padat

All posts tagged padat

Ingin menguji kesabaran anda….? coba naik kendaraan bermotor untuk harian. Rute SF sendiri antara 23-25 km (tergantung beberapa alternatif rute) dari harapan indah menuju kalibata. Waktu tempuh antara 1 jam hingga 1jam 45menit.


Godaan bagi biker sangat banyak di jalur ini. 

1. Trotoar sangat amat luas… bahkan mobilpun bisa lewat. Pejalan kakinya ? Hanya seorang dua orang. Ga percaya ?coba cek trotoar selepas flyover walikota jaktim (sebrang halte busway) klo gasalah jl. Ngurah Rai. Dijalur padat menyempit (karena halte busway) ini justru jalan dipersempit untuk bangun trotoar. Kalau pejalan kakinya rame oke lah untuk kepentingan umum juga. Lah ini pejalan kakinya sedikit…meski trotoar dibikin separuh pun masih terhitung lowong untuk pejalan kaki.

2. Sepanjang duren sawit ada jalur khusus sepeda dan pejalan kaki. Jalur ini pun sepertinya cukup dilalui mobil. Dihari kerja, warga yang memanfaatkan untuk olah raga atau bersepeda cukup sedikit. Alhasil beberapa ruas diserobot oleh pemotor setelah menggeser beton pembatas.

3. Jalur busway dibeberapa ruas dirasakan mubazir karena penumpang dirute ini terhitung minim. Sering  SF melihat penampakan bus trans sepi penumpang. Penumpangpun terlihat sepi dibeberapa spot halte antara jl. Ry bekasi timur hingga kantor walikota jakarta timur. Jalur khusus trans Jakarta ini pun memakan 1/3 ruas jalan yang jelas efeknya bikin jalan raya makin padat merayap.

4. Angkot ngetem sembarangan, lampu merah dan persimpangan yang harusnya, silarang berhenti malah jadi favorit tempat ngetem. Bahkan angkot/metromini sering menurunkan /menaikkan penumpang ditengah jalan

5. Tol seharusnya jalan bebas hambatan… di jakarta ini luar biasa… tol bisa macet parahhh! Sekedar sharing 2 rekan kerja SF (rumah di cikarang dan karawang) potongan gaji karena telat bisa mencapai sejuta lebih. Rutenya meski mayoritas lewat tol kalau sudah macet, bisa lebih parah dibanding jalur biasa. Lihat google map jam 4 pagi saja dah macet… !
Salut bagi anda yang sehari-hari naik kendaraan bermotor. Ibarat kata, umur habis dijalan…!

Pilihannya ya kudu sabar…. yang ga lolos ujian sabar buanyak banget… termasuk SF sering banget gagal menahan kesabaran. Tapi jangan sampai lah melupakan sisi kemanusiaan. Ada ibu gandeng anak anak nyeberang masih diserobot, ada yang kena musibah dijalan bukannya dibantuin malah diklaksonin suruh minggir, rame rame melanggar dianggap paling bener, dll

Ampunnnn dah… mobil SF yang sudah dibikin irit dengan modif header saja mentok cuma dapat 1:20 jalur anyer sampai pintu gerbang tol bekasi barat…. begitu keluar dari tol ke Harapan indah turun jadi 1:18.8 … lah ertiga yang yang disupiri wanita ini malah bisa dapat konsumsi bensin 1:26,32 km/l! Ini mobil MPV 1400cc lohhhh…. metode pengukuran juga ga berpatokan dari MID namun dari metode full to full!

image

Rekor tersebut tecatat dalam lomba Eco Driving Rally (monggo googling sendiri di google) yang diadakan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)
Ga bisa dibayangkan bagaimana kesabaran driver sehingga dapat konsumsi bensin segitu di jalur perkotaan dengan tipikal padat dibawah terik matahari

Embuh kok bisa gitu… sepertinya kaki SF kudu banyak disekolahkan :mrgreen:

image

Kali ini SF terpaksa lakukan. Setelah hujan deras, beberapa titik jalur motor di jalan Yos Sudarso yang menghubungkan Jakarta Timur/selatan ke Jakarta utara selalu tergenang air. Saat itu SF dan semua pengendara motor masuk jalur mobil yang posisinya sedikit lebih tinggi daripada mogok dan pakaian kerja kotor. Jalur khusus mobil memang lebih nyaman dibanding jalur motor karena pas dibawah flyover sepanjang yos sudarso, jadi selalu terlindung dari panas dan hujan, posisinya pun sedikit lebih tinggi dibanding jalur motor. Tak pelak saat pulang atau berangkat kerja banyak motor lewat jalur mobil bahkan jalur busway , apalagi pas hujan :mrgreen:

Hal ini kerap terjadi di Jakarta. Pelanggaran rambu berjamaah ! Terutama saat jam berangkat kerja dan pulang kerja. Coba amati, jalur khusus mobil dan busway penggunanya malah yang bukan semestinya. Motor masuk jalur cepat khusus mobil, mobil dan motor masuk jalur busway. Contoh lain rame2 melanggar lampu merah terutama saat persimpangan lawan sudah sepi, pada nyolong start semua. He3…  tambah lagi kalau jalur kiri udah macet sedangkan jalur berlawanan sepi pengemudi motor pada pindah jalur alias melawan arus.

gambar dapat dari avanzaxenia.net : kalo kaya gini sungkan kalo mau nilang.

ya itulah fenomena umum yang ada di ibukota. Polisi pun tak berdaya menghadapi pelanggar berjamaah. Selepas jam masuk/pulang kerja sih sedikit lebih taat penggunanya karena Pak Polisi agak galak. 😛