lubang

All posts tagged lubang

Beberapa malam lalu SF sempat dicurhati oleh salah seorang member blog yang punya masalah blok kiri mesin.  Blok mesinnya bolong gara2 rantai lepas dan 2 mata rantai nencep di blok mesin sebelah kiri….
Berikut SC kronologinya

image

Ini penampakannya

image

Beberapa kali SF mendengar kisah pilu gara-gara rantai lepas.  Selain masalah ini ada juga as gir depan patah dan juga gir depan rontok… 
SF sendiri waktu pakai GL max dulu pernah lepas as roda sebelah kiri dari armnya…
Jangan sepelekan rantai kendor karena jika lepas fatal akibatnya…

Apes…. beberapa hari lalu tiger mengalami retak velgnya. Velg sprint yang menemani SF 7 tahun lebih (baca disini artikelnya) menyerah setelah menghajar lubang 2 X pada kecepatan tinggi. Kejadiannya di marunda saat pulang kerja. setelah SF menyalip sebuah mobil didepan nampak jalan lubang parah SF berusaha mengurangi kecepatan namun terlambat… lubang jalan dengan sisi beton tajam tersebut menghajar kedua roda SF dengan sangat keras. Selepas itu SF tetap berusaha  mengurangi kecepatan, namun ternyata didepan ada lagi lubang menganga… ya wis pasrahhhh…. SF sudah berusaha mengurangi beban roda dengan cara berdiri dan melemaskan kaki dan tangan mengikuti kontur jalan… namun tetap tidak membantu… Continue Reading

image

Lagi…. bocor lagi… sudah kali ketiga tangki tiger milik SF rembes bensin. Pertama kali bocor pada bulan Juli tahun lalu (baca disini ), dalam setahun kebocoran terjadi lagi 2 kali. Terakhir sekitar 2 bulan lalu. SF sudah prediksi kebocoran akan merambat… satu lubang ditutup, kebocoran terus merambat kebagian lain. Maklum yang namanya besi keropos pastinya merambat kemana mana. Kebocoran tangki pada motor laki memang umum terjadi, menurut isu sport honda yang paling terkenal sering bocor, tapi tiger SF termasuk awet , tiger SF tahun 2004 loh.. jadi umur tangkinya sudah 10 tahun!

Karena itu SF berencana membeli tangki tiger baru. Tanya di bengkel umum harganya sekitar 700-800rb… lumayan juga yak…
Sebenernya ada beberapa alternatif untuk mengatasi kebocoran tangki… yang pertama berusaha diakali sendiri… SF sih pake lem besi.

image

Lumayan awet asal lubangnya ga gedhe amat. Ada juga yang pake fiber. Cara paling simple sih pake sabun. Namun semua hal diatas bersifat sementara. Yang agak awet tentunya dilas…. tapi jangan lupa abis dilas, bagian dalam harus dicat lagi… caranya masukkan epoxy kedalam tangki trus dikocok-kocok. Yang lebih awet lagi bisa memanfaatkan cairan fiber. Caranya sama seperti memberi cat dasar diatas.
Berhubung SF dah mulai bosen warna silver tua pada tiger SF, SF pengen balik ke warna standar tiger yakni hitam… jadi beli baru deh. untung saja bentar lagi dapat THR…. ๐Ÿ™‚

image

Jalanan masuk ke perumahan dutabumi , tempat tinggal SF rusak parahhhhh…. pol-polan… beberapa kali SF melihat dan menolong pengemudi motor yang terjatuh disini. Mobil sodara SF sampai rusak kaki-kakinya. Eh… sepertinya tarubi SF juga mulai ada bunyi-bunyi aneh dibagian roda. Apalagi kalau hujan deras… banjir pastinya… ditambah lubang jalanan yang ketutup lumpur malah jadi jebakan maut….

image

image

image

SF salut dengan seorang penghuni dutabumi (Mas Herybertus pengasuh web http://www.seputarharapanindah.com/ ) yang share masalah ini di FBnya…. ada saran yang positif seperti saran M.H Permadi ini
image

Tapi ada saran yang asal Njepat dari warga dutabumi yang bernama Yanuar ini….(gambar diatas, deret paling bawah)

:mrgreen:
Usut punya usut ternyata si Yanuar ini sodaaraan sama Mas Herybertus… makanya brani asal njepat komennya
Gini sarannya :
“Motor matic ganti trail…mobil sedan ganti jip offroad… trus ngadain pelatihan offroad bagi warga dutabumi”

Koplakk!ย  ๐Ÿ˜†

Itu mah saran saking jengkelnya sama developer…. ๐Ÿ™‚

Posted from WordPress for Android

Nb: artikel ini dibuat beberapa hari lalu , hari Sabtu kemaren ada pihak yang mulai proses perbaikan jalan.. (mbuh ga jelas dari pihak mana)

banjir plumpang

Rabu siang kemaren sudah janjian ketemu dengan klien didaerah Kelapa Gading Timur, kondisi pagi hingga menjelang siang hujan deras. Untung Jam makan siang hujan berhenti total dan matahari terik bersinar. Prediksi SF jalur yang akan dilalui (Jl Pegangsaan Dua) bakal becek penuh air hujan bercampur air got yang meluap plus lumpur.

Daripada pakaian kerja kotor mending pakai jas hujan komplit ga kuatir kena cipratan air. Biar saja dianggap aneh sama orang yang lihat . Panas terik kok malah paka jas hujan? Benar saja begitu keluar kantor dijalan raya Plumpang genagan air di sepanjang jalan, di Jalan raya Pegangsaan dua malah lebih kotor kondisinya. Motor-motor lain jalan pelan dan mereng-mereng menghindari air karuan saja berpotensi bikin macet.

