mobil

All posts tagged mobil

Budaya ngeyel/ngotot padahal bersalah, rupanya ga hanya menjangkiti kaum pemotor… pemilik mobil mewah juga demikian. Kejadian  kemaren…. ada dua mobil yang berhenti di jalur padat selepas RS duren sawit. 


SF lewati saja mobil belakang tanpa halangan karena masih menyisakan jarak cukup dengan metromini yang jalan disebelahnya… saat akan salip mobil didepan tiba-tiba pengemudinya buka pintu dan keluar mobil tanpa babibu dan tanpa memperhatikan situasi belakang. Jelas saja SF langsung mengerem mendadak… untung saja Nmax yahud soal pengereman 🙂 . SF cuma berujar… “ealahh pak…pak….! ” sembari mengharap permintaan maaf…

Bukannya minta maaf, si pengemudi malah nyolot… “saya kan sudah ngasih lampu hazard!” Dengan raut wajah kurang simpatik. Sudah gitu dianya ga mau minggir setelah tutup pintu mobilnya…. daripada emosi SF meledak SF , sengaja SF serempet pengemudi ngeyelan itu dengan spion lipat Nmax. Dia pun melompat kesamping dan kena spion nmax. 

Hheuuhhhh.. ga lolos lagi uji kesabaran. Udah nahan emosi saat lolos dari celaka, si pengemudi mobil malah nyolot… ya kesulut sumbunya…. 

Ada alasannya mobil SF diparkir diluar padahal ada garasi. Adalah seorang tetangga kaya raya yang punya 3 mobil dimana garasinya cuma 1… akhirnya kedua mobilnya parkir depan rumahnya dan dikanan kiri depan rumah tetangganya.

Jalan didepan rumah SF diperuntukkan khusus penghuni sederet dengan rumah SF . Ada 2 jalan yang masing masing bisa untuk papasan mobil. Jadi meski SF parkir diluar rumah mobil masih bisa lewat (meski jarang karena rumah pojokan)

Jika mobil SF ditaruh didalam carport. Tetangga tersebut akan parkir di seberang rumah SF karena disitu ada pohon rimbun. Akibatnya nyonya yang setiap siang hari jemput sekolah faiz kerepotan untuk mengeluarkan mobil. 

Karena SF parkir pas depan rumah, Tetangga  tersebut akhirnya parkir didepan tetangga lain. Sering kali terjadi jalan tersebut ga bisa dilewati mobil karena mobilnya memenuhi ruas jalan… untung masih bisa lewat sisi jalan yang lain. 

Entah sudah berapa kali SF mendengar kabar bahwa bensin shell merusak kendaraan… Baru- baru ini rekan SF satu seksi motor vespanya macet pistonnya setelah pakai bensin Shell super. Montirnya menduga karena ga cocok dengan bensin shell super.

Ada lagi pengakuan pemilik Suzuki xl7 yang kebetulan ganti BBM shell langsung kena fuelpumpnya… 

Lantas bagaimana menurut pendapat SF?…. 

SF ga berani berpendapat aneh-aneh ntar kena UU ITE :mrgreen: .. cukup share pengalaman saja…

3 motor SF yang sering SF pakai adalah tiger 2004, Ninja karbu 2009, Nmax 2015. Cukup rasanya mewakili 3 generasi dan 3 jenis berbeda. Ketiga motor tersebut langganan menggunakan shell.

-Tiger motor turing jadul karburator dengan kompresi rendah, BBM paling sering menggunakan shell super

-Ninja 250 motor sport karburator kompresi tinggi BBM seringnya memakai Shell Vpower

-Nmax motor modern berinjeksi kadang menggunakan shell super kadang Vpower

Ada masalah terkait penggunaan BBM shell? Nope tidak ada sama sekali… motor tetap segar bugar ga pernah ada masalah… jadi isu terkait bbm shell merusak kendaraan bagi SF tidak terbukti. Secara feeling sih perbandingan  shell dengan produk pertamina yang punya oktan sejenis, sama saja performa dan keiritannya… 

lantas kenapa pakai shell? Karena shell menganggap konsumen adalah raja lihat saja pakaian pegawainya rapi penampilannya juga menarik, Pom Bensinnya luas dan  tempatnya lebih rapi dan bersih, antrian lebih sedikit. Diskriminasi mobil dan motor kurang terasa disini… seluruh pegawai nampak sibuk melayani konsumen…ga seperti karyawan POM bensin pertamina… ada karyawan yang kewalahan melayani konsumen, ada juga yang nganggur menunggu mobil datang … 


Atap mobil adalah bidang cukup luas. Banyak yang bisa dieksploitasi di area ini… SF beri contoh beberapa variasi yang bisa ditemplokin di atap mobil

1. Antena

Antena standar sering mengganggu pemilik mobil yang sering memakaikan selimut mobil untuk kendaraannya… banyak yang mengganti antena ori model stik menjadi model sirip hiu, agar tidak mudah patah atau merobek selimut mobil… bukan hanya bermanfaat menangkap sinyal radio, antena ini juga mempermanis tampilan.

