keras

All posts tagged keras

Kejadian ini menimpa Ninja 250 milik SF yang jarang tak terpakai… Terakhir dipakai sekitar sebulan lalu, motor memang terasa berat dituntun saat dikeluarkan dari garasi… SF pikir cuma ban kurang angin saja… Begitu ditambahi angin, tetep saja laju motor agak berat…. SF paksa saja buat ngantor… Feeling SF pengereman ga beres nih, karena rem belakang juga terasa keras dan ga pakem… Bener saja saat SF nyampai rumah SF langsung pegang piringan cakram… Panasss!… Tidak seperti depan yang adem ayem. Pasang paddock trus ban diputer… Berat uiiyyy…!

Baru minggu kmaren SF sempat bawa kebengkel… 


Penyakitnya ternyata pegangan kaliper rem pada braket yang bentuknya seperti baut tanpa drat (yang dilindungi karet) yang seharusnya flexible jadi macet. Meski motor ga pernah dipakai, bagian ini tetap rentan mengalami penurunan fungsi, apalagi motor pernah nerobos banjir…  Kotoran dan karat bersarang didalam karet yang seharusnya menjadi pelindung dudukan kaliper.

Solusinya lepas kaliper pada braketnya, bersihkan bagian yang dimaksud sekalian bagian dalam karet pelindung. Lumasi besi pegangan kaliper rem tersebut dan masukkan kembali dalam rumah karet.. tes dengan menggoyang goyang kaliper dan braket… Pastikan kaliper dengan mudah bergesar menjauh/mendekat dengan braket besinya….  Pasang kembali kaliper pada dudukannya….


Setelah itu motor jadi ringan didorong… Performa motor juga terasa naik…. Makin enteng larinya.

image

Sewaktu Per shogun dan Nmax SF bandingkan dengan cara menekan per dengan telapak tangan, terasa sekali per shogun lebih empuk. Namun bagaimana kesannya saat terpasang pada Nmax? Continue Reading

Siapa yang ga kenal penyakit Nmax satu ini ? shock super duper keras…
Solusi paling simple sih dengan mengganti per Nmax dengan motor lain yang sama panjang…bisa dengan punya shogun 125 atau smash…nah karena SF sudah punya per shogun , SF sempatkan bongkaran shock hari minggu kemaren.
Karena ditakutkan bengkel khusus shock akan kesusahan bongkar shock Nmax, SF copot sendiri shock belakang Nmax.
Step by step sudah ada beberapa blog yang bahas. Coba saja kata kunci bongkar shock nmax di mesin pencari. SF ingin bahas dari sisi lain. Yakni kendala dan keuntungannya.
Kendala yang ingin SF share yakni :
1. Proses pelepasan/pengendoran spakbor belakang cukup susah meski spakbor cuma diikat 2 baut namun ada 3 pasang kancingan bodi yang terbuat dari plastik. Cara bukanya kalau area terbuka sih gampang…

image

Continue Reading

Sebelumnya thanks berat buat bro Santo dengan username Wong Biasa yang mengirimkan shock shogun miliknya ke warung ini. Sebelumnya sudah berniat hati menggantikan per bawaan nmax yang sporty (alias uatos).
Namun karena kmaren saat berniat ganti per, bengkel khusus per dikawasan harapan indah sudah kena gusur jadi bingung cari bengkel per lain. Nyoba bengkel motor kecil dia ga sanggup bongkar per…

image

Continue Reading

Alasan pihak soal kerasnya shock Nmax bisa dibaca diblognya TMC (baca disini ) . Intinya konsep Nmax adalah sport matic jadi shock memang dibikin tidak terlalu lembut. Nah coba bandingkan sama Ninja 250 milik SF sangat jauh … ninja adalah motor lebih sporti , lebih kencang yang harusnya butuh kestabilan lebih tinggi… nyatanya shocknya jauuhhh lebih nyaman dibanding Nmax….

berarti statement yamaha…… ? (mboghhh terusno dhewe… )

kembali di judul… diblognya macantua terlihat penampakan Nmax baru sedang dites…

Continue Reading

Awalnya SF cuek saja dengan respon pengendara lain di kemacetan atau di lampu merah. Saat jalan merambat SF sendiri lebih konsen dijalanan.