Sesampai ditempat tujuan karuan saja jas hujan dan motor SF bermotif batik (batik abstrak dari lumpur :mrgreen: ).

Saat berangkat dan pulang kerja SF sering melakukan ini setiap pasca hujan. Daripada pakaian kerja kotor, riding pelan dan ga nyaman karena takut kecipratan motor/kendaraan lain, pakai saja jas hujan komplit.

Sesampai dirumah biasanya jas hujan komplit tetep SF pakai sampai kamar mandi dan SF siram sekujur tubuh (mandi dengan posisi jas hujan masih terpakai) sekalian melap seluruh bagian jas hujan. Setelah itu di keringkan semaleman. Memang lebih baik hujan deras sekalian karena motor lebih bersih dan tubuh ga gerah daripada kondisi pasca hujan yang bikin banjir/becek jalanan yang jelasnya bikin kotor motor dan pakaian.

image

Modif ini pernah jadi tren beberapa tahun lalu. Tangki kecoak! Alias di lubangi bagian tengahnya :mrgreen: manfaatnya apa? Dalihnya sih mengurangi bobot agar lebih kencang larinya. Biasanya dipadukan dengan ban tipis. Nah ga disangka modif ini ane temukan lagi saat di bengkel. Iseng berbincang dengan montirnya (pemilik motornya kebetulan lagi ga ada), “kok ga sayang yo mas tangkine dicoak”. Jawabnya ” kata ownernyaย  akibat tangki keropos dan menyebar luas, makanya sekalian modif gini mas ” weleh-weleh kapasitas tangkinya jelas berkurang drastis to , itu dari segi fungsionalitas. Kalo dari segi estetika gimana? Kalo menurut SF sih motor jadi terlihat aneh, motornya malah terlihat kurang gizi ๐Ÿ˜† . Tapi kalo ownernya merasa PD sih monggo terserah, wong selera orang beda-beda kok ๐Ÿ™‚

image
image

image

Apes.., saat dines luar tiba- tiba si bolot mogok kira – kira baru 1 km dari kantor. Gejalanya seperti kehabisan bensin. Distater beberapa kali ga nyala. Nyoba dichoke akhirnya berhasil nyala. Tapi begitu digas langsung brebet…bet..bet… modar lagi! Jiah motor baru 3000km dah mogok, apa kata dunia :mrgreen: liat penunjuk bensin masih setengah. Tapi penasaran jangan-jangan sensor bensinnya nyantol, anepun buka tutup bensin. Kunci dimasukkan ke lubangnya. Saat diputar dan tutup bensin belum terbuka penuh, terdengar desisan angin dari tutup tangki jessss… liat isi tanki bener masih setengah. Tapi setelah itu distater langsung nyala. ๐Ÿ™‚ hmmm disinyalir penyebab mogok adalah lubang pernafasan tanki buntu sehingga bensin ga mau turun, karena begitu tutup tangki dibuka muncul bunyi desis angin dan bensinpun langsung turun ke karbu. nyampe rumah langsung bersihkan area sekitar tutup tangki dan semprot bagian lubang-lubang kecil dengan chain lube. Moga-moga ga terulang lagi.

Penggunaan Ban Matic diluar Negeri dan di Indonesia.

Kalo diluar negeri khususnya Eropa, matic terkenal dengan motor urban atau city ride yang hanya direkomendasikan untuk menempuh rute jarak pendek di perkotaan(kalo di ย Indonesia maticpun udah dipake lintas propinsi ๐Ÿ™‚ย  ). Makanya ban yang digunakan punya diameter yang kecil 12โ€ atau 14โ€. Tapi menurut ane, ban ukuran ini kurang cocok untuk kondisi jalan di Indonesia yang semi ofroad . Semakin kecil diameter ban, semakin terasa pula menerjang lubang dijalan dibanding ban berukuran diameter yang lebih besar. Untuk daya cengkeram diaspal juga kurang dibanding dengan ban yang berdiameter lebih besar. Pengalaman smartf41z rute harian selalu melewati jalan yang ada bekas galian pipa ledeng kira-kira sebesar 12cman dan selebar ruas jalan (udah setaun ini ga ditutup), saat naik tiger yang udah ganti ring 17 ga seberapa terasa, namun saat naik matic lubang menganga ini sangat terasa, bahkan sampai bunyi jedugh disektor belakang.

Matic yang pake ukuran diameter ban paling besar 16โ€ adalah suzuki skywave (dulu ada juga Yamaha Nouvo), sebetulnya motor ini paling cocok untuk kondisi Indonesia, sayang suzuki agak bermasalah di sparepartnya terutama sektor CVTnya yang mahal. Lagian Skywave deknya juga ga rata, menyalahi pakem matic yang bisa ngangkut barang banyak. He3โ€ฆ

Untuk mensiasati matic yang pake ban 14โ€ otomatis dengan memperbesar ukuran ban agar ga mudah terperosok ke lubang. Disarankan yang punya profil paling tinggi. Ukuran jangan terlalu extreem sampai harus mundurin mesin dan pasang velg mobil, kasian V-beltnya dan mesinnya ๐Ÿ™‚ย  . Roda belakang pakai ban ukuran 110/80 atau 100/80 udah agak mendingan daripada ukuran standarnya. Untuk depan bisa pakai ukuran 90/90. Spin Bundaf41z ban belakang pas pake ukuran 100/80 hasilnya udah lumayan menghantam jalan keriting ย ga seberapa terasa bagi rider dan boncenger.

Mio dan spin sih sebenarnya bisa pake ban 110/80 namun mepet banget dengan shockbreaker, mending 100/80 ja deh ga seberapa ngedonat

Spin pake ban gambot, dapet dari google

Mio pun masuk ban ukuran 110/80