Suzuki Spin sering bermasalah, sempat niat ditinggal dijalan

Nyerah juga SF dalam sebulan sudah 4x ganti kiprok dan 2x ganti aki. Masalahnya ini bikin suzuki spin 2007 mogok di jalan dan ga bisa dinyalakan ulang pakai kick stater.

Saat dilapori bunda kalau spin mogok lagi kesekian kalinya, SF sempat bilang … tinggal saja motornya dipinggir jalan biar diambil orang. Tapi akhirnya SF koreksi, inget kalau ban dan aki baru, belum lagi box Kappa K46 yg lumayan harganya… ๐Ÿ˜…

untung abang gojek mau dorong sampai bengkel.

Emosi juga SF sama motor ini, sudah 2 bengkel yang nangani, sampai yang terakhir bilang kalau sumber masalah ketemu, ada kabel korslet digigit tikus. Memang setelah ganti kiprok dan urut ulang perkabelan motor bisa nyala lagi… tapiiii… seminggu kemudian mogok lagi. Suzuki spin pengapiannya ambil dari aki. Jadi kalau aki ga ngisi ga mau hidup.

Sudah berkali-kali SF nawari bunda buat ganti motor, tapi selalu ditolak alasannya lebih tenang pake motor butut, ga dilirik begal dan maling.

Masalah demi masalah menumpuk. diantaranya, mangkuk kopling baret, rumah roller dah aus, knalpot bocor, bodi getar semua… rasanya gamang buat diperbaiki. Sparepart susah dan mahal. Ga nyucuk sama harga motornya. Beda soal ya klo motor ini bernilai historis. Berapapun biayanya bakal dibela belain.

Jadi … goodbye spin, terima kasih sudah 10 tahun menemani. Tenang saja sudah ada yg mau nampung. Cuma SF bongkar dulu ban dan aki barunya.๐Ÿ˜‡

Suzuki spin dan penggantinya

Penggantinya sudah ada yang lebih mudaan dengan kondisi yang lebih prima.

Suzuki Spin lumayan nih jajan partsnya padahal baru 38 rb

konsekwensi motor suzuki khususnya suzuki Spin… dijual balik harganya super murah, dipiara jajannya banyak.

awal mulanya sepele. Si suzi ini brebet brebet ga karuan. jadinya SF Serviskan ke bengkel langganan. Sekalian SF suruh servis mesin dan CVTnya biar fresh. siang ditinggal sore di samperin. ternyata bengkel belum berani ambil keputusan , karena ada beberapa parts yang kudu diganti yang harganya mahal. mangkok kopling plus mangkok CVT minta diganti karena dah aus. SF tanya urgensinya katanya masih bisa dipakai paling larinya saja agak tertahan. karena motor cuma buat antar anak sekolah SF tahan dululah. Ganti yang perlu perlu dulu.

Continue reading “Suzuki Spin lumayan nih jajan partsnya padahal baru 38 rb”

Servis Nmax 25.000 km, Sektor CVT perlu disehatkan kembali. Berikut Perkiraan Biayanya

Bongkar CVT Nmax
Bongkar CVT Nmax

Pas mau lebaran, pas Nmax minta jajan. Yah daripada sakit duluan mending dituruti.

25.000 km ditandai dengan munculnya kedipan V-belt di MID. Tandanya V-Belt minta diganti. Lantas parts lainnya apa saja yang perlu diganti? Berapa perkiraan belanjanya ?

Continue reading “Servis Nmax 25.000 km, Sektor CVT perlu disehatkan kembali. Berikut Perkiraan Biayanya”

Check List Servis Berkala pada Buku Panduan Pemilik dan Website Resmi berbeda. Konsumen pengguna mobil matic merasa dirugikan…

Kelanjutan dari kasus kemaren… (baca disini : http://smartf41z.com/2015/12/31/nyeseknya-punya-mobil-matic-rusak-transmisi-jebol-dompet-puluhan-juta/ )
mobil rekan SF rusak transmisi maticnya.
Beberapa hari lalu rekan SF ini mengadakan pertemuan dengan kepala cabang dan mekanik yang menangani mobilnya…
Kepala cabang dan mekanik merasa tidak bersalah atas keterlambatan penggantian oli transmisi… pada buku panduan servis 40rb km hanya perlu pengecekan kondisi oli transmisi.

image

Berbeda dengan website resmi… Continue reading “Check List Servis Berkala pada Buku Panduan Pemilik dan Website Resmi berbeda. Konsumen pengguna mobil matic merasa dirugikan…”

Proses bikin knalpot motor saja ribet amat… bagaimana bikin motornya ya?

Kebetulan saat itu SF jadi tandem seorang rekan kerja mengunjungi kliennya.
Awalnya SF sih cuma duduk manis karena merasa bukan domain SF… saat klien menjelaskan core businessnya baru deh SF ikutan nimbrung.
Informasi yang SF dapat yakni perusahaan ini mendapat order dari industri motor berupa pipa knalpot. Disini SF mulai usil ikutan nanya (padahal bukan klien SF) “pipa knalpot bagian mana ya? Header hingga sambungan menuju muffler?”
Ternyata tidak…ย  cuma pipa lurus saja, yang menghubungkan leher/header ke muffler…. untuk header ada suplier yang lain , begitu pula untuk muffler… parts-parts tersebutย  dikirim ke perusahaan lain di las lantas difinishing….
Tiap perusahaan pasti ambil margin, belum lagi ongkos transport…. bayangkan ini cuma bikin knalpot saja butuh beberapa perusahaan….

image

Continue reading “Proses bikin knalpot motor saja ribet amat… bagaimana bikin motornya ya?”