2. Roof rail

Variasi yang membujur dari depan ke belakang. Kebanyakan roofrail variasi ditempel ke atap mobil menggunakan double tape. Untuk gaya sih oke, tapi tidak direkomendasikan untuk membawa barang bawaan . SF pernah menyaksikan sendiri roofrail lepas saat digunakan membawa beban berat. (Klik disini ). Beda dengan roofrail bawaan asli mobil. Biasanya sudah dibaut ke atap mobil. Jadi kalau ingin kuat, kudu rela bolongin atap mobil saat pasang roofrail

Roofrail bawaan taruna, crossbar,roofrack

3. Crossbar

Berupa sepasang besi melintang diatap mobil. Gunanya sebagai alas/tatakan roofbox/roofrack atau lampu offroad…atau hanya sebagai pemanis. Dudukannya bisa di roofrail bawaan mobil, atau di jepit diatas pintu.

4. Roofbox

Box dari plastik/fiber untuk menyimpan barang diatap mobil. Biasa dipasang diatas crossbar. Barang lebih aman ditaruh diatap mobil karena melindungi dari hujan dan maling karena box tertutup.

5. Roofrack

Rak yang dipasang diatas mobil berguna menampung barang-barang. Biasanya dipadukan dengan terpal atau roof bag untuk melindungi barang dari hujan

6. Roofbag

Tas besar untuk menyimpan barang-barang diatas mobil. Biasa ditaruh diatas rak mobil/roofrack. Pemasangannya mudah karena tinggal “klik” kan tali2nya ke bodi roof rack. Kelebihan dibanding roof box yakni bentuk tas bisa menyesuaikan bentuk barang, dan tidak butuh ruang penyimpanan yang besar. Karena saat dilipat bentuknya sebesar tas sekolah.

7. Windshield

Beberapa pengguna crossbar mengeluhkan suara turbulansi angin pada kecepatan tinggi, windshield ini digunakan untuk aerodinamika dan menghilangkan suara angin.

8.Spoiler

Spoiler atau sayap belakang dalam dunia balap berfungsi menambah kestabilan dan daya cengkeram mobil saat kecepatan tinggi, kalau buat harian mah buat gaya gayaan kali yak…. 🙂 . SF juga pasang di ertiga (klik disini ) biar ga bosen liat pantat ertiga yang terlalu minimalis.
Selanjutnya SF bagi Tips menaruh barang diatap mobil untuk perjalanan jauh :

1. Ingin pasang box mobil? Tinggal beli cross bar dan boxnya. Di toko online ada merk lokat yang sepaket harganya kurang dari 3 jt

2. Barang yang dibawa dimensi besar namun ringan. Modalnya pake cross bar , roofrack, kalau ingin barang terlindung dari hujan tambahi terpal+tali atau roof bag. 

SF Sendiri cukup nyaman memakai crossbar, roofrack dan roofbag… sudah ada 6 kali mudik PP Bekasi-Surabaya dengan menaruh barang diatas mobil (3 kali dengan taruna, 3 kali dengan ertiga), tidak pernah mendapat masalah berarti. Paling paling barang ada yang sedikit basah saat hujan deras. Handling dan performa memang sedikit terganggu tapi hanya pada kecepatan tinggi. Enaknya kabin didalam mobil sangat lapang…. anak anak ga berebut jok untuk tidur nyaman… bahkan SF sering lipat jok tengah ertiga saat mudik, buat tempat tidur anak2. Mudik lebaran lebih dari 24 jam dah biasa dijalani… anak2 ga ada yang protes tuh…. 

Jadi sayang kan jika atap mobil seluas itu ga dimanfaatkan

9 tahun SF pakai lampu H4 pada tiger (reflektor 7″ autopall punya jimmy). Baru kmaren bohlamnya putus. Ada keuntungan penggunaan reflektor dan lampu mobil untuk motor.

1. Jauh lebih terang. 

Mengingat lampu mobil berdaya 60/55watt, dibanding orinya 36,5/35watt. Karena itu, SF ganti lampu kota dan lampu rem pake led agar ga tekor

2. Jangkauan luas
Saat lampu ori hanya sanggup menyinari 1 jalur/1 ruas jalan, lampu mobil sanggup 1,5-2 jalur/ruas jalan. Jadinya saat turing melewati hutan/pegujungan yang minim penerangan sangat membantu. 

