Nenek tangguh 63 tahun masih sigap bermotor ditengah jalur tengkorak

Salut, miris, kasihan melihat ibu ini (tepatnya nenek ini) disalah satu perkantoran dibilangan plumpang Jakarta Utara nampak seorang ibu sedang menunggu salah satu petugas pelayan masyarakat. Kebetulan SF yang punya keperluan yang sama segera ngajak ngobrol nenek ini…

image
Ibu Sri : lady biker jalur tengkorak

Dari hasil percakapan SF mendapat informasi jika beliau sudah berumur 63 tahun, kemana-mana masih sanggup naik motor. Disaat sebagian orang malas berurusan dengan administrasi pemerintahan si ibu ini bahkan menawarkan bantuan kepada para koleganya untuk menguruskan perihal surat menyurat diantaranya ngurus STNK, SPT masa/ tahunan, dll . Rumah ibu Sri ini di daerah pegangsaan dua . SF tau betul daerah ini… jalannya 2 jalur pas untuk papasan 2 truk kontainer. Pernah sekali SF boncengan rekan kerja cewek (mbak Ifta), doinya  teriak-teriak dan rapat pegangan behel belakang tiger saking ngerinya karena kudu mepet nyalip truk kontainer.
Saat tengah ngobrol dengan ibu Sri lah kok mbak Ifta lewat…. ya SF bully saja sekalian… πŸ™‚ “If, ibu ini usianya dah 63 tahun tapi berani loh naik motor kemana-mana. Padahal lewat pegangsaan dua… kamunya cuma brani sampai dwpan perumahan doang” setengah ga percaya Mbak ifta ini konfirmasi langsung ke Ibu Sri… sampai tanya jenis motornya segala.
Terang saja Ibu Sri malah menasehati dia… masih muda harus berani , harus dipaksa… yang penting hati-hati, bla….bla…bla… mbak Ifta yg awalnya numpang lewat malah kaya orang distrap :mrgreen:
SF sih cuma belain dalam hati (jelas saja mbak Ifta ndak brani naik motor lah isih jomblo… alias rung kawin…kwkqkkqk)
Dilema juga sih kebiasaan bermotor ibu-ibu ini ….disatu sisi bermotor bikin fisik terjaga, otak bekerja optimum, dan reflek terjaga. Namun disatu sisi jalurnya sangat berbahaya , usia tua regenerasi sel lebih lambat kalau cedera sangat berbahaya, belum lagi penurunan konsentrasi, pengelihatan dan pendengaran. Klo SF jelasnya ga tega kalau Ibunda SF kudu naik motor kemana-mana apalagi lewat jalur penuh truk kontainer.

Jeritan hati sang anak saat tidak diperbolehkan naik motor

young rider
pic:www.autoevolution.com

2 Minggu terakhir rumah SF yang biasanya sepi jadi rame karena kedatangan ponakan-ponakan yang ingin menghabiskan liburan dirumah SF. Ponakan SF yang tahun depan menginjak bangku SMA curhat…Β  “Om… bujuk Bunda donk, biar bolehkan aku naik motor saat SMA nanti” ….Β  Continue reading “Jeritan hati sang anak saat tidak diperbolehkan naik motor”

Gara-gara matic makin banyak bocah bawa motor

image

Entah sudah berapa kali SF menyaksikan bocah yang kira-kira seumuran SD-SMP berkeliaran dijalan. Tak jarang pula motornya yang sudah dimodif alay dengan ban cacingan plus knalpot racing (punya kakaknya kali ya). Pemandangan ini dulu ga seberapa sering terlihat, hanya kadang terlihat bocah pengguna bebek yang terlihat.
Continue reading “Gara-gara matic makin banyak bocah bawa motor”

