merusak

All posts tagged merusak

Hati- hati gan jika pasang Spion R25 ke Nmax dengan cara melubangi bodi. Nmax SF sudah sekitar 2 tahun memasangnya. Nah beberapa waktu lalu timbul masalah berupa keluar bunyi getaran saat melewati jalan keriting.

Spion R25 plus dudukan untuk Nmax

Sempat SF pusing dibuatnya… cek dudukan plat nomor aman ga goyang, dudukan windshield rapat, spion juga kokoh. Akhirnya SF coba buka bodi Nmax bagian depan. Baru deh ketahuan masalahnya. Continue Reading

Namanya saja tankbag , harusnya tas ini ditempatkan diatas tangki motor. Tapi karena dasaran tas yang kasar jadi merusak tangki motor. Cat tergores dan stikerpun bisa rusak.Hal ini terjadi pada ninja SF.


Akhirnya tankbag kini beralih fungsi menggantikan posisi box belakang SF yang rusak engselnya. 


Karena bagian belakang /sayap tas ini berisi magnet, pemasangannya pada braket box cukup mudah. Sayap tinggal ditekuk dan ditempelkan pada braket besi. Kuat melekat! SF tarik paksa dari belakang saja cukup kuat. 

Entah sudah berapa kali SF mendengar kabar bahwa bensin shell merusak kendaraan… Baru- baru ini rekan SF satu seksi motor vespanya macet pistonnya setelah pakai bensin Shell super. Montirnya menduga karena ga cocok dengan bensin shell super.

Ada lagi pengakuan pemilik Suzuki xl7 yang kebetulan ganti BBM shell langsung kena fuelpumpnya… 

Lantas bagaimana menurut pendapat SF?…. 

SF ga berani berpendapat aneh-aneh ntar kena UU ITE :mrgreen: .. cukup share pengalaman saja…

3 motor SF yang sering SF pakai adalah tiger 2004, Ninja karbu 2009, Nmax 2015. Cukup rasanya mewakili 3 generasi dan 3 jenis berbeda. Ketiga motor tersebut langganan menggunakan shell.

-Tiger motor turing jadul karburator dengan kompresi rendah, BBM paling sering menggunakan shell super

-Ninja 250 motor sport karburator kompresi tinggi BBM seringnya memakai Shell Vpower

-Nmax motor modern berinjeksi kadang menggunakan shell super kadang Vpower

Ada masalah terkait penggunaan BBM shell? Nope tidak ada sama sekali… motor tetap segar bugar ga pernah ada masalah… jadi isu terkait bbm shell merusak kendaraan bagi SF tidak terbukti. Secara feeling sih perbandingan  shell dengan produk pertamina yang punya oktan sejenis, sama saja performa dan keiritannya… 

lantas kenapa pakai shell? Karena shell menganggap konsumen adalah raja lihat saja pakaian pegawainya rapi penampilannya juga menarik, Pom Bensinnya luas dan  tempatnya lebih rapi dan bersih, antrian lebih sedikit. Diskriminasi mobil dan motor kurang terasa disini… seluruh pegawai nampak sibuk melayani konsumen…ga seperti karyawan POM bensin pertamina… ada karyawan yang kewalahan melayani konsumen, ada juga yang nganggur menunggu mobil datang … 

Beberapa waktu lalu SF melakukan perawatan rem depan tiger dengan mengganti kampas rem depan sekalian kuras Rem yang SF lakukan sendiri. Mungkin kurang hati-hati , minyak remnya nyiprat kemana-mana. Setelah servis ringan itu motor kembali mangkrak beberapa minggu. Lebih enak Nmax buat keseharian 🙂

image

Continue Reading

Dulu saat masih tinggal dikawasan dukuh kupang dengan jalan belum diaspal, kerjaan rutin ortu pagi dan sore adalah menyirami jalan depan rumah dengan air kran… tujuannya biar mengurangi debu dan biar seger hawa didalam rumah… sekarang sih dah ga pernah lagi.. wong dah diaspal. 🙂

Nah kebiasaan menyirami jalan depan rumah bagi beberapa orang menjadi kebiasaan, tak peduli meski jalan depan rumah sudah beraspal… kebetulan ada tetangga sekomplek yang melakukan ini…
jujur saja SF kurang sreg dengan kondisi seperti itu… lebih ke pemborosan dibanding manfaatnya..
motor SF kan jarang dicuci tuh… sekalinya dicuci maunya awet bersihnya… :mrgreen: eh keluar komplek dah kena jalanan becek… klo ketemu jalanan becek gini biasanya SF memperlambat motor sembari menaikkan kaki setingginya (jika pas naik ninja atau tiger) sayang celana kerja kalau sampai kotor. Pualing sebel kalau kita udah pelan rider lain dengan nyantainya nyalip… nyiprat dahhh..
Ada lagi yang keterlaluan, beberapa kali SF jumpai  warga membasahi jalan dengan air selokan… makin ga jelas lagi tujuannya… menyebarkan najis kemana-mana
Pengguna jalan banyak yang dirugikan , sedangkan yang merasa diuntungkan cuma pelaku (mbuh ga jelas untungnya)
penyiraman jalan beraspal  juga bikin lapisan aspal cepat mengelupas.
Berikut SF sampaikan alasannya (diambil dari kaskus)

