membuat

All posts tagged membuat

Ertiga SF dah lama ganti bohlam lampu utama menggunakan Osram Nightbreaker. Tapi belum sempat bikin komparasinya dengan aslinya… saat buat perjalanan keluar kota kerasa banget bedanya. 

Nah kebetulan ada member Erci (thx to Christ. N. Hadi)  yang melakukan komparasi langsung pencahayaan ertiga standar dengan yang sudah ganti dengan Osram NBR… monggo intip saja bedanya

Kiri pencahayaan asli ertiga, kanan Osram NBR

Klau ditambahi relay , bisa lebih maksimal lagi tuh…

Niat beli cat condo kok harganya ratusan hingga jutaan rupiah… sayang lah mending buat mancing …. kwkwkkw… cat condo berfungsi sebagai tempat mainan kucing, tempat tidur , hingga tempat mencakar…. yang terakhir ini bikin sebel… gara2 kebiasaan kucing mencakar, sofa jadi hancur.

Memanfaatkan bahan-bahan yang ada SF segera memutar otak… 

Mending langsung saja dah SF rinci…. 🙂


Bahan yang dibutuhkan

1. 3 papan kayu segi empat . 1 potongan berukuran 40x50cm sebagai alas, dan 2 potong kayu 40x25cm. SF sendiri memakai kayu partikel bekas meja belajar yang telah roboh karena lapuk kakinya

2. Pipa paralon 1 Meter ukuran 2,5″ . Kalau yang ini SF pakai bekas packaging joran pancing yang dulu SF beli secara online.

3. Tutup/dop pipa paralon 6 biji ukuran 2,5″

4. Karpet

5. Skrup yang tidak melebihi tebal kayu

6. Tali serabut kelapa 50M (beli di toko online)

Peralatan yang dibutuhkan :

1. Bor kalau ada untuk memudahkan kerjaan (SF sendiri ga punya)

2. Obeng plus

3. Lem tembak

4. Gergaji

5. Karpet/handuk/keset

Selanjutnya langkah pengerjaannya….Lets go!

1. Potong pipa paralon dengan ukuran 40 dan 60 cm.

2. Lubangi tutup paralon seukuran diameter skrup sebanyak 4 lubang (atas bawah kanan kiri) … karena SF ga punya bor terpaksa memakai paku yang dipanaskan… gara2 ini butuh waktu lama.
3. Tutup permukaan kayu dengan karpet/handuk yang permukaannya harus lembut agar kucing betah duduk diatasnya. SF sendiri pakai keset merk indomart 2 biji…. kwkwkw. Untuk merekatkannya bisa memakai lem fox atau lem tembak

4. Posisikan 2 tutup paralon pada papan kayu yang besar (50x40cm) menghadap atas yang nantinya  berfungsi sebagai tatakan/dudukan tiang. Setelah posisinya pas, skrup masing masing tutup paralon dengan 4 buah skrup. 

5. Pasang tutup paralon pada 2 papan kayu kecil (40x25cm) pas ditengah tengah kayu menghadap bawah. Papan ini nanti berfungsi sebagai pijakan kucing (lantai 2 dan 3)

6. Agar kayu dasar ga langsung menyentuh lantai , SF pakai 2 buah tutup paralon yang masing2 SF belah dua, lantas diskrup di bagian bawah kayu dasar

6. Balutkan tali serabut kelapa dengan cara diulirkan rapat pada pipa paralon. Tembakkan lem pada awal tali, lalu ulangi tembakan lem setiap beberapa ulir. Sisakan beberapa cm di pangkal dan ujung pipa paralon karena bagian ini yang nantinya masuk kedalam tutup paralon.

