matik

All posts tagged matik

SF tergolong blogger yang kurang aktif berkarya, masalah mood saja… nah selang beberapa hari setelah peluncuran PCX lokal… SF yang jarang memfollow berita-berita otomotif , dapat pertanyaan dari 3 rekan / pengunjung blog. Intinya sama…. mending beli mana Nmax dan PCX.
Jawabannya hampir sama SF berusaha mengembalikan keputusan pada mereka, dengan beberapa pertimbangan dan opini. Benar SF pengguna harian Nmax, tapi PCX hanya SF dapat dari literatur saja.

Kelebihan Nmax handling superb, daya rekat ban dan rem top level. Mesin responsif, motor bandel…. SF tergolong males ngebengkel palingan rutin ganti oli di 2000 atau pas khilaf 2500 km sekalian bersihkan filter udara dibengkel umum. Setelah gratisan servis berakhir SF cuma 2 kali mampir bengkel resmi pertama karena saatnya ganti belt sekalian roller dan rumah roller karena memang sudah waktunya( 25rb km), dan yang kedua mogok karena bensin kecampur air. Soal kemampuan menahan beban berat jangan tanya…. Nmax SF rutin boncengan sekeluarga.

Yang paling menjengkelkan soal Nmax adalah shock keras … karena shocknya sendiri yang luar biasa konyol kerasnya dan sudut shock yang terlalu tegak, dan melemahan lain yakni kemampuan melibas banjir yang parah… kalah sama beat/matic kecil. Motor2 itu masih melaju di genangan air cukup lumayan, Nmax cuma meraung raung tapi motor ogah melaju karena selip.

Gimana soal PCX… berdasarkan literatur saja yah… ada beberapa fitur dan Kelebihan PCX yang bikin SF pun ingin melamarnya… fitur ini yang telak mempermalukan Nmax , bikin Nmax terlihat tertinggal bebererapa abad :mrgreen:

PCX ada ISS , dimana mesin mati jika beberapa saat motor berhenti total, Nmax kagak ada!

PCX ada colokan charger, Nmax kagak ada!

PCX ada alarm dan keyless system. NMax pake kunci biasa seperti motor puluhan tahun lalu :mrgreen:

Ban pcx sekarang ga cemen dah kekar loh ukuran 120 buat belakang… memang sedikit lebih kecil dibanding Nmax yang 130… TAPI pcx dah pakai velg 14″ yang punya keunggulan lebih stabil dan lebih mentolerir jalanan ga rata dibanding velg yang lebih kecil diameternya.

Tampilan PCX tampak elegan, Nmax sporty klo ini soal selera sih…

Ada sedikit concern SF terhadap PCX… jika CVTnya plek dengan vario. Maka ada yang harus dibenahi… banyak kasus vario bergetar dan tersendat tersendat saat awal akselerasi, kemungkinan besar masalah pada kampas kopling yang permukaannya kurang luas. Semoga hal ini tidak menimpa PCX baru… solusi gampang… ahm jiplak saja kampas Nmax karena itu solusi yang diambil oleh pemilik vario lama ๐Ÿ˜†

Kapasitas bensin pcx 8 liter dibanding Nmax 6.6liter… cocok bagi orang yang males buang waktu di pom bensin

Nah sekarang masalah harga. Harga akan tidak beda jauh sekitar sejutaan untuk tipe terendah… inilah yang bakal telak memukul Nmax. Fitur PCX sepertinya cukup berlebihan dibanding selisih harga dengan Nmax.

Bagaimana prediksi SF….? Nmax bakal terpukul… akan di gerogoti bahkan pasarnya akan dirampok PCX , bukan mustahil PCX menggantikan posisi Nmax sebagai raja baru skutik selonjoran.

Terlambat…. terlalu pelit Yamaha memfacelift Nmax 2018… perubahan warna velg, shock tabung, tampilan speedo, dan desain jok akan susah digunakan untuk menangkis serangan PCX.

Meski performa Nmax sepertinya masih diatas PCX. Namun selama ini performa sama sekali tidak menjamin penjualan… ga percaya? Cek aja dah sendiri gimana penjualan beat vs mio, NVL vs CB gimana?!

