pilihan

All posts tagged pilihan

Mengejutkan hasil yang dishare otomotifnet. Ertiga matic ternyata lebih irit dibanding manual. Baik untuk dalam maupun luar kota. Dalkot manual 1:12 kmpl dan matic 1:12.3 kmpl, Lukot manual 1:16.5 kmpl dan matic 1:19.3 kmpl. 


Meski secara performa ertiga manual unggul,untuk mobil keluarga rasanya matic cukup menggiurkan dengn kepraktisannya dalam kota.


SF sendiri saat itu milih manual karena prioritas luar kota yang rutenya banyak dilalui truk jadi perlu tenaga instan saat menyalipnya. Tapi seringkali galau pengen yang matic saat diperkotaan… 😆

Kalau untuk motor , saat ini bisa dikatakan manual/semi manual masih lebih irit dibanding matic. Kedepannya ? Who khows…. 🙂

Sumber pengetesan : http://otomotifnet.com/Mobil/Test/Mana-Lebih-Kencang-Dan-Hemat-Suzuki-Ertiga-Bensin-Vs-Diesel-Hybrid

Pengalaman sebelumnya memakai tiger buat harian selama hampir 4tahun  baru ganti ban. Nah pada Nmax cuma setahun lebih beberapa bulan, dah minta ganti ban… padahal rute harian ga beda jauh jaraknya. 

Tepatnya di KM 16584 si Nmax minta jajan ban… alur tengah sudah tipis dan hampir hilang (sory ga sempat foto bannya) , tapi anehnya meski alur dah tipis ban tetep menggigit loh… namun karena ban rentan bocor jadi SF ganti dah. (Dah ada 3 tambalan )

Ternyata susah cari ban yang ukurannya lebih lebar dari orinya…  mampir di beberapa toko di kawasan harapan indah nemu 3 jenis. Ban ori/IRC, swallow ukuran std, dan pirelli ukuran 140/60. Pilihan ban diameter 13″ memang ga umum, hanya Nmax dan skutik CBU yang memakainya. Karena itu banyak toko ga menyetok.

Mau pake swallow tapi kok belum terbukti performanya harganya juga setara IRC, pake pirelli eman banget , harganya 600rban…. jadi terpaksa pakai IRC lagi dah… harga 265rb include pasang. Performa dah jelas memuaskan… 

Yang bener ring 13 bukan 14 🙂

Sebenarnya dipasaran saat ini ada beberapa pilihan ban Nmax dengan ukuran lebih lebar (140/60-13 & 150/70-13) yang SF tau. Pirrelli harga 600 rban, CST 500rban, swallow 300rban, tapi sepertinya kudu ke toko onderdil yang komplit seperti di otista dll. Di toko online ada juga sih, tapi pasti lumayan ongkirnya 🙂

Proses bongkarnya berbeda dengan motor bebek sport yang cuma perlu lepas as roda, kalau Nmax kudu lepas knalpot dan arm sebelah kanan

Saran SF , gantilah ban Nmax pada toko yang punya alat khusus nelepas/memasang ban. Ganti ban Nmax lebih susah dibanding ban berdiameter 17″. Ban 13″ berukuran lebar lebih menggigit di velg…

Rekan SF ini emang tajir… dari keluarga berada plus posisi di tempat kerjanya juga lumayan. Pantesan mobilnya saja Fortuner.
Pas kunjungan kerja bareng dia ,  SF sempatkan ngobrol soal alasannya memilih Fortuner dibanding Pajero…. ini dia beberapa hal yang dia ungkapkan Continue Reading

Kalau pegawai berumur SF tanyain , SF yakin mayoritas akan memilih Nmax sebagai tunggangan harian. Nah kali ini SF menanyai 3 responden yang merupakan pegawai baru dikantor SF. Usianya baru 20 tahun.

image

Lulusan d1 langsung gawe

Saat SF bertanya, milih mana antara Nmax atau vixion untuk motor harian.. (SF sengaja membandingkan keduanya karena dalam kisaran harga yang sama, dan semerk biar ga ada pertikaian :mrgreen: )
Tanpa ragu 3 orang responden menjawab Nmax!
Alasannya fungsional bagasi besar, model kekinian terlihat lux, dan ga bikin capek untuk kendaraan harian.