Original Posted By oytes.auditore 
Betul gan, Kebetulan sesuai bidang ane nih,
air bisa mempercepat pengelupasan aspal, Tau kenapa ? karena aspal itu adalah campuran yang terdiri dari bitumen dan mineral. Bitumen adalah bahan yang berwarna coklat hingga hitam, keras hingga cair mempunyai sifat baik larut dalam Cs2 atau CCL4 dengan sempurna dan mempunyai sifat lunak dan tidak larut dalam air, ter adalah bahan cair berwarna hitam tidak larut dalam air, larut sempurna dalam Cs2 atau CCL4, mengandung zat-zat organik yang terdiri dari gugusan aromat dan mempunyai sifat kekal.
So terutama pada saat siang hari, suhu aspal akan naik beberapa bahkan mencair, saat kita siram aspal itu maka aspal cair tersebut akan terkelupas dan menempel pada krikil yang ikut lepas, lama kelamaan aspal tersebut bisa rusak. Akibatnya ada terjadi yg disebut “retak rambut”, “retak buaya”, dll sehingga menimbulkan alan berlunang 

Pelaku penyiraman selain pemilik rumah tinggal, juga banyak dilakukan oleh warung-warung kecil.. biasanya sih air kotor bekas cuci piring yang dibuang dijalan….
Kemprohhh…

image

Roofrack sangat dibutuhkan saat perjalanan jauh lintas kota dalam kondisi full loaded. Ruang kabin dioptimalkan untuk kenyamanan penumpang sehingga barang perlu di letakkan di atap mobil.
Namun saat rack atas tidak dibutuhkan, lebih baik dilepas saja dengan alasan sebagai berikut.
1. Pemasangan rak atas sedikit mengganggu aerodinamis serta menimbulkan bunyi mendesis dari angin yang menerpa roffrack saat mobil melaju pada kecepatan diatas 100kpj
2. Crossbar sebagai dudukan roofrack yang modelnya menjepit bagian atas pintu mobil berpotensi merusak cat maupun seal /karet pintu jika dipakai dalam jangka waktu lama. Alhamdulillah selepas mudik kemaren setelah SF lepas crossbar+roofrack tidak ada tanda kerusakan bodi maupun seal karet pintu. Mungkin karena sebelumnya SF lindungi pengait/dudukan crossbar dengan karet sehingga aman tidak menggores cat ( baca disini )

image

3. Crossbar+roofrack lumayan menambah beban mobil serta merubah titik berat mobil sehingga sedikit mempengaruhi kestabilan mobil
4. Baut-baut serta beberapa komponen crossbar/roofrack yang terbuat dari besi, rawan terkena karat jika terpapar sinar matahari dan hujan dalam jangka waktu lama.. sehingga bisa mempengaruhi keindahan mobil. Mending dipakai saat dibutuhkan saja.

image

Untuk melepas crossbar dan roffrack ini perlu 2 orang berpostur agak tinggi (1 sisi per orang) , prosesnya sangat amat mudah dan cepat…. ga sampai 5 menit. Buka semua pintu mobil , buka kunci crossbar, kendorkan salah satu sisi pengait (depan belakang) dengan switch yang tersedia. Setelah satu sisi terlepas, sisi lainnya tinggal tarik saja hingga pengaitnya lepas dari atap mobil.

image

Tahun depan dipakai lagi deh 🙂

image

Lebaran hampir tiba, saatnya mobil dipersiapkan untuk mudik. Salah satunya adalah menambah rak atas agar ruang kabin makin lapang.
Untuk mobil yang tidak punya rail bar diatas, harus beli cross bar yang akan dipasang melintang diatas mobil sebagai dudukan rak.
Dudukan crosbarr yang mencengkeram bodi inilah yang dikhawatirkan menggores bodi mobil. Untuk itu diperlukan trik untuk melindungi bodi mobil. Caranya gampang pakai doubletape spons saja. Tinggal dilapis deh dudukan crosbarnya dengan double tape.

image

Selanjutnya SF share tips untuk memasang rak pada mobil.
1. Pelajari dulu bagian atas mobil, dimana crossbar nanti di tempatkan. Setelah itu ukur pakai meteran.
2. Ada baiknya rak di satukan dulu dengan crossbar sebelum dipasang diatas mobil berdasarkan jarak yang yang telah diukur sebelumnya. Kalau ga mau besi crossbar lecet bisa kembali memakai double tape. Atau pake karet ban juga bisa..

