mudah

All posts tagged mudah

Perubahan petunjuk konsumsi bensin rata-rata pada Nmax selalu terjadi agak lumayan ketika motor dipakai Bundafaiz… petunjuk bensin jadi makin irit.
padahal BundaFaiz (jangan disingkat bahaya :mrgreen: ) ga bisa dibilang nyetirnya pelan-pelan loh… sejak SMP dah bawa motor berarti sekitar 16 tahun jadi lady biker.
SF tau betul riding stylenya kalau jalan kosong geber motor namun jauh sebelum ada hambatan, BF (nah kan dah dibilang ga enak kalau disingkat πŸ˜† ) sudah menutup gas dan mengerem saat mendekat dengan hambatan. Itu ternyata triknya….

image

Mengurangi penggunaan rem… semakin jarang rem dipakai, motor bakal semakin irit… coba tutup gas lebih awal saat didepan ada hambatan.. biar motor melaju dengan konsumsi bensin minim.
pada NMax, Bar indikator (Nmax ada indikator ini loh) akan menunjukkan garis penuh.. artinya motor dalam kondisi paling irit… gimana tidak ?motor melaju beberapa saat dalam kondisi gas ditutup penuh… rem perlahan seiring mendekat dengan hambatan… bisa jadi motor ga sempet berhenti, hambatan didepan sudah lewat…
Bandingkan jika tetap ngegas motor dan baru ngerem dan menutup gas mepet dibelakang hambatan… disinilah bensin banyak terbuang…
Kalau pengen makin irit.. ngegasnya juga ngurut…
Apa ini menjadikan anda pengendara yang lambat… ? ga juga kok… timing ngegas dan menutup gas yang tepat tetap bikin anda bisa berkendara diatas kecepatan rata-rata motor lain.
Keuntungan lain selain hemat BBm, kampas rem juga dipastikan lebih awet πŸ™‚
Jajalen dhewe…

Windshield beli dari daffbikershop dah datang beberapa hari lalu tapi baru sempet SF pasang karena  lembur terus seminggu sekali ni.
Paket dari daffbikershop cukup kuat dan rapi. windshield di bungkus pake plastik bubbles lumayan tebel,Β  windshieldnya sendiri masih di wrap dengan plastik untuk mencegah baret.Β  Bongkarnya sampai kewalahan :).Β  Kerapian windshield riben/hitam transparan ukuran 70cm dengan model sporty ini cukup bagus,  ga kalah sama yang mahal.
Berikut SF jabarkan step by step penggantian windshield Nmax.
1. Bongkar keempat baut windshield ori (yang ternyata terbuat dari plastik) dengan obeng (+)

image

Continue Reading

Penggantian header ertiga dari 4-1 menjadi 4-2-1 benar-benar mengeluarkan potensi terpendam ertiga…Β  Buntuti innova atau melewati terios yang lagi kesusu di tol anyer sangat mudah…Β  Soal konsumsi bbm juga sangat irit..Β  Bisa 1:20km/liter dengan cacatan mid:avgΒ  bahan bakar pertamax saat kondisi lancar di tol,Β dan menjadi 1:18,8 km/liter saat gatel tes performa dan macet keluar tol anyer.Β 

image

Continue Reading

Pas jalan ke sentra ikan hias sumenep liat hewan yang satu ini… Mainan jaman SD dulu… biasa diadu buat balapan di lantai atau tanah yang sengaja digali.Β image Nyampai rumah langsung googling keong (sebutan saat di Surabaya)Β  yang ternyata nama Indonesianya kelomang dan bahasa Inggrisnya Hermit crab…. Makin keracunan deh pengen miara ini lagi… Gimana tidak banyak penampakan crabitat (rumah tinggal keong)Β  yang aneh2 bikin SF tertantang.

image Continue Reading

Keluarga SF memang pecinta binatang… sayang tempat dinas yang pindah pindah bikin beberapara kali keluarga SF harus berpisah dengan hewan piaraan.
Pertama kudu berpisah dengan 3 ekor kucing persia saat pertama pindah dari Surabaya ke Jakarta. Ribet untuk memindahkan 3 ekor persia karena saat itu SF belum punya kendaraan sendiri.
Yang kedua keluarga SF kudu berpisah dengan 2 ekor kelinci fuzzy loop dan english persia… awalnya saat lebaran nitip ke tetangga sebelah… eh lah tetangga (nenek-nenek) jadi jatuh cinta… pas momennya dengan kepindahan SF kerumah baru… yau dah deh SF terpaksa adopsika 2 kelinci tersebut. Continue Reading

image

Kejadian ini terjadi sekitar seminggu lalu, baru sekarang sempet mindah foto dari kamera ke tablet….

