sunat

All posts tagged sunat

image

Sebelum kebiri

Telah SF bahas sebelumnya soal si Michel yang terpaksa SF kebiri… termasuk alasan, pro-kontra (baca disini)
Kali ini SF bahas soal perubahan pada diri michel setelah 2,5 bulan di kebiri…
Perubahan pada diri michel belum nampak pada sebulan pertama.. selera makan tetap dan aktifnya juga… berat badan tetap kisaran 2,5kg. Saat SF memandikan michel ke dokter hewan yang mengebiri michel, SF tanyakan soal kondisi michel yang ga berubah.
Penjelasan dokter adalah, Ras himalayan jauh lebih aktif dibanding persia. Karena itu apa yang dimakannya terbuang jadi energi. Apalagi masih sebulan dikebiri, memang belum nampak perubahannya….Perubahan akan nampak mencolok saat kucing berusia 2-3 tahun, agresifnya akan berkurang drastis… disinilah makanan yang dimakannya akan menambah massa tubuh… kalau sudah demikian, porsi makan harus dikontrol.
Nah perubahan pada michel ternyata sangat terasa di 2 bulan semenjak kebiri… agresivitas michel sangat berkurang… dulu saat ada kucing liar diluar pintu transparan(kasa nyamuk) michel sangat agresif ingin menyerang kucing liar tersebut sampai beberapa titik kasa nyamuk sobek dibuatnya. Pernah sekali Michel berhasil nerobos keluar, hingga bikin seekor kucing liar dadal duel diserang Michel..
Nah sekarang michel sangat friendly… bahkan pernah SF bawa jalan keluar dan SF kenalkan pada kucing liar yang banyak berkeliaran diluar rumah.. michel mengabaikan kucing2 yang pada berkumpul berebut makanan.. dan anehnya Michel malah minta masuk kedalam rumah…
Selera makan mulai meningkat… Bunda terpaksa menambah porsi makan Michel.

image

Massa tubuh terlihat perubahannya.. makin padat berisi… naik sekilo lebih di banding saat dikebiri….
Dan untunglah michel masih aktif bermain.. masih bisa diajak tarung 🙂

image

Lagi tarung

kedepannya sepertinya bakal lebih mekar lagi nih kucing… lah sekarang umur setahun saja udah 3,5KG, padahal masa pertumbuhan kucing masih jauh dari maksimal.

image

Pipis sembarangan juga berkurang, mau pipis cuma di litter box…. bahkan semalaman ikut tidur dikamar saja ga pernah buang air… begitu subuh pintu kamar dibuka langsung dia ngacir ke litter box.
Tapi sedikit ada perubahan pada warna bulunya, jadi agak pudar alias ga sesolid pertama kali… entah hal ini karena kebiri, faktor makanan atau pertumbuhan.

Jangan salah sangka ya… nama admin blog ini bukan faiz (smartf41z) …. :mrgreen: blog ini saya namakan smartf41z karena nama putra pertama saya Faiz (ai diganti 41 karena ada sesuatu yang private dibalik angka tsb 🙂 ) diawali kata smart karena mengandung harapan biar faiz jadi anak yang smart .. (Aminnn) Pagi-pagi pas baru nyampai kantor bunda tilpun … Faiz nangis nangis menjerit-jerit saat pipis pagi… sayapun disuruh ijin pulang untuk kedokter. Rencana cuma kontrol eh ternyata Faiz harus langsung disunat, sebenernya ga tega juga sih lah wong anak baru 4 tahun. Penyebabnya ternyata lubang pipis terlalu kecil dan lengket dengan kepala pe*is. Sehingga menyulitkan untuk pipis trus bikin infeksi. Kebetulan saat dulu kontrol kandungan bunda di RS ini sempat baca brosur metode smartklamp. Dokterpun menyarankan Faiz segera sunat menggunakan metode ini karena proses penyembuhannya cepat dan tidak sakit…. pas banget untuk balita yang terpaksa disunat. Tanpa pikir panjang langsung kami putuskan untuk menyunat Faiz saat itu juga… butuh 3 orang untuk memegangi sikecil karena berontak ( maafkan papa nak 🙁 ) kebetulan saya sendiri pegangi Faiz dibagian lutut jadi tau betul proses operasinya. Bagian paling menyakitkan yakni pas pemberian obat bius. Setelah dibius… baru deh proses operasi kecil untuk memotong kulit dilakukan dan smartklamp dipasang. Sekitar 10-15menit proses sunat dikerjakan. Setelah proses sunat selesai si Faiz sudah bisa langsung lari-lari..hadewww… :mrgreen: beda banget proses sunat jaman saya… untuk timing saja harus cari libur panjang biar ga ganggu sekolah, penyembuhannya lama dan menyakitkan , dan pake acara pasang tenda kaya orang kawinan segala. He3… Nah ada kejadian unik selepas Faiz disunat. Ada sekeluarga datang ingin menyunatkan putranya yang sudah menginjak SMP, sebelumnya keluarga ini kesusahan membujuk putranya untuk sunat, setelah dibikin malu sama Faiz… baru deh dia berani sunat. “Tuh liat… dedeknya baru 4 tahun saja berani sunat, masa kamu ga brani” (saat itu faiz lagi lari-lari padahal abis sunat 🙂 ) . Setelah memantabkan niat untuk sunat …apesnya ukuran smartklamp untuk anak seusianya ga ada .. dan harus dianjurkan untuk sunat konvensional.. ga jadi sunat deh bocah itu 🙂 . Untuk perkiraan ukuran smartklamp anak 4 tahun adalah 13 khusus faiz ukuran 16 ( weee.. bapaknya bangga :mrgreen: ) , ukuran maksimal smartclamp yang tersedia di klinik itu adalah 26, sedangkan anak SMP yang ga jadi disunat tersebut ukurannya sudah 30. Mungkin yang dimaksud ukuran tsb adalah ukuran diameter “kepala” dalam milimeter

image

Eh ya untuk metode smartclamp ini di klinik Al-Fauzan jl. Condet Raya, biayanya sepaket 1 jt, all in termasuk jasa dokter,obat antibiotik dan penahan nyeri,smartclamp,celana bermangkok 🙂 , nglepas smartclamp seminggu kemudian juga ga dipungut biaya lagi. Memang sedikit mahal dibanding sunat konvensional namun patut dipertimbangkan karena ga mengganggu aktivitas dan ga bikin tersiksa …