7. Pasang pipa paralon pada tutup paralon.

8. Finishingnya , balutkan sisa tali serabut kelapa pada tutup paralon.

9. Sisa tali serabut SF gunakan sebagai bola mainan kucing

Done…

Lumayan nih bisa makan waktu seharian ngerjainnya… 

Model dan ukuran monggo disesuaikan… kalau ada papan lebih lebar bisa dibuat macam2 model… monggo saja googling cat condo… banyak modelnya

SF sangat dipusingkan dengan ikan laut yang merusak pemandangan didalam aquarium… persis ikan kali. Padahal dulu saat beli warnanya lumayan, kuning cerah plus ada aksennya biru nyala. Mungkin karena perubahan parameter air ,warna ikan jadi berubah.Untuk menangkapnya sangat susah karena lincah ikannya… tiap kali mau ditangkap sembunyi dikarang. Modiar kalau kudu bongkar jeroan aquarium :mrgreen:

Kebetulan SF nyasar di youtube channel yang menayangkan cara membuat jebakan untuk menangkap minnow(ikan kecil) yang akan digunakan sebagai umpan mancing. SF praktekkan ini di aquarium SF dan terbukti 100% sukses!!!
Modalnya cuma botol plastik bening bekas minuman mineral, gunting dan makanan ikan.
Stepnya…
1. Potong botol kira kira seperempat bagian dari ujung / lubang botol

image

2. Potongan botol yang ada lobangnya dimasukkan ke dalam badan botol dalam posisi terbalik.

image

3. Beri lubang lubang kecil pada badan botol agar ada sirkulasi air  yang nantinya berguna agar aroma umpan didalam botol menyebar keluar
4. Beri umpan didalam botol
5. Masukkan botol secara horisontal didalam aquarium.

image

Dalam 5 menit SF berhasil menjebak 2 ekor ikan , termasuk salah satu yang SF incer. Tinggal angkat dah jebakannya

image

Kalau sudah masuk jebakan ikan bakal kesusahan keluar…

SF pindahin ikan buluk ke tandon air laut, sekalian jadi petugas pembersih disono :), Nemonya balik lagi ke aquarium

Setelah beberapa kali jajal rancangan DB killer,  akhirnya SF nemu rancangan DB killer yang cocok meredam knalpot aftermarket Ninja 250.
DBkiller ini berbahan sarangan yang dimodel cone (merucut)   dan dimasukkan dari depan (pangkal)  silencer. Diameter cincin cone harus press dengan diameter sarangan didalam silincer…

image

Continue Reading

image

Artikel ini kelanjutan artikel sebelumnya (klik disini)  Namanya saja newbie jadi masih ada kesalahan saat pelihara kelomang. SF sendiri membuat crabitat dari sisa aquascape yang telah bubrah…
Berikut persiapan membuat crabitat (habitat buatan untuk hermit crab)  :
1.Pasir yang berfungsi bagi kelomang untuk menguburkan diri (karena stress, ingin ketenangan,  berlindung dari kelomang lain,  atau saat molting).  Fungsi lain adalah untuk mempertahankan kelembaban.  Berdasarkan literatur kelomang tidak boleh dehidrasi,  tempat hidup wajib lembab… Sesuai dengan habitatnya di pantai.  SF sendiri pakai pasir silica.
2.Tempat minum air tawar (hindari yang mengandung kaporit)  SF sendiri pakai air isi ulang. Sediakan juga wadah air laut (klo ga ada air campur garam ikan/garam non yodium) ini konon untuk membersihkan bakteri yang menempel.  Kelomang strawberry suka banget berendam air asin ini.
3.Ornamen untuk tempat sembunyi dan bermain.
4. Wadah makan.  Agar makanan ga mengotori crabitat.  Untuk makanan sendiri cukup gampang…  Apapun dimakan oleh kelomang.  Kelomang SF kebetulan suka banget roti tawar.  Pelet udang dan potongan pepaya baru disentuh saat roti abis.  Hasil baca 2 mereka menyukai kelapa, semangka,  wortel,  dll.

