jalur

All posts tagged jalur

Ingin menguji kesabaran anda….? coba naik kendaraan bermotor untuk harian. Rute SF sendiri antara 23-25 km (tergantung beberapa alternatif rute) dari harapan indah menuju kalibata. Waktu tempuh antara 1 jam hingga 1jam 45menit.


Godaan bagi biker sangat banyak di jalur ini. 

1. Trotoar sangat amat luas… bahkan mobilpun bisa lewat. Pejalan kakinya ? Hanya seorang dua orang. Ga percaya ?coba cek trotoar selepas flyover walikota jaktim (sebrang halte busway) klo gasalah jl. Ngurah Rai. Dijalur padat menyempit (karena halte busway) ini justru jalan dipersempit untuk bangun trotoar. Kalau pejalan kakinya rame oke lah untuk kepentingan umum juga. Lah ini pejalan kakinya sedikit…meski trotoar dibikin separuh pun masih terhitung lowong untuk pejalan kaki.

2. Sepanjang duren sawit ada jalur khusus sepeda dan pejalan kaki. Jalur ini pun sepertinya cukup dilalui mobil. Dihari kerja, warga yang memanfaatkan untuk olah raga atau bersepeda cukup sedikit. Alhasil beberapa ruas diserobot oleh pemotor setelah menggeser beton pembatas.

3. Jalur busway dibeberapa ruas dirasakan mubazir karena penumpang dirute ini terhitung minim. Sering  SF melihat penampakan bus trans sepi penumpang. Penumpangpun terlihat sepi dibeberapa spot halte antara jl. Ry bekasi timur hingga kantor walikota jakarta timur. Jalur khusus trans Jakarta ini pun memakan 1/3 ruas jalan yang jelas efeknya bikin jalan raya makin padat merayap.

4. Angkot ngetem sembarangan, lampu merah dan persimpangan yang harusnya, silarang berhenti malah jadi favorit tempat ngetem. Bahkan angkot/metromini sering menurunkan /menaikkan penumpang ditengah jalan

5. Tol seharusnya jalan bebas hambatan… di jakarta ini luar biasa… tol bisa macet parahhh! Sekedar sharing 2 rekan kerja SF (rumah di cikarang dan karawang) potongan gaji karena telat bisa mencapai sejuta lebih. Rutenya meski mayoritas lewat tol kalau sudah macet, bisa lebih parah dibanding jalur biasa. Lihat google map jam 4 pagi saja dah macet… !
Salut bagi anda yang sehari-hari naik kendaraan bermotor. Ibarat kata, umur habis dijalan…!

Pilihannya ya kudu sabar…. yang ga lolos ujian sabar buanyak banget… termasuk SF sering banget gagal menahan kesabaran. Tapi jangan sampai lah melupakan sisi kemanusiaan. Ada ibu gandeng anak anak nyeberang masih diserobot, ada yang kena musibah dijalan bukannya dibantuin malah diklaksonin suruh minggir, rame rame melanggar dianggap paling bener, dll

Just sharing secuil pengalaman saat balik dari Surabaya menuju Bekasi seminggu lalu. Karena SF mengantisipasi jika arus balik kali ini akan lebih melelahkan dibanding berangkat kmaren, sejak keberangkatan SF sedikit melaju agak nyantai. Di kawasan Tuban yang jalurnya terdiri dari 1 jalur utama dan 1 jalur motor, SF terhalang oleh 2 buah truk yang beriringan terlalu pelan… Sabar sih sabar tapi ya gregeten kalau gini. Karena itu SF putuskan untuk menyalip truk tersebut satu persatu…. Lalu lintas dari arah berlawanan cukup padat, karena itu SF agak lama di belakang truk tersebut… Begitu ada moment SF segera menyalip truk, meski di arah berlawanan nampak innova agak kencang tapi masih lumayan jaraknya… (Pas lah batin SF) … Pas sejajar dengan truk… Baru ketahuan ternyata didepan truk (diantara 2 truk )tersebut ada mobil mungil ga jelas apa merknya(lebih kecil dari agya/ayla, mungkin ceria/visto). SF sambil mengurangi kecepatan , mencoba masuk disamping mobil mungil tersebut. Untung innovanya agak ngalah dan ambil jalur motor…. Dan mobil mungil tersebut agak minggir. 

Hanya Ilustrasi

Slamet…slamettt……. 

Mobil mungil sebenarnya kurang afdol untuk perjalanan jalur propinsi. Bodi ringan mudah terhempas jalanan bergelombang/rusak serta hempasan angin dari kendaraan besar. Karena itu ngeri untuk melaju kencang… Masalah yang lain, mobil demikian ini lebih tidak terpantau pengendara lain… Apalagi pada jalur kendaraan besar…. 

Ampunnnn dah… mobil SF yang sudah dibikin irit dengan modif header saja mentok cuma dapat 1:20 jalur anyer sampai pintu gerbang tol bekasi barat…. begitu keluar dari tol ke Harapan indah turun jadi 1:18.8 … lah ertiga yang yang disupiri wanita ini malah bisa dapat konsumsi bensin 1:26,32 km/l! Ini mobil MPV 1400cc lohhhh…. metode pengukuran juga ga berpatokan dari MID namun dari metode full to full!

image

Rekor tersebut tecatat dalam lomba Eco Driving Rally (monggo googling sendiri di google) yang diadakan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)
Ga bisa dibayangkan bagaimana kesabaran driver sehingga dapat konsumsi bensin segitu di jalur perkotaan dengan tipikal padat dibawah terik matahari

Embuh kok bisa gitu… sepertinya kaki SF kudu banyak disekolahkan :mrgreen:

Rasanya masih deg-degan atas kejadian yang hampir menimpa SF beberapa hari lalu… andaikan SF tidak sabaran atau keburu-buru, andaikan SF panik karena motor dibelakang yang mengklaksoni SF… mungkin saja ajal menjemput SF.
Ceritanya di jalan Raya Marunda salah satu rute terganas di Jakarta yang sering memakan korban jiwa. Saat itu didepan SF nampak deretan truk kontainer dan mobil berjalan lambat, ada satu truk yang agak melintang nampaknya ingin memaksa masuk ditengah 2 jalur. Tapi karena deretan kendaraan tak beraturan, truk C ini justru menyebabkan kebuntuan jalur yang seharusnya cukup dilewati motor atau mobil kecil… mustahil truk kontainer (lihat truk C pada ilustrasi gambar) bisa masuk jalur tersebut. Karena itu SF dan beberapa motor dibelakang SF memutuskan untuk menyalip dari sisi kanan deretan truk yang berjalan lambat tersebut (lihat jalur A). Beberapa orang nampak jengkel dengan ulah truk C tersebut dan mengklaksoni truk tersebut. Continue Reading

image

Pembatasan beberapa ruas jalan protokol terhadap kendaraan roda dua benar-benar menghantam telak pengendara roda dua. Pengendara roda dipaksa naik angkutan umum yang konon digratiskan dengan jadwal tertentu dan kapasitas tertentu… 

Continue Reading

Sesaat lagi keluarga kecil SF mengadakan ritual tahunan yang dinanti nantikan yakni Mudik… 2 aplikasi GPS akan SF pergunakan yakni Garmin bawaan mobil (bonus saat beli ertiga) serta aplikasi waze pada HP SF.  Garmin berguna untuk akurasi posisi kendaraan di GPS, waze sendiri untuk mengetahui kondisi sekitar… apakah ada kecelakaan, macet parah, ada polisi, mengetahui kecepatan rata-rata kendaraan didepan kita, menginformasikan pengguna waze lainnya, serta berkomunikasi dengan pengguna lainnya.

image

Perjalanan Jakarta Surabaya kali ini diperkirakan memakan waktu lebih lama karena ambrolnya jembatan comal. FYI lebaran tahun lalu SF mudik beberapa hari sebelum lebaran menempuh waktu 22 jam. Kondisi non lebaran bisa 16-18 jam…. nah prediksi SF mudik kali ini bakal lebih dari 24 jam.
InsyaAllah jika ada perkembangan di pantura akan saya kabarkan di kolom komentar (kalau memungkinkan, maklum nyetir) . Rencananya hari ini (H-5) SF berangkat agak siangan karena menyelesaikan urusan dikantor.
Jadi mohon maaf hari ini hingga besok kemungkinan susah berinteraksi dengan pengunjung.
Sekalian kali ini jadi ajang pengetesan keiritan ertiga dengan muatan full plus roofbag.

image

image

Cukup puas… ga ada pegel selepas naik mobil ini. Kinerja shock cukup memuaskan.. empuk dan nyaman. Dengan kondisi full loaded 3 dewasa 2 balita, 3rd row full barang, atap juga ditambah koper segedhe gaban,kereta bayi,dan parts motor yang ga dipakai di Jakarta (kebayang aerodinamisnya pasti ngacau) lari mobil masih bisa menembus 120kpj (tanpa barang diatap bisa 140 dengan gas belum mentok). Dengan kondisi di tol yang relatif sepi. Saat melewati jalanan bergelombang mobil terasa limbung kemana-mana, diperparah kondisi rak atas penuh barang.
Continue Reading

sumber : www.republika.co.id

Yang mudik… yang mudik… 🙂
Insya Allah jika ga ada halangan hari ini SF berangkat mudik ke Surabaya. berangkat dari Harapan Indah, Bekasi sekitar jam 9 pagi , karena harus menyelesaikan urusan dikantor dulu.
Rencana ke Surabaya akan menempuh jalur utara (Pantura), Saat lebaran lanjut ke Sumenep. Balik ke Bekasi (setelah lebaran) lewat jalur tengah, niatan mampir Jogja dulu. Continue Reading

ilustrasi dari sikathabis.multiply.com


Tak terhitung berapa kali SF menyaksikan kecelakaan di jalur kerja SF. Nah pagi ini SF hampir menjadi korban (atau memakan korban ya :mrgreen: ). Saat lolos dari lampu merah PGC menuju UKI SF berjalan di samping kiri belakang sebuah motor Putih (lupa kalo ga salah Mio atau Vega) tiba- tiba doi ambil manuver kekanan memaksa masuk jalur busway. Manuver itu sedikit terlambat dan ban motor menghantam pembatas jalan akibatnya sang rider salto kearah kiri, posisi motor juga melintang dijalan. Nah posisi rider yang salto itu pas didepan SF , untung SF saat itu bawa Spin dan bisa bermanuver kekiri meski mepet banget dengan tubuh rider, untung juga sebelah kiri SF ga ada motor. Coba kalau SF bawa si Bolot bisa kesikat tuh rider, belum lagi jika di sebelah kiri SF ada motor, ya bisa jadi kecelakaan beruntun.
Ajaibnya si rider itu segera berdiri dan mendirikan motornya.Padahal SF tau betul kepala rider itu terbentur aspal (tapi memang sih motor ga kenceng-kenceng amat). Untung Helmnya ga lepas jadi masih melindungi kepala si rider. Moment foto jelas ga sempet SF ambil (SF ga bawa HP, tabled ada dalam tas), niatnya berhenti minggir menolong eh dianya bisa berdiri tanpa bantuan, yo wes… lanjutt… 🙂
Repot juga ya kita sudah hati-hati tetap saja berpotensi jadi korban pengendara lain…
jangan lupa berdoa dan lindungi anda dengan perangkat safety saat riding.