Beli motor jangan kesusu.. nyoba dulu lah, apalagi yang premium

Artikel ini terinspirasi dari keluarga dokter pecinta roda dua. πŸ™‚

image

Singkat cerita … rekan SF di Surabaya diminta tolong bokapnya jual ninja 250 yang baru dibeli (belinya beberapa bulan sebelum new N250fi brojol πŸ™‚ ) alasannya saat dipake turing perdana sang bapak sangat merasa ga nyaman (padahal short turing Surabaya -Mojokerto) apalagi beliau setahun lalu menjalani operasi pundak.. makin ga nyaman pastinya. Umur sudah 56 tapi masih berjiwa muda… salute ! πŸ™‚ , tapi kondisi tubuh ga bisa bohong. Meski sebelumnya pengguna tiger dan sebelumnya lagi pernah punya cbr 150 versi lama , tetap handling ninja sedikit beda. Tanya kenapa? Bobotnya bro ! πŸ™‚Β 
Motor baru dibeli langsung pengen dijual, gara-gara ga sesuai yang diharapkan. Untunglah anaknya mau gantiin motor itu… begitu SF menyarankan kepada rekan SF agar bapaknya beli inazuma saja… doi menjawab .”Ga ah.. resiko, kasihan bapak dah berumur… ” jawabnya. Tapi emang bisa hobi dikalah kan usia…? nih contohnya πŸ™‚

image

To bro fajar : thx sharingnya. Ditunggu modif ekstrem ninjanya πŸ™‚

Balada orang tua dan kacamata

image

Sudah seminggu lebih ibu SF merawat SF pasca operasi fistula ani. Setiap kali mau ngerawat pasti heboh. Kacamataku…. mana??? Jelasnya karena lupa naruh. Padahal dari Surabaya bawa kacamata 2 biji. Di Jakarta beli lagi sebiji.. tapi lagi-lagi tiap kali membutuhkan pasti bingung cari kesana kemari. Lucunya pernah suatu ketika pas mau ganti perban SF beliau langsung insting cari kacamata… duh dimana sih kacamataku. SF langsung ngakak… lah wong kacamata sudah dipake. Itulah salah satu hal yang ga bisa dihindari dari usia yang menginjak tua (ibunda SF dah 60TAHUN), terjadi penurunan daya ingat alias pikun. Contoh kecilnya ya kacamata ini. Prosedur perawatan/penggantian perban SF juga seringkali lupa urutannya :). Padahal dah seminggu lebih ngerawat. Masalah duit juga sering bingung … beli sayuran total abis 18 ribu dikasih 20 rb trus dikembalikan sama penjualnya 2 rb protes… jadinya ditotal ulang sama penjualnya πŸ™‚ he3…. nah sekarang tiap belanja ga pernah lagi ngitung kembaliannya. Langsung saja masuk dompet.
Ibunda SF sangat berjasa merawat SF pasca operasi, mengingat istri SF posisi masih diSurabaya jagain sikecil yang belum bisa dibawa perjalanan jauh. Thx mom…. I can’t imagine my life without you

Mo dibilangin anak Mama.. monggo… yang jelas apapun yang kita perbuat ga bakal bisa membalas semua jasa ibunda kita…

Ingat Usia Pa… peringatan bagi rider berumur dalam berkendara.

image

Share pengalaman yang dialami Ortu SF saat ini sudah berumur 69 tahun. Beliau merupakan rider motor sejak puluhan tahun silam hingga sekarang. Namun beberapa bulan lalu terjadi kecelakaan dan berulang lagi sebulan berikutnya yang penyebabnya katanya disenggong motor ngebut, kesenggol motor yang bawa keranjang ataupun selip saat ngerem mendadak. Itulah yang bikin Kami, anggota keluarganya, merasa khawatir keselamatan Papa. MenurutΒ  Mama SF yang sering dibonceng Papa, cara berkendara Beliau memang saat ini kurang responsif. Sering berjalan pelan namun ga mau minggir alias jalan ditengah terus. Ketika ditegur baru minggir tapi tetap saja beberapa saat kemudian nengah lagi. Respon terhadap sekitar juga berkurang sehingga sangat berbahaya. Meskipun disarankan untuk memakai mobil kemanapun tetep saja ga mau, Beliau tetap milih naik motor alasannya irit dan ga terjebak macet. Namun Alhamdulillah sekarang sudah mau jadi boncenger, jadinya adik lelaki SF mengantarkan beliau kemanapun tujuannya. Papa SF memang luar biasa, diusianya yang sudah ga muda lagi masih punya ambisi membangun sebuah tempat usaha untuk adik SF.
image
Pada usia tua, hendaknya dihindari mengendarai sepeda motor penyebabnya adalah kemampuan fisik yang tidak bisa diingkari semakin menurun diantaranya respon berkurang, stamina berkurang (cepat lelah), gampang pusing, pandangan berkurang serta jika terjadi kecelakaan resiko cedera tulang sangat besar serta kemampuan regenerasi sel-sel tubuh untuk penyembuhan juga berkurang drastis.