Hobi terabaikan suatu saat kumat lagi

image

Hobi miara ikan dan kucing sebenernya sudah sejak kecil didalami SF. Saat masih SD SF pernah miara kucing kampung dan punya akuarium. Semenjak kucing mati dan kesibukan sekolah plus males, dua hobi itu terbengkalai dan endingnya aquarium dijual ortu. Nah ketika ada sedikit saja pemicu ( internet cuyy ๐Ÿ˜› ) plus didukung situasi sekitar (termasuk finansial) jadi kumat lagi deh. Awal-awal kerja duit bonus dibelikan 2 ekor persia sekaligus jadi kado pernikahan seiring waktu nambah koleksi jadi 4 ekor.. sayang 1 ekor mati, 1 di maling dan sisanya terpaksa dijual ke temen gara-gara pindah kerja ke Jakarta ๐Ÿ™ . Soal hoby kelinci lain lagi… ketika lewat jatinegara si faiz merengek minta kelinci, jadinya beli 2 ekor. Lagi2 karena googling di internet cara piara kelinci malah disuguhi gambar kelinci2 eksotis akhirnya beli 2 ekor lagi jenis English Persia dan Fuzzy Loop. :mrgreen:
image
nah… hobby ini berhenti juga gara-gara sering pulang ke Surabaya kelinci takutnya ga keurus.. maunya dihibahkan ke pengunjung blog ehh malah langsung diminta (dengan sangat) sama tetangga sebelah…. yo wisss… kalau kangen bisa nengok ke tetangga ๐Ÿ˜›
Jalan-jalan sama sikecil liat ikan… eh si faiz pengen punya, klo ga diturutin bisa gulung-gulung dijalan ๐Ÿ™‚ awalnya aquarium bola malah ketagihan bikin 2 aquascape deh, ini saja masih kurang pengen bikin lagi tapi bisa bentrok sama Bu Menkeu ๐Ÿ˜€ maklum perlu listrik yang gedhe ๐Ÿ™‚ .
image

Keluarga SF ternyata pecinta hewan.., kucing, kelinci, burung, ikan , kura-kura, udang sampai keong pun dipiara… mungkin kalau SF jadi orang kaya punya duit berlebihan , rumah sudah penuh dengan binatang kali ya ๐Ÿ™‚ย  (dan motor pastinya :mrgreen: )
kalau soal motor jangan tanyaaa… itu mah sudah minat sedari kecil…. ! ๐Ÿ˜› teringat dulu suka kumpulin poster motor dan suka gambar-gambar motor. Sekarang sih pengennya moge tapi dananya cekak jadi cukup versi bonsainya lah… ๐Ÿ™‚

Kebanyakan hobi bikin seneng sekaligus sibuk

image

Coba dilist satu persatu apa ya hobby SF
1. Motor
2. Piara binatang (dulu kucing persia sekarang kelinci persia 3 ekor ๐Ÿ™‚ )
3. Aquascape (2 buah malah)
4. Fotography (hobby sesaat tapi belum sempet eksplore)
5. Maen game balap
6. Nonton Film
7. Badminton ( acara olahraga bersama di kantor tiap Jumat pagi)
7. Blogging
Itu beberapa hobi yang SF ingat ๐Ÿ™‚ . Seneng sih banyak kepuasan yang SF dapet tapi….. kesibukannya ga kalah serem. Untung sekarang PNS jadi semakin banyak waktu untuk mengurusi hobby, ga bisa bayangin jika masih jadi akuntan dulu, kerja dari Senin sampai Sabtu dan tiap hari lembur.ย Sekarang cuma 5 hari kerja sangat terasa perubahannya. Ya itu tadi… hobi nambah ๐Ÿ˜›
Sabtu dan Minggu libur bukan berarti bisa leha-leha dirumah. Ngurusi 3 kelinci (bersihkan kandang, kasih makan, menyisir, beri bedak anti kutu), maintain 3 motor, ngerawat aquascape (beri pupuk, cropping daun mati, nambah air, kadang ganti air). Kalau udah begitu ngurusi hobby bisa seharian juga loh :mrgreen: . Belum lagi nemenin istri melakukan hobinya seperti karaoke (Ojo ngeres… ๐Ÿ˜† ) , belanja ke mall, dan kuliner. Byuhhh….ย  lumayan.
image