Artikel diatas seakan SF mengagungkan PCX, namun knapa SF menganjurkan calon buyer untuk lebih baik membandingkan dulu secara langsung antara pcx dan nmax?. Kenyamanan bermotor bukan hanya dari baca artikel saja… coba sendiri… cocokkah dengan ergonominya, ketinggian kah, nyamankan…. gimana soal delivery powernya…, handlingnya? Sejauh mana calon buyer bisa mentolerir kelemahan produk yang akan dibelinya…. kalau sudah yakin dan cinta, lupakan opini blogger dan orang lain…. bukan mereka yang membelikannya untukmu.

Masing masing orang akan mungkin beda pendapatnya… opini dan kesan blogger juga akan beda dengan pembaca. Blogger mungkin sebagai pengingat …jangan emosional saat milih motor daripada menyesal kemudian. Motor ini ada ini itunya loh motor lain kagak…. ย motor ini kelemahannya ini loh….dll

Sebagai pemakai Nmax kok SF malah kliatan belain PCX… ini semata-mata biar yamaha sadar…. ย saingan mereka adalah pimpinan pasar! Kasih fitur lebih saja motor jualannya kalah bersaing dengan produk pimpinan pasar… apalagi kalau kalah fitur….

Nah kalau yamaha nambahi fitur Nmax paling tidak Nmax ga anjlok penjualannya, calon konsumen juga yang mesem… calon motor motor yang bakal dibeli fiturnya makin lengkap ๐Ÿ˜†

Trus SF sendiri milih mana? Ya tetep jajal dulu…. !

Klo katakanlah ga ada kesempatan jajal 2 2 nya … sepertinya pcx lebih menggiurkan

Tapi …Kondisi sekarang SF dah punya Nmax… motor ini sudah diset sesuai keinginan SF. Shock ganti super duper empuk, jok model sofa yang bikin terlena, windshield dah ditinggiin melindungi dada dari terpaan angin langsung, mesin dah disetting untuk perkotaan… cukup disayangkan jika ganti PCX.

Motor apapun punya kelemahan… kalau ngaku biker sejati bisa lah cari cara mengatasi kelemahan itu… kalau ga bisa ya…. ย life with it!

Artikel kritik honda yang mengeluarkan Scoopy memakai ban 12″ sudah hampir selesai dan siap publish… isinya mempertanyakan keputusan honda kenapa pakai ban berdiameter kecil… kan banyak kerugiannya… GC turun bikin motor gampang gasruk poldur dan ga tahan banjir, ban motor juga juga lebih gampang kejeblos lubang dan sensitif terhadap jalan ga rata.

Untung SF baca-baca dulu soal  scoopy baru ini. 

Diameter velg memang mengecil dari 14″ jadi 12″ tapi ban jadi jauh lebih gambot (lebih tebal dan profil tinggi). Akibatnya diameter luar ban ga beda jauh dengan versi lama. Bahkan scoopy baru ini GCnya 143mm alias lebih tinggi 3% dibanding scoopy lawas.

Strategi cerdas dari honda… tampilan makin stylist, buat nikung lebih safety, kontur jalan makin teredam oleh karet ban, dan motor sedikit lebih aman dari poldur.

Tapi bukan tanpa kelemahan ya… ban gambot perlu perhatian lebih terutama mengenai tekanan anginnya… kurangnya tekanan angin dikit saja pada ban gambot bikin motor berat larinya… boros deh…. 

image

Beberapa hari lalu ada seorang rekan yang telpon SF mengenai keinginannya upgrade bebek miliknya ke motor sport. pilihannya kalau ga NVL ya CB150SF… SF lantas tanya rutenya . Doi bilang rutenya penuh macet, apalagi pas puasa gini… pulang kerja dipastikan macet. Pertimbangannya memilih motor sport karena keinginan yang belum terpenuhi sejak bangku SMA.
image

Yo wis SF terpaksa crita kepahitan memakai motor sport saat jalanan macet total… apalagi memakai Ninja 250, Jiannn tersiksa bener.
Jalur SF yang dikuasai kontainer bener-benet stuck pada bulan puasa ini. Selap selip jelas nyaman memakai matic… SF menyarankan pilih matic dengan kapasitas tangki besar. tinggal modif ganti ban tubeless sedikit lebih lebar motor dah siap berjibaku dengan kondisi lalu lintas kota yang macet…
image

Jadi galau deh rekan SF ini… monggo silahkan pilih keinginan atau kebutuhan. Kalau ada dana dan kebutuhan lain tercukupi yo monggo beli keduanya… ๐Ÿ™‚