image

Continue Reading

image

Ga pernah SF kepikiran ganti selang rem atau kampas rem racing, dll untuk meningkatkan kepakeman rem. Terutama untuk rem depan yang paling berperan penting. Berdasarkan pengalaman SF cara mudah untuk meningkatkan pengereman bagian roda depan adalah mengganti piringan yang lebih lebar. Selain mendongkrak tampilan daya pengereman juga meningkat drastis.  Sebelumnya SF sudah sangat lama pakai metode memperbesar piringan cakram ini pada tiger . Karena terbukti ampuh SF terapkan juga pada Ninja 250… hasilnya ngerem cukup memakai 2 ruas jari. Untuk ngerem mendadak pun masih nututi. Klo ada budget lebih bisalah ditambah selang rem racing.. Continue Reading

image

Damnnn…!!! Bener-bener addicted alias bikin ketagihan hobi yang satu ini. Awalnya iseng nyenengin anak plus ngajari biar sayang binatang malah bapake yang ketagihan… semula cuma aquarium bulat kecil eh sekarang malah punya 2 aquarium full house :mrgreen: ini jeleknya dunia maya. jika iman ga kuat gampang terpengaruh… ! :mrgreen:
dua makhluk air tawar yang bikin SF terpikat adalah ikan discus dan udang hias. Dan karena kekonyolan SF, dua makhluk ini pernah SF gabung jadi satu, alhasil udang red cherry amblassss… discusnya sih hepi saja bahkan warnanya makin nyala lah wong udangnya sumber protein yang maknyussss 🙂 disamping itu ternyata kebutuhan 2 hewan ini berbeda, discus minta anget diatas 26°c minta dan udang minta dibawah 26° c. Hasilnya “terpaksa” bangun aquascape baru beberapa bulan lalu
Oke… mari proyek meracuni dijalankan :mrgreen:
Aquarium pertama untuk discus , ukuran p75cmx t40cmx L40cm lampu berkonsep middle-low light (kira2 0.62 watt/liter air), filter atas  , fan CPU agar suhu air ga terlalu panas, dan CO2 diy (kadang ga pake 🙂 ) hasilnya tumbuhan lambat tumbuhnya, serta terlihat beberapa jenis alga bersarang, ikan pemakan alga seperti LAE dan SAE malah bikin sisik discus terkelupas 🙁 akhirnya pake jasa keong turbo deh (lumayan kurangi lumut hijau tapi alga berambut masih menyerang), tumbuhan cuma bisa yang berwarna hijau tua sampai hijau muda karena ga memerlukan cahaya tinggi dan co2 berlebih, untuk moss cukup pakai jenis agar-agar. image Kalau pake moss berambut semacam java moss, peacock maupun xmas rawan terjerat alga. Harusnya air diganti 30% seminggu sekali namun karena sok sibuk hanya SF tambah air segayung/ hari ( menguap karena fan CPU), hasilnya ga begitu memuaskan tapi keindahan discus masih terekspose lahh… ga enaknya kondisi substrate dan daunan ga bisa kinclong karena feces discus gedhe-gedhe, dan kalo pas rebutan makan kibasan ekornya bikin kotoran dibawah terangkat :mrgreen:
Kurang puas sama hiasan aquascape discus di ruang tamu, SF pun bikin lagi aquascape p34cm, t25cmxL24cm (aquascape mini) beberapa bulan lalu (pembuatannya monggo diintip disini)

image

seperti biasanya awalnya pengen ngirit dengan CO2 bikin dhewe, tapi lagi-lagi karena racun dari dunia maya untuk menumbuhkan tumbuhan merah akhirnya terpaksa beli tabung co2 agar kadar co2 yang dibutuhkan tanaman tercukupi dengan stabil. Ternyata bener ya ngefek banget CO2 ini… :mrgreen: tumbuhan jadi makin berwarna dan cepat pertumbuhannya. Tumbuhan merah pun beranak pinak (red lotus).
image
Upgrade tank 2 selain di CO2 dan tanaman merah juga ada batang santigi ditancepin xmoss, batu putih, tanaman background, tambah hair grass, dan sudah berani miara udang  agak mahal yakni Red bee dan black bee (10rb /ekor) . Saat ini aquascape memang belum terbentuk sempurna karena co2 baru dipasang seminggu, meski Moss sudah keluar pucuk baru tapi belum terbentuk penuh , taneman ungu juga baru ditancepin minggu kemaren (entah bisa hidup ga, ga teliti belinya akar belum ada 🙁 ) tunggu artikel selanjutnya soal khasiat co2 dan ulasan pembuatan aquascape semi pro ala pemula 🙂

Klo sudah ketagihan ada sesuatu yang hilang jika sehari saja ga nyemplung 😆

image