image

Tadi siang kebetulan riding agak jauh sekeluarga pake Nmax ke daerah tambun utara.  Posisi boncengan favorit yakni nafis di atas tangki bensin Nmax,  Faiz di jok depan,  SF sebagai pengemudi dan bundafaiz tentunya dibelakang. 
Kali ini bundafaiz yang laporan jika banyak mata yang melirik sambil tersenyum kearah nafis yang kedua tangannya berpegang erat pada bagasi depan… 
Akhirnya seorang pengendara mengacungkan jempol ke SF sambil ngajak ngobrol di pertigaan yang macet…  “Asyik mas cara boncengnya,  nyaman sepertinya”.  SF jelaskan memang si kecil berdua selalu berebut didepan.  Ga ada yang mau bonceng dibelakang sama bundanya.
Bapak tersebut juga komen “powernya juga kuat mas,  keliatan ga ngeden buat boncengan”.” Iya pak CCnya 150″ jawab SF.
Ternyata posisi bonceng kami menarik perhatian banyak orang…  Kerabat SF mengira si kecil kesakitan duduk diatas tangki bensin Nmax…  SF nanya sendiri ke sikecil,  adek gpp tuh..  Padahal barusan riding agak jauh (45menit/90menit Pp).  Dan tiap naik Nmax maunya selalu didepan…  Apa karena Nafis pake popok bayi sehingga empuk ya?

Awalnya SF dan sobat ini membicarakan mengenai sarung jok ertiga. Saat SF menyinggung mengenai sarung jok SF yang bernoda karena tetesan parfum cair, sobat ini langsung mengcounter… lah masih untung jok yang kena tuh si Gordi dashboardnya sampai rusak kena parfum mobil cair gara-gara si OB kebalik pasang parfumnya….

SF coba googling mengenai ini dan nemu kasus yang sama….

image

Kapok deh pasang parfum cair, apalagi punya anak kecil. Mending pakai parfum padat

image

Sumber gambar : http://monza-autosport.blogspot.com/2009/03/sudah-banyak-yg-jadi-korban-parfum.html

Nb: ada satu lagi cairan yang berbahaya untuk bahan plastik dan karet sintetis yang SF tahu… yakni lotion anti nyamuk… walkman SF dulu pernah leleh kena lotion anti nyamuk

2 minggu sebelum lebaran adalah Minggu yang luar biasa bagi SF. 2 motor andalan SF didera masalah… yang satu aki soak, satunya lagi selain abis ganti tangki, karbu bermasalah, listrik jebol, eh selang bensin bocor.

image

Sepele sih.. Tapi selang bensin bocor bisa beresiko motor terbakar. Karena itu perhatikan selalu kesehatan selang bensin. Kalau sudah tidak lentur alias mengeras segera ganti. Jika terlambat selang bisa retak pas tekukan atau mulut mulutnya sobek. Kalau beli selang bensin sekalian yang bagus karena menjamin keawetan.

image

Terlebih pada matic… slang bensin sangat vital karena dia senantiasa bergerak mengikuti kontur jalan. Karena satu ujung nempel di tangki yang diam, satu lagi nempel di karbu yang ikut naik turun sejalan gerakan shock breaker.

Berselancar didunia maya memang bisa beresiko keracunan, salah satunya racun soal ban lebar ini. Jaman tiger dulu BT45 jadi favorit karena tidak ada ban lebar merk lokal. Lambat laun muncul mizzle,swallow,corsa… sekarang motor premium favorit telah bergeser ke Ninja 250. Bagi yang demen modif tentunya ukuran standar ban Ninja yang 130/70(yang dulunya jadi ukuran favorit modif tiger ban lebar) dirasa kurang. Alhasil banyak pemilik ninja upgrade ukuran bannya menjadi lebih lebar yakni 150 atau 160. Bagi yang dulunya memfavoritkan BT45 sekarang pun ogah meliriknya. Pasalnya permukaan ban serta dindingnya terlihat lebih menyiku alias mengotak. Apalagi profilnya lebih lebar (150/70) kurang sedap dipandang. Alur ban yang terlalu rapi alias “resmi” juga kurang menunjang tampilan motor berfairing. Continue Reading