Disaat bengkel resmi sudah ga bisa diandalkan bagi pemilik motor tua… pake bengkel umum saja

Bagini nasib punya motor diskontinyu (padahal belum lama diskontinyu… ๐Ÿ™‚ ) sparepart sepele saja sudah susah dicari. Hal ini SF alami saat ingin membeli karet footsteep tiger bagian depan. Bengkel resmi tidak ready stok barang ini… otomatis SF kudu cari ke bengkel umum…
Beberapa bengkel umum sepanjang Harapan indah hingga THB (bekasi) SF samperin, akhirnya nemu juga di bengkel paling ujung THB pas sebelum bundaran kolam renang….

image

Continue reading “Disaat bengkel resmi sudah ga bisa diandalkan bagi pemilik motor tua… pake bengkel umum saja”

Pabrik GM Bekasi Tutup Pemilik Chevrolet Spin Meradang… Tenang saja bro…. Dealernya masih beroperasi kok

Peningpale…. itu reaksi awal rekan kerja SF pemilik spin saat mengetahui kabar pabrik GM di Indonesia bakal ditutup. Meskipun GM bakal tetap memasarkan brand chevrolet si Negeri ini, namun penutupan pabrik GM disinyalir akan mempengaruhi penjualan chevy spin, ga mustahil spin jadi mobil makin langka di Indonesia. Kekhawatiran rekan SF : Langka berarti bakal susah cari parts dan assesori spin, harga parts bakal mahal (karena import)… meski ada harapan bahwa GM tetap melanjutkan kerjasama dengan vendor lokal untuk tetap mensupply parts spin…. paling tidak untuk jangka waktu 5 tahun masih aman lah perawatan mobil ini.
Setelah diskusi singkat dengan SF… dia  memutuskan mempertahankan mobilnya, karena selain belum lunas kalau dijual harga bakal drop… mending dipakai sampai cicilan lunas. Selepas itu jika mobil mulai manja minta jajan aneh-aneh ya terpaksa dilego dengan konsekwensi harga bakal jatuh…. endingnya rekan SF berfikir 2 kali meminang brand non Jepun sebagai pengganti mobilnya dikemudian hari.

image

Continue reading “Pabrik GM Bekasi Tutup Pemilik Chevrolet Spin Meradang… Tenang saja bro…. Dealernya masih beroperasi kok”

Tips hunting assesori mobil di atrium senen bagi yang belum pernah kesono

Atrium senen terkenal dengan assesori mobil dan suku cadang yang murah meriah. Tapi jika anda pendatang dan kurang paham lingkungan sana bisa jadi sasaran calo yang bergentayangan di lantai teratas (tanpa atap). Kebetulan SF sempat jadi sasaran calo disana. Maklum pertama kali kesono.
Begitu masuk lahan parkir SF langsung menuju lantai teratas yang katanya tempat pemasangan assesory mobil. Nyampai sana parkir mobil penuh oleh mobil yang sedang dipasangi pernak pernik. Hingga putaran ke tiga baru dapat deh space parkir. Setelah parkir SF clingak clinguk bingung cari tempat masuk ke mall… akhirnya di hipnotis calo untuk mengikuti dia menuju toko rekomendasinya di lantai 5. Untung harganya masih terjangkau dibanding harga yang sebelumnya SF pantau di Internet.

image
Gambar dari google: lt 5 penuh oleh pedagang asesori mobil

Continue reading “Tips hunting assesori mobil di atrium senen bagi yang belum pernah kesono”

Komponen CBR 250 banyak yang baru, semoga owner CBR lama ga kesulitan suku cadang

image

Umur CBR 250 tergolong baru… tapi demi persaingan 3 tahun kemudian di munculkanlah new CBR 250 yang cuma mempertahankan buntut CBR lama doank. Mukanya berubah total begitupula mesinnya. Apa saja sih perubahan frontal pada mesin? Ada 16 item bro! Diantaranya kruk as, piston, gir rasio, balancer, kopling, blok silinder, dll.

image

Alamak hal ini tentu bikin owner CBR 250 lawas ketar ketir… motor baru 3 tahun beredar di Indonesia dengan penjualan minim trus tiba-tiba banyak perubahan pada versi barunya. Masalahnya timbul karena parts motor baru ga diperuntukkan untuk motor lama…. bakal makin lama inden parts CBR 250 lama.
Tapi jangan kuatir.. mekanik Indonesia sangat kreatif, rasanya tak susah cari parts subtitusi motor ini. Selama ada bengkel bubut apapun bisa diakali.

P200NS dijual kawasaki, wajar jika ga semurah produk bajaj

image

Jaringan distribusi yang lebih luas serta image kuat kawasaki bisa bikin P200NS susah diharapkan dijual dengan harga under price seperti strategi selama ini yang dijalankan bajaj. Paling tidak harga bakal bermain dikisaran vixion/cb150R hingga honda tiger. Pantes juga sih P200NS diposisikan bukan produk murahan… desainnya okeh… powernya juga cukup menakutkan bahkan bikin keder motor kelas 200-225 cc. Apalagi sekarang dijual dibawah brand kawasaki… cukup worthed untuk dipinang. Dengan satu catatan affersalesnya harus jauh meningkat dibanding masih dipegang bajaj dulu.

Makin serem saja jajaran sport kawasaki…. ๐Ÿ™‚