mainan

All posts tagged mainan

Dah fidget spinner? Belum….? Ahhh ga gaul brarti…. he3… asline SF sendiri malah baru tau dari Faiz kok….  tiap hari nggremeng minta fidget spinner. Pas kebetulan juga rekan kerja  juga ada yang belikan buat anaknya…. dia beli 150rb, Saya belikan Faiz yang 50rb sajah.. pokoke berat, jadi Faiz ga tau klo harganya murah 🙃

Lah kok pas dibawa pulang , Faiz protes… “kok goyang goyang Pa…. muternya juga ga lama… di youtube bisa 3 menit lebih…. ” Faiz minta dibelikan lagi yang bagus…  (modiar …. kudu beli lagi dah yang agak mahalan :mrgreen: )

Googling sana sini , salah satu penyebab spinner ga bisa muter lama karena bearing jelek. Ya wis SF belikan bearing R188 secara online… eh ya ada 3 tipe bearing fidget spinner, yg SF tau 608,606 dan R188…. yang paling kecil R188 sekitar 12mm diameter luarnya. Belinya di topfidgetspinner harganya 39rb.

Sebelum upgrade bearing

Selanjutnya proses Bongkar bearingnya… tinggal puter tutup bearing (caps) dan bearing tinggal di ketok kearah luar, agak maksa sih. Nah saat bearing baru dipasang lah kok bearing agak geser geser saat tutup bearing di tekan… solusinya bearing baru dikasih double tape tipis disisi luar… setelah itu masukkan kelubang bearing, memang agak susah 😆 …. SF pasang dulu penutup bearing lantas SF tekan bearingnya agar masuk…. rapetin capsnya , langsung diputer…

Setelah upgrade bearing r188

krasa langsung bedanya…. putaran halus, suara dan getaran berkurang drastis…  saatnya tes…

Kali ini Fidget spinner menghasilkan putaran jauh lebih lama … hampir 3 X lipat standarnya….
tepatnya jadi 3 menit ! Lumayan lah menyiasati agar ga perlu belikan fidget spinner baru buat Faiz… SF yakin kalau fidget spinner ini kualitasnya lebih presisi (balance) pasti bisa lebih…

Memang Bener Faiz ga minta dibelikan baru, tapi adiknya jadi pengen…papanya juga 😆 jadi beli lagi 2 biji…. hmmm gara2 Faiz , SF jadi makin penasaran :mrgreen:

Kiri 4m2dtk, tengah 1m40dtk, kanan ori 1m5dtk, upgrade jadi 3m 0dtk

Artikel terkait :

WD 40 bikin fidget spinner mampu berputar lebih lama memang terbukti.Tapi ada efek negatifnya

 

Beberapa waktu lalu SF share bagaimana cara membuat Cat Condo…  cat condo adalah sarana istirahat, bermain sekaligus tempat cakaran si mpuss…  (tutorialnya pembuatannya klik disini )

Sejak ada cat condo ini mpus berdua makin betah dikamar… bahkan  si Popeng (persia item) lupa kalau dirinya abis sakit dan digundul abis sama dokter…. tetep aja kejar-kejaran sama michel di cat condo. Ini video keseruannya

Awalnya berawal rengekan Faiz dan Nafis pas lebaran… Mereka minta hotwheel track! Karena agak trauma karena sebelumnya pernah SF belikan wall track dan akhirnya berantakan ilang bagian perbagian, SF ga langsung mengiyakan… Setelah Faiz menunjukkan videonya luluh juga (alias pengen juga… :Mrgreen: ). Perjanjiannya … duit lebaran mereka berdua yang buat beli mainannya.

Pasca lebaran baru terbeli tuh track.., malah sisa duit lebarannya.. buat beli tambahan mobil hotwheel dah… judulnya tracknya super long drag race… Yang bikin unik adalah

1. Mainan ini berupa simulasi drag race menggunakan mobil mainan hotwheel / sejenisnya. 

2. Mekanisme pendorong 2 pelontar .sepertinya pakai pegas yang kekuatan pendorong sama. Ada 4 kecepatan masing2.

3. Start dengan menekan tombol… Tapi harus pas timingnya yakni menunggu indikator hijau menyala. Indikator ini berupa lempengan yang dilepaskan dari atas lampu start, saat bergerak turun pada posisi paling bawah, lempengan ini akan menekan tombol kecil. Saat itulah player dulu-duluan menekan tombol pelontar. Jadi kalau lempengan belum turun penuh (lampu jadi hijau) tombol pelontar tidak berfungsi (ditahan sampai lampu hijau pun ga bakal bisa). 

4. Tombol finish juga ga kalah unik… Bendera akan bergerak kearah pemenang…. Untuk meresetnya tinggal putar kerekan benderanya.

5. Asyiknya bisa disambung track hotwheel lainnya… Kedepannya pengen SF upgrade dengan loop track… Biarin bosen dulu… He3…

Kemenangan ditentukan oleh start yang bagus dan mobil yang cepat… mobil bagus meski kalah start , tetap bisa menang kok… Hebat banget mattel sang produsen bisa bikin mainan seperti ini.. mekanisme start, laju, dan finishnya seperti simulasi drag race beneran….

Mainan ini cukup aman untuk dimainkan anak 3 tahun diatas. Sayangnya pelontar kadang ga berfungsi sempurna kalau timing pencet tombol startnya ga pas. Dan ga semua mobil2 an hotwheel bisa dipakai… Yang bisa dipakai adalah yang lebarnya ga melebihi track dan bagian belakang mobil relatif rata . 

Kalau gini ga cuma anak2nya yang ketagihan main… Bapaknya juga ikut rebutan… Kwkqkq….

Ready… Set…. Bye…  🙂