pelihara

All posts tagged pelihara

Mayoritas kegunaan aquarium adalah untuk memelihara ikan … namun sebenarnya banyak kegunaan aquarium. satu pengalaman saat beli aquarium di toko ikan hias di kawasan harapan indah , SF ditanyain oleh penjualnya… “buat pelihara ikan apa pak…?” dia pun keheranan saat SF mengaku beli aquarium untuk pelihara kelomang(umang-umang/keong). mungkin dalam benaknya berfikir keong yang harganya sangat murah kok dipelihara di aquarium dan kelengkapannya yang sampai ratusan ribu harganya?

Continue Reading

Pas jalan ke sentra ikan hias sumenep liat hewan yang satu ini… Mainan jaman SD dulu… biasa diadu buat balapan di lantai atau tanah yang sengaja digali. image Nyampai rumah langsung googling keong (sebutan saat di Surabaya)  yang ternyata nama Indonesianya kelomang dan bahasa Inggrisnya Hermit crab…. Makin keracunan deh pengen miara ini lagi… Gimana tidak banyak penampakan crabitat (rumah tinggal keong)  yang aneh2 bikin SF tertantang.

image Continue Reading

image
image

Keluarga SF adalah penyuka binatang. Si Faiz pun dari kecil dididik supaya menyukai binatang. Saat kemaren jemput sodara di st Jatinegara kami melewati penjual kelinci. Faizpun merengek minta dibelikan. Akhirnya proses tawar menawar terjadi dengan alot dan Bunda tersenyum puas saat 2 anak kelinci persia plus sebuah kandang berpindah tangan seharga 70rb rupiah. Murah amat ya…? Bandingkan dengan seekor anak kucing persia yang seharga 1,5-2,5 juta rupiah, inipun bukan kw 1 yang pesek namun hanya medium. Sejak sebelum nikah SF dan bunda bener2 pecinta kucing mulai dari kucing kampung sampe kucing persia kami pelihara. Saat menikahpun Bunda minta kado perkawinan sepasang kucing persia, terakhir saat masih disurabaya kami pelihara 4 kucing persia. Namun sayang saat pindah kerja diJakarta kucing tersebut terpaksa kami titipkan pada seorang teman. Pelihara kucing persia memang sungguh repot, terutama ritual membersihkan pupnya sehari 2 kali. Belum lagi makanannya sebulan bisa ratusan ribu rupiah, trus kalo ada yang sakit dan harus ke dokter bisa nambah ratusan ribu lagi biayanya.
image
image
Sebenernya miara kelinci juga sama ribetnya alias banyak pantangannya, namun biayanya jauh lebih murah daripada kucing, lah wong makanan aja cukup kulit jagung atau pur makanan burung/ikan. Kalo mengenai lucunya hampir sama antara kucing dan kelinci. Namun kecerdasannya jauh lebih pandai kucing apalagi persia, (kucing SF dulu bisa diajari kalo pup di lubang wc). Kelinci mah ga punya respon antara marah, ngambek, lapar ya wis begitu aja ga ada bunyinya blas. Eh ya berdasarkan info di dunia maya kelinci lebih mudah mati dibanding kucing apalagi kalo masih kecil. Jadi klo belum pengalaman mending beli yang sudah dewasa. Lumayan menghibur juga hewan ini, sekalian mengajarkan anak agar mencintai makhluk hidup lainnya. Semoga aja piaraan ini awet sampe tua.