perawatan motor

All posts tagged perawatan motor

Ini akibat kalau menyepelekan kondisi motor. Beberapa saat lalu SF kehilangan salah satu frame slider yang bertujuan untuk melindungi motor saat terjatuh. Frame slider tersebut memang diketahui telah kendor oleh SF saat diparkiran kantor . SF lantas kencangkan sementara menggunakan tangan kosong (lagi malas buka toolsbox yang ada di balik jok belakang) . Continue Reading

SF termasuk blogger yang paling malas disuruh ke bengkel berjam-jam untuk nungguin servis motor… maklum di Jakarta kalau bengkelnya OK dan terkenal antriannya membludak . Prinsip SF oli diganti rutin setiap 1500 km (untuk ninja bisa hingga 2000km karena volume olinya 1.7 liter bahkan 2.4liter untuk N250fi) , dan filter udara dibersihin sendiri. Kalau ada yang ga enak baru kebengkel.
Continue Reading

Dua kejadian ga mengenakkan menimpa kenalan SF. kebetulan keduanya pengguna Honda Tiger tahun lawas. yang satu tiger gen 1 (keluaran 1996) milik rekan sekomunitas di Surabaya rontok saat turing Surabaya Jogja. Yang satu lagi Tiger 2003 milik rekan kerja rontok saat turing Jakarta Kediri.
Problem keduanya sama…. Kehabisan oli… tapi hebatnya motor bisa dinaiki sampai tempat tujuan :). selama dipakai motor mereka memang relatif tanpa perawatan.
wpid-1360896714-picsay.jpg
Rekan Pemakai tiger 96 jiiaannn doyan tenan turing… bangun tidur tiba-tiba pengen sarapan ke luarkota langsung berangkat, tiba-tiba pengen kopdar sama HTML Jogja langsung berangkat, apalagi kalau komunitasnya ngadain turing bareng… ga pernah absen deh bro satu ini. sekali waktu Bro”D” pemilik Tiger ini apes… karena macan sering diabaikan, sampai lupa kalau usia oli itu ada batasnya :mrgreen: . benar saja saat setengah perjalanan Surabaya- Jogja terasa motor sudah ga enak dikendarai. mesin terasa kasar dan panas. Dipikirnya karena kepanasen, doi pun ngaso sejenak. Beberapa saat kemudian lanjut lagi sampe Jogja. Disono doi curhat motornya kok jadi ga enak sih…. di cek lah sama teman yang ngerti mesin. begitu tuas pengecek oli dibuka… Oli ga menempel sedikitpun!!! akhirnya dicoba diisi oli, begitu distater… Bullll…. asap putih tebal keluar dari moncong knalpot. Bubar deh jeroan tigernya.
Temen kantor saya sedikit lebih beruntung. Doi juga sering lupa jadwal ganti oli… begitu ada hasrat pengen ngetes tiger bekas yang baru dibelinya langsung saja Doi turing dari Jakarta ke Kediri sendirian… sampai Kediri Motor kudu turun mesin kehabisan oli…

Sebelum turing apalagi jarak jauh jangan sepelekan kondisi motor. Cek semua bagian dan perhatikan kondisi oli baik volume maupun usia pakainya agar tidak menyesal di jalan.