nah malem harinya baru nonton nonton film hasil ngopy temen sekantor atau beli DVD. Buang waktu? Buang duit? Kurang Kerjaan? Ahhh… ndak juga kok, ada kepuasan yang didapat. Kelelahan setelah aktivitas sehari-hari bikin otak dan fisik seperti dipacu, malem hari sepulang kerja atau setelah ngurusi pekerjaan rutin mingguan langsung bengong didepan aquascape, klo ga gitu nguyel-nguyel kelinci seru juga apalagi ditemenin si Faiz. Satu hal yang perlu diingat! miara hewan piaraan ada konsekwensi moral, mereka adalah makhluk ciptaan Tuhan juga, jangan diabaikan kebersihan, kesehatan dan makanannya. Klo ga sanggup telaten atau gampang bosen mending jangan deh. Paling ga enaknya piara hewan adalahย  bingung kalau pas mudik lebaran. Apalagi pembantu juga mudik. Otomatis kudu nyewa orang buat ngurusi ๐Ÿ™‚ Nah untuk blogging gimana? Ini mah gampang cari waktunya. Jam istirahat dikantor atau pas pagi saat dah nyampai kantor tapi belum masuk jam kerja. Yang bikin SF bingung ada loh orang yang hobinya tidur. Sayang beribu sayang… padahal kelak entar dikuburan bisa dipuas-puasin tidurnya ๐Ÿ˜†

image punya hobi jangan jadikan beban. enjoy aja, kalau ga sanggup tinggalin saja daripada malah bikin stress.

Kelinci mati satu, ketagihan kelinci eksotis

image

Keluarga SF adalah keluarga pecinta hewan, dulu pernah piara kucing,kura,dan burung, sekarang diperantauanย  piara yang agak mudah dan murmer yakni kelinci. Gara-gara kelinci Faiz mati satu, SF google cara perawatan kelinci yang bener. Ehh.. malah keracunan gambar kelinci-kelinci eksotis. Ada 2 yang bikin SF tertarik yakni jenis Anggora English dan Fuzzy Lop.

image

Surfing di internet, eh harganya kok ya mahal 100 rb/ekor usia 2 bulan :mrgreen: jika dibandingkan anggora lokal jenis lion yang cuma 25 rb an :lol:. Karena udah ga tahan langsung meluncur ke jatinegara nyari kelinci ini. Lah ndilalah nemu kelinci fuzzy lop coklat usia 5 bulanan, harganya cuma 125rb! Kelinci2 kecil di Jatinegara rawan mati karena biasanya baruย  berusia 1 bln yang harusnya masih menyusu. Karena itu kalau beli mending sekalian yang 4-5 bulanan.

image

Alternatif pecinta kucing persia yang ga pengen repot

image
image

Keluarga SF adalah penyuka binatang. Si Faiz pun dari kecil dididik supaya menyukai binatang. Saat kemaren jemput sodara di st Jatinegara kami melewati penjual kelinci. Faizpun merengek minta dibelikan. Akhirnya proses tawar menawar terjadi dengan alot dan Bunda tersenyum puas saat 2 anak kelinci persia plus sebuah kandang berpindah tangan seharga 70rb rupiah. Murah amat ya…? Bandingkan dengan seekor anak kucing persia yang seharga 1,5-2,5 juta rupiah, inipun bukan kw 1 yang pesek namun hanya medium. Sejak sebelum nikah SF dan bunda bener2 pecinta kucing mulai dari kucing kampung sampe kucing persia kami pelihara. Saat menikahpun Bunda minta kado perkawinan sepasang kucing persia, terakhir saat masih disurabaya kami pelihara 4 kucing persia. Namun sayang saat pindah kerja diJakarta kucing tersebut terpaksa kami titipkan pada seorang teman. Pelihara kucing persia memang sungguh repot, terutama ritual membersihkan pupnya sehari 2 kali. Belum lagi makanannya sebulan bisa ratusan ribu rupiah, trus kalo ada yang sakit dan harus ke dokter bisa nambah ratusan ribu lagi biayanya.
image
image
Sebenernya miara kelinci juga sama ribetnya alias banyak pantangannya, namun biayanya jauh lebih murah daripada kucing, lah wong makanan aja cukup kulit jagung atau pur makanan burung/ikan. Kalo mengenai lucunya hampir sama antara kucing dan kelinci. Namun kecerdasannya jauh lebih pandai kucing apalagi persia, (kucing SF dulu bisa diajari kalo pup di lubang wc). Kelinci mah ga punya respon antara marah, ngambek, lapar ya wis begitu aja ga ada bunyinya blas. Eh ya berdasarkan info di dunia maya kelinci lebih mudah mati dibanding kucing apalagi kalo masih kecil. Jadi klo belum pengalaman mending beli yang sudah dewasa. Lumayan menghibur juga hewan ini, sekalian mengajarkan anak agar mencintai makhluk hidup lainnya. Semoga aja piaraan ini awet sampe tua.