image

3. Pelajari dulu bagaimana cara kerja dudukan crosbarr. Dimasing masing ujung crossbar terdapat plat bergerigi yang nantinya saling menarik antara sisi kanan dan kiri sehingga mampu mencengkeram kuat bodi mobil diatas pintu. Untuk menarik kedua plat ini dilakukan dengan mekanisme jungkitan. Jungkitannya berada di atas plat bergerigi. Sebelumnya buka dulu penjungkitnya dengan anak kunci yang telah disediakan. Nah didalam mekanisme penjungkit ini ada switch yang bisa digeser ke sisi dalam dan sisi luar. Posisikan switch ke posisi luar untuk menarik plat, dan kedalam untuk mengendorkan plat.

image

4. Pasang rak diatas mobil. Nah kalau ini harus dilakukan oleh dua orang. Keduanya bersama sama memompa jungkitan penarik plat agar plat memendek dan mencengkeram bodi mobil. Saat memompa tekan plat pencengkeram agar plat ga mudah kendor. SF sengaja memposisikan rak agak kedepan agar mobil SF yang berpenggerak rodak depan ini terjaga traksinya.

Beginilah hasilnya…

image

Kata ipar SF penampilan mobil jadi aneh… klo SF mah cuek… yang penting fungsional.

image

Geleng2 kepala baca motorplus online judulnya Suzuki Satria FU-150 228cc buat Turing. Speknya mesin modif gila-gilaan sampai 228 cc , kompresi 12:1, pengapian dan pembakaran tentu juga ga standar. Yang bikin ngeri bukan hanya itu, motor yang juga sering buat turing ini menggunakan kaki sebagai berikut :
Ban depan : Yoko 50/90×17
Ban belakang : Power tread 60/90×17
Pelek depan : TK Exel 1,20×17
Pelek belakang : TK Exel 1,40×17
Mungkin ridernya punya ajian tahan banting dan anti peluru 😆

image

image

Eneg juga saat beberapa menit lalu liat acara sulap di salah satu stasiun tv swasta. Ada adegan berbahaya pesulap ngebut pakai ninja 250 full modif. Bener2 kaya biker 4l4y yang ngebut tanpa pake pengaman sedikitpun (termasuk helm) nabrak rintangan yang terbuat dari pintu kertas. Sok gaya sok keren pake ninja modifan yang ditekuk spionnya seperti rider ninja 250 pada umumnya, pake acara latebreaking segala. :mrgreen: Klo pas apes nabrak frame pintunya gimana? Acara-acara kaya gini nih yang ngrusak moral berkendara rider- rider labil.
image
Sudah beberapa kali SF saksikan acara TV entah sinetron, dakwah kah ato lainnya pake adegan rider motor tanpa pakai helm di jalan raya. Emang tayangan kaya gini ga ada sensornya ya? Sutradaranya orang berduit semua kali, yang kemana-mana pake sopir jadi ga tau aturan berkendara? Cape deh…!!!

Saat Smartf41z menyatakan kekagumannya terhadap Honda PCX BundaF41z langsung mencak-mencak. Takut kalo ane bakal maksa beli PCX, (emang pake daun belinya, he3…). Namun begitu bini liat PCX baru milik tetangga langsung jatuh hati juga, bahkan kalo tau dari awal PCX emang keren mending milih PCX daripada Ninja 250. Glodagh!!!! Untung dah beli Ninja duluan. 😆 Bini sebel kali  dibonceng Ninja ternyata ga nyaman. Selang beberapa hari kemuadian PCX itu udah berubah lebih elegan dengan pasang striping putih. Kerennn.

kesan lux dan elegan hilang gara-gara knalpot racing

Minggu kemaren dibikin sebel sama ulah motor pake knalpot racing ngegas-ngegas ga jelas didepan rumah. Awalnya ane kira bebek kuli bangunan depan rumah yang pake knalpot racing. eh ternyata PCX baru tetangga sebelah baru ganti knalpot racing. Duh langsung ilfil jadinya. Tampilan buritan jadi tambah kurus karena knalpot racing itu, suaranya jadi kaya matic biasa pake knalpot racing . PCX kan laku karena tampilannya yang lux seperti motor mewah yang cenderung elegan. Lah kok malah ganti knalpot racing. PCX mah bukan matic sport, kalo cari kenceng-kencengan beli aja mio ato spin, PCX ga bisa kenceng keberatan bodi. Sayang…. kesan luxurius dan elegan PCX jadi hilang.

Sedikit melenceng dari topic,beberapa minggu lalu rekan kerja Smarf41z disalip CBR250 pake knalpot racing, waktu meraung dibelakang dikira bebek pake knalpot racing, begitu nyalip kenceng eh ndilalah CBR 250… sayang juga ya 1 silindernya ternyata ga cocok pake knalpot racing jadi kaya motor biasa, jangan dibandingkan dengan ninja yang pake knalpot racing loh ya . Apalagi pergantian knalpot racing pada CBR ga pengaruh banyak (cuma 1 hp-an) karena ICU CBR ga bisa diutak-atik. Mending klo mo ganti knalpot model silent sport aja deh.