Fenomena genjot mobil saat isi bensin

Saat antri bensin di suatu pom di Jakarta Timur SF disuguhi pemandangan yang agak janggal yang dilakukan dua taksi biru didepan mobil SF.
Awalnya SF ga ngeh kok mau isi bensin malah buka bagasi belakang… ternyata tujuannya adalah ini :

image
Genjot terus mas... awas muncrat (bensinnya)

Genjot mobil! Hal ini dia lakukan dari awal pengisian hingga full tank.
Berikut adalah video yang SF abadikan dipertengahan perjuangan sopir taksi kedua pas didepan mobil SF

Apa tujuannya: mungkin mengeluarkan gelembung udara yang terperangkap sehingga tangki bensin bisa bener-bener full.
Ada yang mau nambahi?

Tips isi bensin

image

image

Teringat beberapa tahun silam baca salah satu artikel (lagi2 lupa sumbernya :mrgreen:  ) mengenai tips mengisi bensin. Langsung saja berikut beberapa hal yang saya ingat.
1. Saat yang tepat untuk isi bensin adalah sepagi mungkin. Karena suhu daratan masih dingin. Semakin dingin suhu, kuantitas bensin yang masuk ke tangki semakin banyak karena bensin masih padat. Masuk akal , karena jika suhu panas volume bensin bakal mengembang/memuai. Selain itu enaknya isi bensin pagi ga begitu antri.
2. Haram isi bensin saat pom tersebut sedang mengisi ulang penampungan bensin. Jadi jika hendak mengisi bensin ternyata ada truk bensin yang lagi memuntahkan isinya, mending cari pom lain saja. Saat penampungan sedang diisi, efeknya seperti diaduk. Kotoran dan air pada dasar penampungan bisa terangkat. Tentunya kita ga ingin kotoran atau air masuk dalam kendaraan kita.
3. Beli bensin mending dalam satuan rupiah saja, selain memudahkan pakai uang pas juga menghindari kecurangan petugas pom.
4. Isi bensin ditempat angkot/metromini sering mengisi bensin. Biasanya para sopir angkot/metromini hafal mana saja POM bensin yang “Bagus”.
5. Demi keamanan dilarang merokok saat mengisi bensin (tentu saja 😆  ), memakai hape, foto2, kalau ga males turun dari kendaraan (ini yg ga pernah ane lakukan,kecuali saat Ninja  isi bensin di shell).
6. Sedapat mungkin hindari beli bensin eceran, kalau terpaksa isi sedikit saja asal cukup untuk ke POM bensin resmi. Kecuali kalau yakin
Monggo kalo mau menambahkan atau mengkomentari

image

Matic Buat Turing ?

Teringat pengalaman turing bareng istri ke Jogja. Saat nyampe Solo ane bingung jalan, jam sudah menunjukkan jam 10 atau 11 malem. Pas dilampu merah depan ane Yamaha mio ber plat nomor AB (Jogja), ane putuskan untuk nguntit aja motor itu dari belakang.

Rider mio keliatan gelisah karena ane kuntit, dia ngurangi kecepatan bermaksud ngasih ane jalan ane ga nyalip, dia kenceng ane ikut kenceng. Pas di lampu merah dia agak curiga sama ane, akhirnya ane jejerin dia dan ngajak kenalan sekalian ijin nguntit ke Jogja. Doi ketawa, dia pikir kita perampok karena safety gear ane dan istri item2 (jaket, boots, helm). Beberapa saat kemudian dia ngajakin istirahat sejenak di warung nasi liwet dipinggir jalan dan cerita pengalaman turing dari Gresik. Kesan yang SF dapat dari cerita doi :

–          Ban terlalu kecil, harus lebih waspada jika tidak hafal rute, apalagi jika jalan tidak mulus

–          Borosnya dan tangki bensin kecil. Agar ga sering mampir di Pom doi sedia jerigen untuk bensin cadangan (menurut ane ga safety nih, bahaya kalo ada apesnya bisa kebakaran)

–          Bodinya ringan, ngalah jika papasan atau bersebelahan dengan bus/truk

–           Lampu standar  kurang memadai apalagi buat perjalanan malam

Doi ga punya motor lain selain matic, alasan beli matic karena Doi usahawan warung makanan karena itu butuh motor yang deknya rata sehingga muat barang belanjaan banyak.

kalo kaya gini tambah enak ato ga buat turing ya? 🙂

Kalo menurut ane emang lebih mantab turing jarak jauh pake motor batangan, namun jika kondisi ekonomi kurang memadai apa boleh buat. Matic pun jadi, asal lebih waspada di jalan. Kalo maticnya piagio MP3 ato PCX lain lagi kali ya. he3….