias empty. Jangan buru-buru nyalahkan spedometernya yang error, bisa jadi penyebabnya sepele. Pelampung bensin kotor!
Baru Minggu kemaren sempat garap penyakit spin ini. Berikut caranya.. mudah kok cuma 15 menit penyakit beres.
1. Lepas pelampung dan kabel konektor dari tangki bensin, cuma butuh obeng plus

image

2. Keluarkan pelampungnya. Bongkar mekanisme pelampung dengan mencungkil O-ring pake obeng minus

image

3. Bersihkan permukaan tembaga didalamnya dan cungkil sedikit keatas konektor tipis yang ada di pangkal tangkai pelampung

image

4. Rakit kembali pelampung sesuai kondisi semula dan pasang kembali ke tangki bensin. Jangan lupa colokkan kembali kabel konektornya.

5. Beres dah… meteran bensinpun berfungsi kembali

image

Kalau cara tersebut ga berhasil siapkan kocek lebih… bisa jadi pelampungnya rusak atau speedonya error 🙂

Sori gambar buremmm : beginilah nasib ngeblog pake tablet entry level , camera seadanya memanfaatkan bawaan tab 7 🙂

image

Saat pinjem motor orang yang sebelumnya belum pernah kita jajal. Hendaknya perhatikan dulu hal-hal berikut :
-kedalaman rem dan letak tuas rem 😆 siapa tahu ga pernah riding matic dan baru tahu kalau tuas kiri itu bukan kopling melainkan rem :lol:. Pengenalan terhadap kinerja rem juga penting siapa tau rem terlalu dalem atau bahkan ga pakem. Biar makin sigap jika panic brake.
-cara stater motor. SF pernah punya pengalaman konyol… seorang rekan pengen jajal matic. Setelah diberi kuncinya doi kebingungan ga bisa stater motor. Akhirnya motor distandard tengah bersiap stater engkol. Mengetahui itu SF mendekat “loh ngapain susah-susah pake kick stater, kan ada electric stater?” Jawabnya “ga bisa tuh beberapa kali dipencet ga ada respon, aki tekor kali”  Rupanya doi ga tau jika harus tekan tuas rem :D.
-cari posisi riding yang senyaman mungkin
-kenali posisi saklar, beberapa merk motor punya posisi berbeda-beda ada saklar lampu dikiri dan ada yang dikanan, bahkan saklar klakson dan sein ada yang saling tertukar.
-perhatikan kondisi permukaan ban siapa tau sudah sllick alias tanpa kembangan.
-pelajari lampu indikator pada speedo.. jangan sampai indikator oli samping berkedip tapi masih dibawa ngloyor. Jebol tuh mesin (bagi motor 2 tak).
– pastikan kelistrikan berfungsi dengan baik. Kalo misal sein mati ya pake isyarat tangan atau kaki saat mau cornering 😛
-ijin dulu pada empunya boleh nggak motor digeber… sapa tau sipeminjem sotoy…! Motor inreyen langsung buat ngebut

Lebih baik jika kita sebagai pemilik motor menginformasikan pada peminjam mengenai ketidaknormalan motor misal “bensin habisss loh” :lol:. Intinya pertama pake motor orang diurut dulu pelan-pelan sambil pembiasaan, jangan langsung geber.
Begitupula saat mo nyolong motor, jangan langsung geber. kan belum biasa… 😆