Yamaha beberapa tahun lalu hampir saja menjungkirkan tahta Honda di Indonesia melalui produk matic dan sportnya… ga salah juga sih Honda hanya jalan ditempat saat itu. Belum main di matic, jajaran motor lainnya cuma gonta-ganti striping doank. Yamaha masuk menawarkan sesuatu yang baru bebek sport diwakili MX, matic ada.mio, dan sport tentunya ada vixion .ย  Akhirnya upaya yamaha berhasil menguasai pasar matic dan sport tanah air. Bebek masih aman digenggaman honda, nah beruntung saat itu bebek masih jadi spesies yang terlaris. Continue Reading

Sabuk bekas yang terbuat dari kulit sayang untuk dibuang. Sifatnya yang kuat, empuk, sedikit elastis,mudah dibentuk dan tahan panas berguna di dunia permotoran. Misalnya jadi ganjal plat nomor agar tidak berisik, mengganjal bodi getar,serta ring untuk dudukan knalpot.
image

Kali ini SF contohkan pada suzuki spin. Beberapa hari ini SF memang belum bisa mengendarai motor karena operasi ulang penyakit yang SF derita. Otomatis yang sering pergi kemana-mana ada Bundafaiz dengan suzuki spin. Kemaren pagi tiba-tiba bunda mengeluh… suara spin ompreng-ompreng ga karuan, terlebih melewati jalan ga rata. Selidik punya selidik, baut cover knalpot kendor. Tinggal dikencengin SF kira beres. Suara berisik memang sedikit berkurang namun digas gedhe masih tetap terdengar bunyi berisik dari arah knalpot. Penyebabnya ternyata karet damper pada dudukan knalpot telah getas sehingga menipis dan getas menyebabkan knalpot bergetar hebat saat motor di gas besar dan melewati jalanan keriting.
image

Solusinya gampang. Sabuk kulit diguntingย  membentuk O-ring untuk mengganjal karet damper yang menipis tersebut.
image

Hasilnya maknyusss… bunyi aneh pada spin milik bundafaiz jadi sirna.

image

Melanjutkan artikel berturut-turut kemaren soal bahayanya matic yang salah satu sebabnya karena rodanya yang kecil sekaligus menjawab pertanyaan bro vanz21fashion, SF akan membahas kenapa matic penjualannya bisa booming bahkan sampai menggeser penguasaan motor bebek di indonesia.
Pertama : easy to learn and ride
Tanpa adanya perseneling, tinggal gas dan rem. Ini keunggulan utama matic. Ga salah dikota besar yang selalu macet saat jam sibuk matic menjadi pilihan utama.
SF beri sedikit cerita. Adik ipar SF (cewek) sebelumnya ga berani naik motor. Pertamakali nyoba spin milik bundafaiz langsung lancar. Nah begitu ketrima kerja dia memberanikan diri beli honda beat. mungkin dia seringkali melihat anak SD seliweran pakai matic. Masa kalah sama anak SD ๐Ÿ™‚ mungkin begitu pikirnya.
image

Alasan kedua : Kenyamanan
Selain bikin ga pegel kaki karena ga harus rem dan pindah gigi, bagi postur tubuh rata2 orang Indonesia, ergonomi matic sangat pas (kecuali buat SF yang segedhe beruang :mrgreen: ), terlebih posisi kaki bisa dirubah rubah. Mo riding ala harley bisa ala motogp juga bisa ๐Ÿ™‚ย  Sering SF liat Alay bergaya kaki nangkring di footstep boncenger ๐Ÿ˜† , ditunjang bodi ringan serta ban kecil makin enteng buat bermanufer.
Alasan ketiga : tren
Ga bisa dipungkiri, hal ini juga berpengaruh. Liat orang make dijalanan kok enak ya naik motor tinggal gas rem, tetangga juga pada beli, nyonyapun merengek minta beli, “beliin ya pa buat belanja dan nganter sekolah anak. Ga mau ah bebek ketinggian dan ga gaul”. Anak yang masih smp juga merengek ke bapaknya. “Pa temen2 klo sore hari pada jalan2 bawa matic nih, beliin dunk ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ” yo wis tak beliin”, pagi buat ibunda, sore buat anaknya (ilustrasi loh ya ๐Ÿ™‚ )
Alasan lainnya : fungsional, dan kedepannya matic makin ekonomis dan kencang.
fungsi banyak, antara lain bisa bawa blanjaan lebih banyak karena dek rata, bisa bonceng anak didepan (not recomended, tapi umum dilakukan) dan kedepannya matic makin irit dan kencang berkat injeksi.

