roller

All posts tagged roller

Nmax servis ke bengkel resmi

Nmax sowan ke bengkel resmi

*

Servis Mendekati 25 ribu KM performa Nmax memang terasa sedikit menurun. sudah kepikiran servis 25rb saat ganti V belt sekalian saja upgrade performa Nmax agar entengan dikit.

Ini dia detail upgrade saat servis Nmax:

  1. Roller Mio M3 (12 Gram turun 1 gram dari bawaan Nmax)
  2. Per Vario 150 (Per lebih panjang 4,8cm dan lebih keras)
  3. Filter Aftermarket Ferrox
  4. Setting CO+8

Paket Upgrade Nmax, Roller Mio M3 12 gr, CVT Vario 150, Ferrox

Gimana impresinya?

Continue Reading


Beberapa hari lalu seorang rekan kerja pengguna vario mengeluhkan motornya yang bergetar, dan kurang responsif di kemacetan. Kadang juga timbul gejala tersendat sendat saat merambat dikemacetan. SF saat itu menebak jeroan CVT yang jadi masalahnya. 

Benar juga, tadi pagi diparkiran rekan SF tersebut langsung menunjukkan kwitansi servis varionya yang dia simpan di bagasi motornya…

Total 570.000 . Namun saat dijajal gejala tersendat / tidak stabil masih terasa saat merambat. 

Balik ke bengkel , dan ganti sekalian roller dan mangkuknya seharga 180rban (ga ada dalam kwitansi). Penyakit variopun hilang dan lajunya seperti motor baru lagi . 


Lumayan juga jajannya untuk motor yang belum genap melaju 150.000 km… jalanan Jakarta yang kejam plus kekejaman tangan pengendara disinyalir penyumbang terbesar penurunan fungsi CVT kendaraaan.

Untung Nmax SF yang berumur 22.000 km belum pernah ada masalah. Padahal servis saja jarang . terakhir servis KM 10000, selanjutnya ga pernah servis. Tapi rutin ganti oli tiap 2000km. Dan sering sekali buat boncengan 4 :mrgreen:

Tiger yang niatnya dilestarikan, mulai ngambek nyari perhatian. Suara kasar mesinnya makin terdengar jelas saat mesin panas terlebih saat menembus kemacetan. Tenaga jadi terasa ngedrop , bahkan tak jarang ngelitik. Padahal BBm dah pake pertamax.

Karena itu SF putuskan konsultasi sama temen yang sempat cari ilmu permesinan keluar negeri, sobat ini berusaha melokalisir permasalahan….

Kamrat jelas bukan karena barusan ganti kamrat asli Jepun yang harganya  3x ahm. Gejalanya juga beda dengan perkamratan. 

SF menjelaskan kepada sobat SF, mengenai kondisi saat bongkar mesin terakhir… Saat itu mekanik menjelaskan jika kondisi noken dan templar sedikit tergores tapi sudah dihaluskan dan masih bisa dipasang. Itu dia masalahnya… Sambut sobat SF ini…. noken dan temlar yang aus meski sudah dihaluskan tak akan bertahan lama …. Justru mempercepat keausannya. Ada lapisan penguat yang terkikis… Mending segera diganti agar mesin kembali alus dan performa ga ngedrop…

Saran sobat SF ini, bisa diganti noken/cam aftermarket yang sudah dijual satu set dengan temlar model roller… Mengurangi berisik dan sedikit meningkatkan tenaga karena profil cam sedikit berbeda  dengan ori…. Keawetannya katanya sebelas dua belas dengan yang ori.

Walahh jadi tertarik nih…. Nunggu komen dari pengunjung warung … Sapa tau ada yang pengalaman pakai temlar model roller plus noken yang telah didesain khusus…..

Beberapa hari kemaren berniat ngecek penyakit spin ke dealer suzuki daerah hybrida Jakarta Utara. Penyakitnya getar parah saat putaran rendah, motor nyundul-nyundul terus, pokoknya ga bisa jalan stabil di putaran rendah. Makin bikin juengkel kalau jalanan padat merayap… Sampai bengkel nunggu sekitar 30 menit baru motor di bongkar… nah ketahuan penyakitnya… permukaan kampas kopling ganda sudah ga rata , begitu pula mangkuk koplingnya. Saat ke bagian sparepartnya dibilang kalau tidak ada persediaan mangkuk kopling (ndakk kagett, sudah biasa inden) , yang ada cuma kampas kopling ganda. SF sendiri ga brani ganti kampas koplingnya karena mangkuk koplingnya udah kena. Kalau diganti kampasnya doang.. konyol namanya. entar konturnya jadi ga rata ngikuti kontur mangkuk koplingnya.
Saat nunggu CVT dibersihkan dan servis umum. Iseng-iseng telpon sobat SF (bro Gio- malang) yang hafal seluk-beluk matic. Hendaknya jika ganti kampas kopling sekalian rumahnya (mangkuk kopling) , penyakit ini sudah umum terjadi pada varian suzuki apalagi motor sudah menginjak 20rb km. Kampas kopling kena biasanya mangkuknya juga ga rata. Siap-siap saja dana buat ganti satu set CVT. Sekedar informasi harga kampas kopling sekitar 250 rban dan mangkuk kopling 125rban. Ini dia yang bikin was-was punya matik suzuki. Masa km 20rb dah harus ganti kampas kopling dan rumahnya. Kalau belt dan roller sih wajar.
Selepas dibersihkan gejala getar dan nyundul-nyundul di putaran bawah ilang.. eh begitu hari kedua muncul lagi meski ga parah. Nah barusan saja googling… bener juga kalau cvt matic suzuki emang bermasalah… banyak keluhan berdecit dan getar sampai selip terutama untuk spin dan skywave. image
Salah satu solusinya di lubangi mangkok koplingnya (info salah satunya ada di sini dan sini ). Hmmm boleh dicoba nih.. mumpung rumah kopling dah ga rata, dan kampas kopling masih tebal. Kalau masih bermasalah ya terpaksa ganti kampas kopling dan mangkoknya. Menurut blognya arantan sih mending pake punya hayate

image