ngantuk

All posts tagged ngantuk

Cekibroottt….

image

image

Kijang kapsul biru nyemplung sungai di Harapan indah depan kantor polisi.
Kalau lihat dari posisi jatuhnya yang dipinggir sungai kemungkinan kecepatan ga terlalu tinggi… pengemudi ngantukkah? Atau mabuk?

Ada 4 kejadian seingat ane yang menyebabkan kolega dekat ane mengalami musibah gara-gara kantuk. Yang pertama Sodara ane yang lagi nyetir mobil keluar kota, saat melewati tikungan doi ga ikut belok, sukses deh nyebur sawah gara-gara ngantuk.

Kejadian kedua dari temen ane, karena ngebut skripsi hampir tiap malam begadang. Saat pagi harinya berangkat untuk bimbingan dosen dia mengalami musibah, tiba2 dia bangun dibawah kolong truk yang sedang parkir dengan patah kaki. Rupanya doi masih ngantuk saat nyetir motornya.

Nah yang ketiga ini posisi ane ada dibelakang rekan ane saat kejadian doi nabrak tiang listrik. Saat itu emang direncanain Minggu mo berangkat short turing Surabaya Pandaan. Eh lah kok hari sabtunya rekan ane diajak hajatan sampe dini hari. Saat minggu pagi tiba2 co driver dia berhalangan ikut akhirnya dia sendiri yang nyetir. Pas nyampai pandaan yang udaranya sejuk (dipegunungan) tiba2 doi oleng kekiri dan sukses nabrak tiang listrik, alhasil ruas jadi kirinya remuk karena menghajar tiang listrik.

Kejadian ke empat ini yang paling fatal. Menurut cerita rekan kuliah ane (almarhum) saat dikantor mengeluh sakit kepala. Oleh atasan doi disuruh balik aja kerumah istirahat, tapi almarhum mau nyelesaiin kerjaannya dulu. Nah saat akan pulang doi minum obat sakit kepala, akibatnya fatal. Rekan ane terlibat kecelakaan yang merenggut nyawanya. Ingat jangan minum obat yang menyebabkan kantuk saat akan mengemudi!

Ada satu pengalaman lucu namun juga membahayakan. Saat itu rekan ane voorijer lagi ngawal kita balik dari Jogja ke Surabaya, start tengah malam dari Jogja dan melewati jalur selatan Wonosari-Tulungangung (menembus dataran tinggi), kebetulan ane pas dibelakang doi, beberapa kali doi terlihat agak melenceng dari jalurnya, dan ane segera menyusulnya untuk menegurnya. Dan sempet minta istirahat dulu saja daripada resiko. Eh doi masih ngeyel pengen lanjut. Nah kejadian lucu saat ada tikungan tajam kekiri doi malah lurus kedepan lewat jalan menanjak yang hanya bisa dilalui satu motor. Rombongan yang dibelakang pada bengong semua. Mo kemana sih orang ini?! Kita pikir sih mo kencing ato ngapain. Ga lama kemudian voorijer ane itupun turun lagi. “Sial gw tertidur tadi, pantesan kok jalannya menyempit dan masuk ke pelataran rumah orang”. Rombonganpun ketawa ngakak. Hwadohhh untung ga nyemplung jurang. Lagian bisa juga orang nyetir dengan kondisi setengah tersadar. Daripada ada kejadian yang ga diinginkan terpaksa kita putuskan istirahat saat itu.

Turing Malam? Kalo ngantuk berhenti dulu deh...Ilustrasi dari google.

Jangan paksakan nyetir saat kondisi mengantuk. Mending segera cari tempat peristirahatan sementara. Persiapkan fisik sebelum turing jauh dengan tidur yang cukup, kalau perlu minum tambahan nutrisi untuk menjaga stamina.