Arm tiger standar ternyata muat ban gambot ukuran 150

Lihat di group honda tiger di fb dapat info yang bikin kaget… arm tiger standar ternyata muat ban ukuran 150.
Selama ini ban maksimal yang bisa dipakai pada honda tiger yang memakai velg lebar 17″ adalah ukuran 130. Itupun bibir ban sedikit kena rantai, sehingga lama-lama sedikit tergerus. Itu jika velg aftermarket yang dipakai diperuntukkan untuk tiger.

Continue reading “Arm tiger standar ternyata muat ban gambot ukuran 150”

Sidebox – sebuah keinginan yang sirna

image

Saat pertama gabung HTML chapter Surabaya sekitar 3 tahun lalu sempat kepengen pasang sidebox di tiger kesayangan. Kesannya motor jadi gagah. Apalagi muat barang banyak, berguna banget saat turing. SF pun bertekad bakal pasang sidebox saat ada rejeki lebih. Setelah punya anak-istri, kegiatan turing SF otomatis berhenti total. Apalagi sekarang ane pindah ke Jakarta karena tuntutan pekerjaan. Jalanan sangat ga nyaman untuk berkendara. Keinginan pasang sidebox pun langsung terpendam karena bakal banyak repotnya daripada untungannya. Klo pake sidebox pasti bakal repot selap selip dan menghalangi pengendara lain. Toh Kappa 42 sudah lebih dari cukup untuk aktifitas sehari-hari.

Penggunaan Ban Matic diluar Negeri dan di Indonesia.

Penggunaan Ban Matic diluar Negeri dan di Indonesia.

Kalo diluar negeri khususnya Eropa, matic terkenal dengan motor urban atau city ride yang hanya direkomendasikan untuk menempuh rute jarak pendek di perkotaan(kalo di  Indonesia maticpun udah dipake lintas propinsi 🙂  ). Makanya ban yang digunakan punya diameter yang kecil 12” atau 14”. Tapi menurut ane, ban ukuran ini kurang cocok untuk kondisi jalan di Indonesia yang semi ofroad . Semakin kecil diameter ban, semakin terasa pula menerjang lubang dijalan dibanding ban berukuran diameter yang lebih besar. Untuk daya cengkeram diaspal juga kurang dibanding dengan ban yang berdiameter lebih besar. Pengalaman smartf41z rute harian selalu melewati jalan yang ada bekas galian pipa ledeng kira-kira sebesar 12cman dan selebar ruas jalan (udah setaun ini ga ditutup), saat naik tiger yang udah ganti ring 17 ga seberapa terasa, namun saat naik matic lubang menganga ini sangat terasa, bahkan sampai bunyi jedugh disektor belakang.

Matic yang pake ukuran diameter ban paling besar 16” adalah suzuki skywave (dulu ada juga Yamaha Nouvo), sebetulnya motor ini paling cocok untuk kondisi Indonesia, sayang suzuki agak bermasalah di sparepartnya terutama sektor CVTnya yang mahal. Lagian Skywave deknya juga ga rata, menyalahi pakem matic yang bisa ngangkut barang banyak. He3…

Untuk mensiasati matic yang pake ban 14” otomatis dengan memperbesar ukuran ban agar ga mudah terperosok ke lubang. Disarankan yang punya profil paling tinggi. Ukuran jangan terlalu extreem sampai harus mundurin mesin dan pasang velg mobil, kasian V-beltnya dan mesinnya 🙂  . Roda belakang pakai ban ukuran 110/80 atau 100/80 udah agak mendingan daripada ukuran standarnya. Untuk depan bisa pakai ukuran 90/90. Spin Bundaf41z ban belakang pas pake ukuran 100/80 hasilnya udah lumayan menghantam jalan keriting  ga seberapa terasa bagi rider dan boncenger.

Mio dan spin sih sebenarnya bisa pake ban 110/80 namun mepet banget dengan shockbreaker, mending 100/80 ja deh ga seberapa ngedonat

Spin pake ban gambot, dapet dari google
Mio pun masuk ban ukuran 110/80