Mringis doank saat pulang kerja mengetahui sang tiger akhirnya terserang penyakit tangki bocor… SF sadar Lambat laun penyakit ini pasti hinggap juga. Yang tidak disangka penyakit ini baru didera tiger setelah berusia 9 tahun! Padahal tau sendiri … motor batangan jaman sekarang cepet sekali terserang penyakit ini apalagi motor2 berlambang sayap mengepak. Pengalaman memakai GL max kalau menggunakan jasa tukang patri beresiko merambatnya daerah kebocoran… denger-denger dari mekanik honda,panas dari proses patri/solder tangki merusak lapisan anti karat ditangki…makanya lebih baik ganti baru… (enak sih klo belinya pake daun πŸ˜† )…Β  Bukan anak motor kalau ga bisa mensiasati masalah bocor rembes kaya gini… daripada pake sabun batangan (tips orang dulu πŸ™‚ ) , mending pake lem besi….
Continue Reading

image

Satu lagi tips kepepet ala SF. Gerinda ga punya, jadilah pisau yang dipanaskan diatas api. Cukup efektif untuk motong plastik. Kemaren SF praktekkan sendiri buat motong spakbor kolongnya byson yang disesuaikan agar plung ke Ninja 250.( artikel langkah2 pasang spakbor kolong byson ke ninja menyusul)
Continue Reading

Ini yang bikin keringetan saat proses penggantian kampas. Kadang karena kotor, piston pada kaliper susah didorong masuk, jadinya susah masang kampas baru yang masih tebel. Dicukit-cukit pakai obeng tetep ga bergerak. Nah saat penggantian gir Sinnob beberapa saat lalu sekalian SF ganti kampas belakang yang sudah tipis. Montir menggunakan teknik yang baru SF ketahui… menggunakan baut dan gir depan bekas! Check this out πŸ™‚
image

Baut yang diputar searah jarum jam langsung mendorong permukaan piston (setelah diganjel kampas bekas)… tanpa tenaga ekstra pistonpun terdorong masuk. Monggo dijajal…..

image

Kejadian ini terjadi 2004 silam dan baru teringat hari ini. Engg..ing…engg…. gini critanya πŸ™‚
Karena Honda GL Max SF bermasalah, terpaksa pinjem motor Ortu Honda Karisma untuk kekampus. Saat itu sebenernya SF sudah lulus tinggal nunggu wisuda saja, eh kok ya ditawari ikutan proyek dosen, yahhh tak sikat sajah kesempatan ini. Begitu sampai tempat proyek segera melakukan ritual yang disyaratkan bokap (waktu pinjem motor sudah diwanti-wanti oleh bokap soal ritual wajib ini).Selanjutnya motor terpaksa ditinggal disamping tempat kerja selama beberapa jam karena ada dinas lapangan.
Nah begitu balik alangkah terkejutnya mendapati posisi motor sudah berubah, lubang kunci jebol dan kondisi lampu netral nyala!!!. SF pun langsung berteriak… alhamdulillaahhhh motorku gagal dicuriiii…. slamett…slamett…(untung ga ada temenku yang namanya slamet πŸ˜† )!!!
rekan-rekan SF langsung berkumpul…. ada seorang rekan berkomentar “kok nanggung banget malingnya, motor tinggal distater malah ditinggal”. sambil tersenyum SF pun mengeluarkan sesuatu dari saku jaket…. COP BUSIIII!!!!! πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜†
bhuahahhaha…… rekan-rekan langsung ngakakkk bareng

Nglepas Cop busi ternyata cukup ampuh mencegah pencurian motor, bagi pengendara yang belum sempet memberi pengaman tambahan cara ini bisa ditiru. Maling pasti panik jika beberapa kali motor ga bisa distater, daripada periksa sana-sini malah resiko ketangkep mending cari sasaran lain.
Semoga bermanfaat!