3. Fokus dan tidak menyilaukan

Cahaya padat bertumpu pada fokusnya… sangat minim kebocoran cahaya diluar fokus. Karena itu ga bikin pengendara lawan arah silau

Kalau honda tiger lawas, tinggal belikan reflektor dalam dengan punya jimmy ukuran 7″. Sedangkan ring luar pake punya ori tiger… trus jangan lupa pasabg relay biar maknyusss….Monggo dijajal … 

Sebenarnya dah sering SF lihat innova lepas spakbor depannya, rata-rata saat perjalanan diluar kota… sebagian besar yang SF sering liat sih kiri depan. 

Nah Senin kmaren baru deh bunda berhasil shoot penampakannya saat menuju tangerang.

Bahan kepet yang lentur mungkin kurang kuat menahan cipratan kotoran dan angin, akibatnya pengaitnya gampang lepas.

Mungkin jadi pelajaran bagi pemilik innova untuk ngecek spakbor depannya saat akan bepergian jauh. 

Setelah punya Taruna lantas ganti Ertiga SF merasakan perbedaan yang mencolok yakni gigi bawah ertiga nafasnya lebih panjang dibanding taruna  . Saat kmaren seharian berkesempatan jajal Proton Exora 2011 milik kerabat SF , lebih kaget lagi… gigi bawahnya sangat amat panjang. Beberapa kali SF sempat kecele, SF kira salah masuk gigi 4 setelah gigi 1… eh ternyata dah bener 2 , ini karena mobil ga mau melaju bahkan nglitik saat dipaksa akselerasi di gigi 2… jadi penggunaan gigi satu jadi sangat dominan diperkotaan, tapi akselerasi awal sedikit berat. Enaknya mesin ga terlalu sering meraung  dan terlalu sering pindah gigi kalau nyetirnya nyantai

Entah karena mobil dah berumur atau bawaan dari sononya. Kopling dan persenelengnya cukup keras bahkan lebih keras dibanding taruna 2003 milik SF dulu. Satu lagi yang menarik… tuas saklar lampu/sein dan wiper tidak seperti mobil jepang dimana wiper dikiri dan lampu/sein dikanan. Awal mau jalan langsung salah nyalain wiper padahal mau ngesein. :mrgreen:

Suara mesin terdengar sedikit mendengung masuk kabin, tapi masih ditolerir. Kenyamanan kabin cukup lumayan sih, AC juga cepet dingin. Tapi karena konsen SF terpecah pada setelan kopling yang sangat cekak (dilepas dikit mobil dah melaju, jadi beberapa mati mesin dah…bkwkwkw) jadi agak kurang perhatian pada kenyamanan. Tapi jelasnya anak dan istri merasa nyaman , sama kaya ertiga katanya.. shocknya juga empuk.

Posisi driving bisa dibilang mirip ertiga , lebih ke sedan dibanding MPV. Dan SF ga merasa sedang menaiki mobil yang LEBIH LEBAR dibanding Innova. (Gak percaya monggo googling dhewee ) pantes saja kemaren saat keluar rame-rame ga merasa dempet-dempetan. Dashboard lumayan lah… ga terlalu ketinggalan untuk ukuran mobil keluaran 2011. Electric mirror dah ada, power windows dan central lock jangan tanya…pasti ada lah…. 

pintu belakang dibuka keatas, persis ertiga, pegas penyangga sangat kuat menyangga pintu belakang sampai mentok. Ga seperti ertiga yang pegas pintunya sangat letoy ga sanggup menyangga penuh pintu ertiga.

Saat naik Innova , SF merasa kurang PD di kemacetan juga untuk nyelip. Begitu naik Exora nyaman- nyaman saja nyelip di kemacetan. Mungkin karena lebih rendah kali ya. 

Exora bisa jadi alternatif bagi yang ingin mobil 7 seater yang lega (bisa 8 seater kali ya 🙂 ) dengan harga yang lebih terjangkau dibanding Innova. 

80 juta untuk  exora keluaran 2011, beruntung kerabat SF ini dapat mobil yang kondisinya tergolong mulus dan terawat.

Diesel terkenal dengan mesin yang mengasilkan torsi besar dan irit, cocok untuk mobil yang biasa bawa beban berat seperti mobil niaga dan mobil penumpang. Dengan torsi besar , mobil berasa lebih santai menghela beban berat. Iritnya jelas… effisiensi diesel lebih baik dalam mengubah campuran solar + udara menjadi tenaga. Iritnya diesel nah ini yang dicari…. tapiiii.. mesin diesel modern seperti technologi yang akan dipakai ertiga ini butuh solar yang berkualitas…  harganya pertamina dex diatas pertamax 92.  Efek penggunaan solar murah silahkan baca disini . Jelasnya kudu ada penyesuaikan bagi ertiga diesel agar bisa menenggak solar murah.

