tanda

All posts tagged tanda

Sabtu seminggu lalu agak kesusu nganter Faiz sekolah, jadinya sering bejek rem lewati poldur yang bertebaran.

Saat balik kerumah tiba tiba timbul suara “srek srek srek… ” dari roda depan. Sudah feeling kalau kampas rem depan habis… agak kuatir juga jika piringan dah kemakan oleh plat dasar kampas rem. Langsung saja SF mampir ke bengkel pertama yang SF temui. Setelah dicek ternyata bener kampas dah sangat tipis, tapi belum sampai habis. 

Jadi… bunyi gesekan logam itu darimana asalnya… ?
Ternyata ada tonjolan pada kampas rem  yang berfungsi memberi peringatan jika kampas dah tipis, tonjolan ini terletak di samping area kampas. Saat kampas dah menipis tonjolan ini akan tergesek oleh piringan. Timbul bunyi yang berfungsi sebagai warning alarm kepada pengemudi…


Jadi… Kalau dah denger suara gesekan dari perangkat rem, segera cek kampas rem anda… jangan dicuekin kalau ga ingin piringan cakram terkikis.

Share pengalaman selama jadi penunggang Tiger dan GLmax. Saat stasioner di lampu merah RPM kadang naik sendiri tanpa sebab trus turun perlahan bahkan kadang sampai mati mesin. Apa ya kira-kira sebabnya… ini dia pokok masalahnya 

1. Manifol bocor

Manifol adalah karet penghubung antara karburator dan mesin. Kalau bocor, campuran udara dan bahan bakar jadi ga ideal… ada udara tak dikehendaki nyusup dari tempat yang bocor.

2. Spul pengapian tidak sehat

Tanda spull pengapian hampir koit adalah motor susah distater, RPM naik turun saat stasioner, dan brebet ditempat tertentu. Kalau sudah gini mending ganti spulnya . Pengalaman gulung spull umurnya ga panjang.

3. Skep karbu terkikis

GL max SF dulu pakai karbu imitasi punya GL Pro. Kualitas skep yang kurang bagus, bikin mudah aus/terkikis. Ngowos dah saat stasioner.

Semoga berguna infonya

Aki motor saat ini menjadi hal yang vital bagi motor. Motor SF yang masih karburator saja kebingungan saat aki mati… meskipun motor bisa nyala namun beberapa fungsi dari parts motor terganggu. Misalkan speedo meter ngaco (pada tiger jarum RPM akan ngaco), lampu redup, bel ga berfungsi, nyala sein ga normal dan motor tidak bisa dihidupkan melalui elektrik stater. Pada motor injeksi peranan aki lebih vital lagi… meski pada beberapa motor injeksi dapat hidup dalam kondisi aki drop namun hal tersebut berpengaruh pada komponen elektronik yang mengatur pengkabutan dan pengapian motor (ECU).

Kali ini SF ingin membahas mengenai motor yang tidak dapat dihidupkan melalui elektrik stater. beberapa hal bikin kita tertipu akan hal tersebut, karena sebagian besar mengira akinya bermasalah. berikut tips dari SF saat menghadapi kegagalan tersebut. Continue Reading

Kejadiannya sudah lama mendera honda tiger SF. Saat itu gejala selip kopling terasa pada tiger padahal perasaan ga seberapa ganti kampas kopling. Sepulang kerja SF mampir di bengkel dikawasan ngagel Surabaya. Setelah ganti kampas kopling motor kembali bertenaga.
Tapi beberapa hari  kemudian kembali terasa gejala selip kopling… kontan SF segera mampir ke bengkel yang masang kampas kopling tiger kapan hari.
Continue Reading

image

Barusan ngobrol dengan sesama peserta diklat bapak-bapak yang juga seorang biker. Salah satu topik bahasan yang menarik mengenai komunitas motor. Doi kurang sreg sama ulah komunitas/klub saat rolling atau jalan bareng. Beberapa kali beliau melihat pimpinan rombongan menyuruh minggir biker lain serta mengintimidasi rider lain dengan cara menurunkan kaki seakan siap menendang dan mengepalkan tangan. SF yang juga mantan member komunitas cuma mesem saja soal ini.. jujur salah satu penyebab SF keluar dari komunitas adalah perlakuan anggota komunitas saat turing yang minta diistimewakan dijalan, termasuk menyuruh minggir pengguna jalan lain. Ga GW bangett… 🙂 sama-sama bayar pajak kok minta diistimewakan… saat itu alasan member komunitas : agar tidak ada member terpisah…  menurut SF tetep saja berlebihan nyuruh orang lain minggir. Daripada ga srek dihati yo wiss… metu wae lah…
Continue Reading

image

Sebulan terakhir tiap pagi tiger ga kuat pake elektric stater. Ane kira karena aki yang waktunya ganti, maklum umurnya sudah menginjak 2 tahun. Saat nunggu timing yang tepat buat ganti aki, tiba2 elektrical mati total saat abis kehujanan. Ane pikir ga mungkin aki mati menyebabkan elektrical jadi matot, biasanya kalo aki mati elektrical tetap nyala tapi ga stabil alias naik turun mengikuti rpm mesin. Bener deh ternyata soket kiprok leleh. Lah kok setelah diganti, kerja kelistrikan berjalan normal bahkan lebih baik dari sebelumnya. Lampu 50 watt H4 yang ane pasang ditiger makin terang bahkan sambil mencet stebel imitasipun masih kuat ngangkat. 🙂  elektrik stater tiap pagi sekarang tinggal senggol sekali.
So sebelum memutuskan ganti aki periksa dulu kondisi kelistrikan terutama kiprok dan kabel-kabel dari mesin yang mengarah ke kiprok serta jangan lewatkan kabel massa (bodi) daripada setelah ganti aki, ternyata tetep letoy

image

Ada aja penyakit motor tua. Setelah ganti rantai keteng dan LAT, ganti shockbreaker, eh tiger ane sekarang minta ganti gear set. Gejalanya udah sebulan lalu, tapi sekarang udah tambah parah.

Nih tanda-tanda gearset minta ganti :

1. Setelan rantai udah mentok.

2.Ketegangan rantai naik-turun, kalau dilihat dari samping saat distandard tengah dan roda diputar bakal keliatan kalau rantai bagian bawah menegang dan mengendor (naik turun)

3.saat lepas kopling (untuk motor batangan) rantai meloncat-loncat dan motor bergetar hebat, ini tandanya rantai dan gear udah ga akur lagi, gak lancar lagi komunikasinya  antara nempel dan nglepasnya.

Motor minta jajan gir set nih

Kalo tiger ane gejala nomer 1 dan 3 nih yang parah. Karena keterbatasan dana (duitnya kepake buat beli shock nitro TVS), akhirnya ane putuskan untuk motong rante sepasang deh (2mata). Eh ternyata gejala rantai meloncat dan bergetar pas lepas kopling malah parah. Bener-bener minta ganti baru nih. Rantai dan gear yang biasa ane pakai bermerk indopart, harganya sih cukup murah 160rban (2 tahun lalu), keunggulannya sih ga bunyi berisik kaya rantai orinya tiger. Tapi emang ga seperti gearset orisinal yang bisa dipake 3 tahun lebih.