image

Nah ini sebab penjualan matic makin mengalahkan bebek. Monggo kalo mau menambahkan

image

Sejak lahirnya spacy pertamakali, SF begitu yakinnya bakal menjadi booming di pasar skutik. Nilai plus berupa tangki bensin luas dan bagasi ekstra lebar merupakan fitur yang tak tersaingi kompetitor lain. Bahkan jika disuruh memilih matik untuk digunakan harian, tentu SF lebih memilih matik ini. Pertimbangan utamanya jelas 2 fitur diatas. SF sendiri kurang memfavoritkan matik sebagai motor harian karena tangki bensin kecil dan konsumsinya yang boros bikin sering mampir di pom bensin, sedangkan SF sangat..sangat…ย  benci jika disuruh antri di pom bensin yang managemen antriannya sangat amat parah! (Liat artikel SF terdahulu), namun spacy ini menawarkan sesuatu yang beda diantara kompetitornya, kapasitas bensinnya 5 liter bro! Kalau konsumsi bensinnya 40 km/ liter, SF cuma perlu isi bensin seminggu sekali untuk kegiatan operasional kerja ๐Ÿ™‚ . Emang matic ga perlu kenceng? Kalo buat SF sih ga perlu, asal bisa lari 80 saja dah bagus, maklum Jakarta macet pol :mrgreen: beda lagi ceritanya kalau untuk yang tinggal di kota yang minim macet.
image
Berkat keunggulan itu, saat ada teman minta pendapat soal matic, Motor inilah yang selalu SF rekomendasikan. Namun ternyata respon beberapa teman mengurungkan niatnya membeli matic ini dan lebih milih honda beat maupun mio, Apa alasannya? Kaki tidak bisa menapak sempurna pada tanah dan terlalu gambot! (Kebetulan temen SF tingginya kisaran 165cm). Bundafaiz yang SF tawarin spacy pun langsung menolak, ogah takut jatuh katanya. Tercatat sudah lebih dari 3 kenalan SF mengurungkan niatnya meminang matic ini. Meskipun ground clearance tergolong rendah (menurut TMCblog malah terlalu rendah sampai sering gasruk polisi tidur) namun karena joknya lebar bikin kaki rider :maaf: agak ngangkang saat menyangga motor. Untuk beberapa rider mungil terutama cewek, hal ini cukup jadi pertimbangan untuk meminangnya. Nah tantangan pabrikan Honda ataupun pabrikan yang lain, bagaimana menciptakan motor berbagasi dan bertangki bensin luas namun ga bikin kaki jinjit saat mengendarainya!?

image

Sori kalo artikel ini basi namun hanya ingin share pengalaman beberapa tahun lalu dan mungkin berguna bagi yang belum ngicipi naik matic. Sebenernya SF paling ogah beli skutik karena boros dan bannya yang kecil. Namun karena tuntutan bunda akhirnya terpaksalah beli matic bekas. murah euiyy cuma 6jt an udah dapet spin cw 2007 ( harga 2 thn lalu). Pengalaman pertama naik matik sempet kagok . Nyalain aja ga bisa, stater elektrik ga fungsi, di kick stater juga ga nyala! Eh ternyata harus di rem sambil distater. :mrgreen: He3… selanjutnya nyoba jalan lah kok waktu ngerem telapak kaki kanan ikut jinjit alias nekan dek!, kebiasaan motor konvensional rem belakang pakai telapak kaki kanan ๐Ÿ™‚ . Nah ini pasti terjadi pada orang yang baru naik skutik. Tapi emang ngeri juga ngebut pake skutik ini kecepatan 80 kerasa udah kenceng banget dan melayang. Mungkin karena ban kecil dan bobot ringan, belum lagi ga PD karena ga ada engine brakenya. Skutic emang cocok buat jalan nyantai di perkotaan. Tapi klo ane sendiri paling males pake skutik buat harian karena paling ogah tiap hari antri di Pom bensin. Skutik bener2 buat orang penyabar. ๐Ÿ™‚ย  Udah tangkinya rata-rata kecil, borosnya kaya motor smprot! Mending tiger ane ngisi bensinnya bisa 4 hari sekali ( jarak tempuh sehari 45km). Nampaknya hanya honda yang aware mengenai hal ini dengan mengeluarkan Spacy yang tangkinya gedhe dan irit. Yang lain pada kemana yahh…..?