Kasus di India, ertiga diesel menjadi mobil yang banyak direkomendasikan…lah solar disana jauh lebih murah dibanding bensinnya… bahkan disono ertiga diesel dibandingkan dengan innova diesel . Yang mengejutkan performa lebih baik ertiga begitu juga konsumsi bahan bakarnya…  nih contoh reviewnya


Nah kalau dibandingkan ertiga bensin kira-kira gimana ya…?

Ertiga diesel akan menawarkan keiritan lebih baik, mesin lebih bandel dan harusnya lebih hemat perawatannya, torsi lebih besar yang akan berpengaruh saat membawa beban berat, namun ada hal yang akan mengganjal penjualanannya… suzuki belum berpengalaman dengan mesin diesel, harga ertiga diesel lebih mahal (mengacu chev spin bisa selisih 25 jt antara mesin bensin dan dieselnya). Ertiga bensin juga bukan mobil yang terkenal boros… bahkan beberapa tahun belakangan jadi mobil teririt kelas MPV, performanya sedikit lebih baik dibanding diesel, getaran mesin bensin lebih kecil dibanding diesel . 

Akan jadi masalah lagi jika sampai ertiga diesel tidak direkomendasikan pakai solar murah… makin bimbang calon buyernya… suzuki kudu bikin penyesuaian disini… ataukah mungkin seperti spin diesel yang mesin sama dengan ertiga diesel namun di Indonesia power tersunat jadi 75 ps . (Ertiga diesel di India powernya 90 PS ) agar bisa telan solar murah?

Sekarang bagaimana jika SF yang ditanyai…. ? 

Bakal milih innova diesel modif alto… kwkwkwkwk… ngaco…! 😆 

sepertinya bakal tetep milih bensin… harga jelas lebih murah dibanding diesel dan dapat fitur sama pula.  Tingkat keborosan versi bensin masih ditolerir 🙂 ertiga SF klo ke Surabaya MID biasa kena sekitar 1:17 , performa lebih dari cukup, BBM premium sampai pertamax plus ga ada masalah,  suzuki terkenal murah perawatannya, dannn…. alasan sepele, nyonya ga suka bau hasil pembakaran solar.

Urusan urut kabel bisa menjadi hal yang merepotkan dan bikin puyeng. Ada beberapa alat bantu yang mempermudah kerjaan itu…

1. Diagram kelistrikan. Dari diagram tersebut kita jadi mengetahui arus perkabelan… mana yang positif, negatif, mana yang masuk/keluar saklar menuju ke alat kelistrikan (klakson, lampu, dll). ini contohnya

2. Alat tes arus listrik

Beli saja rumah lampu T10 beserta lampunya. Tapi karena nanggung (sudah ote2 alias telanjang dada) dan motor dalam kondisi bongkaran, SF pake lampu T10 yang disambung langsung ke sepasang kabel. Salah satu kabel dibaut saja ke salah satu baut yang terhubung bodi atau disambung ke kabel negatif, nah satunya bebas bisa ditempel ke kabel yang mengandung arus untuk pengecekan… disini kita bisa tau komponen kelistrikan yang bermasalah… misal saja…. kabel masuk ke arah saklar setelah di colok tester ternyata nyala, tapi keluaran dari saklar mati… berarti sklar bermasalah. Dll

SF yang dasarnya ga ngerti elektronik , jadi terbantu dengan 2 hal diatas

Cuci dan bongkar motor adalah aktivitas rutin yang SF lakukan di jaman SMA dan Kuliah. Sekarang? Males dan sering ga sempetnya…..


 

Nah mumpung hujan deres dan belum mandi sedari pagi… sabtu siang ini SF putuskan cuci 4 kendaraan SF…. kluarin keempatnya di pelataran (eh ertiganya di luar ding) . Biarin dulu sebentar biar hujan deres membasahi semua bagian… semprot dikit bagian kolong yang ga kena hujan, trus di bersihkan menggunakan spons yang telah dicelup air+ shampo. 

Setelah itu biarkan hujan deras yang membilas…. kwkwkq… SF tinggal mandi dah.

Setelah hujan reda entar tinggal semprot dengan air sampai seluruh bagian motor dan mobil (karena air hujan gampang bikin karat). Trus di lap dah…

Irit air…. motor dan mobil juga lebih kinclong. Kwkwkw.

Aktivitas mencuci saat hujan juga ga mengorbankan waktu keluarga… bisa ngajak anak2 hujan-hujan juga, pasti seneng mereka  🙂