image

Continue Reading

Sepasang helm snail double visor SF beli sekitar 4-5 tahun lalu… SF beli versi modular (flip up), bundafaiz versi half face. Dua-duanya dilengkapi dual visor.
Selama ini SF memakai versi modular untuk harian… Bunda sendiri ndablek ga mau pake helm saat antar jemput Faiz di sekitar perumahan :)… jadinya helm bunda masih fresh 🙂
Beberapa waktu lalu SF jajal memakai helm snail halface, karena helm modular SF lembab karena kehujanan.

image

Continue Reading

image

Seperti rencana SF.  Inceran modif utama untuk si Emak (Nmax)  adalah pemasangan windshield tinggi. mengingat Nmax sekarang jadi kendaraan utama menggantikan si tiger yang sudah uzur jadi kudu di modif nyaman.

Continue Reading

Perjalanan mudik penuh kemacetan kemaren (berangkat 37jam, pulang 24jam) agak terbantu dengan kondisi kabin ertiga yang bisa dilipat Jok tengahnya. Meski ga sepenuhnya rata dengan jok belakang namun kondisi jok tengah yang bisa dilipat hampir rata dengan jok belakang bikin penumpang bisa selonjoran. Praktis kedua putra SF bisa tidur nyenyak meski sang bapak berjibaku melawan kemacetan.

wpid-wp-1437143658082.jpeg

Waktu berangkat ke Surabaya selama 37 jam . SF banyak menghabiskan waktu di kabin belakang… bisa main smack down sama anak-anak, bisa selonjoran sambil nonton video, dan yang terpenting bisa tidur melepas penat menghadapi kemacetan sembari menunggu giliran nyetir. jangan lupa bawa bantal-guling dan selimut. kalau perlu matras seukuran lebar jok.  Serasa kamar berjalan dah… 🙂 Continue Reading

Pilihan yang sulit, karena masing-masing punya keunggulan.

yang paling menonjol PCX lebih Gambot, dan Nmax lebih powerfull.

Nmax vs PCX 1

Nmax vs PCX

Perbedaan lain pada Fitur

PCX : pake remot 🙂 (Answer Back System), colokan charger, Combi Brake

Nmax : ban gambot, ABS + cakram belakang

Secara harga, PCX harusnya bisa dibentrokkan dengan Nmax ABS karena hampir setara fitur-fiturnya.

Kalau cuma ada 2 pilihan (PCX vs Nmax ABS) mungkin SF sendiri akan memilih PCX, alasannya SF lebih suka model matic yang gambot + elegan. Colokan Charger juga menjadi salah satu fitur yang SF butuhkan, ga perlu lagi repot bawa powerbank kemana-mana buat ngisi HP dan Tablet. colokan charger juga menjadi fital saat berkendara jarak jauh menggunakan GPS atau Gopro.

Tapi begitu keluar Nmax Non ABS dengan harga lebih murah 4 jutaan jadi galau lagi , duit 4 juta bisa buat hobi yang lain… 🙂

Kalau bolo sekalian milih mana jika PCX dilokalkan seharga 28 jt?

Nmax vs PCX 1

Abaikan Gambar ini, karena artikel dibawah bahas Nmax VS Vario 150

Vario adalah andalan honda disamping beat. Data aisi 2014 Vario series menempati nomor 2 dibawah beat.

Dengan hadirnya Nmax non ABS seharga Rp.23.500.000 rasanya akan ada korban di kubu honda. Vario 125 yang dihargai kisaran Rp. 17 jutaan mungkin masih aman karena beda kelas dengan Nmax. Namun Vario 150 yang dihargai 2.050-2.650 rb jelas akan terancam. Nambah cuma 3 juta dapat skutik lebih premium. Continue Reading

Saat operasi kaki gajah si tiger kemaren ditawari empunya formula motor (harapan indah bekasi) sepasang Ban Michelin Pilot Street seharga 1jt rupiah ukuran depan 100 belakang 140. agak kaget juga…, ini merk import loh sama kaya bridgestone battlax series lah kok jauh lebih murah dibanding Battlax…

image

Continue Reading