tangki bocor

All posts tagged tangki bocor

image

Lagi…. bocor lagi… sudah kali ketiga tangki tiger milik SF rembes bensin. Pertama kali bocor pada bulan Juli tahun lalu (baca disini ), dalam setahun kebocoran terjadi lagi 2 kali. Terakhir sekitar 2 bulan lalu. SF sudah prediksi kebocoran akan merambat… satu lubang ditutup, kebocoran terus merambat kebagian lain. Maklum yang namanya besi keropos pastinya merambat kemana mana. Kebocoran tangki pada motor laki memang umum terjadi, menurut isu sport honda yang paling terkenal sering bocor, tapi tiger SF termasuk awet , tiger SF tahun 2004 loh.. jadi umur tangkinya sudah 10 tahun!

Karena itu SF berencana membeli tangki tiger baru. Tanya di bengkel umum harganya sekitar 700-800rb… lumayan juga yak…
Sebenernya ada beberapa alternatif untuk mengatasi kebocoran tangki… yang pertama berusaha diakali sendiri… SF sih pake lem besi.

image

Lumayan awet asal lubangnya ga gedhe amat. Ada juga yang pake fiber. Cara paling simple sih pake sabun. Namun semua hal diatas bersifat sementara. Yang agak awet tentunya dilas…. tapi jangan lupa abis dilas, bagian dalam harus dicat lagi… caranya masukkan epoxy kedalam tangki trus dikocok-kocok. Yang lebih awet lagi bisa memanfaatkan cairan fiber. Caranya sama seperti memberi cat dasar diatas.
Berhubung SF dah mulai bosen warna silver tua pada tiger SF, SF pengen balik ke warna standar tiger yakni hitam… jadi beli baru deh. untung saja bentar lagi dapat THR…. 🙂

Diparkiran motor sekelebat liat honda tiger pake braket tempat minum yang penempatannya cukup berani. Check this out
image
Beberapa hari kemudian sempet ketemu sama pemiliknya, SF sempatkan bertanya “kok tempat minumnya ditempatkan disitu mas, ga kotor tuh botor minumnya” jawabnya cukup bikin tersenyum “ndak kok mas, kan spakbor sudah saya kasi kepet lebar. malah enak minumannya anget terus”   :mrgreen:

Jum’at kemaren ada rekan SF konsultasi soal kuda besinya yang tangkinya bocor, tebak apa motornya???? yup bener honda pastinya. 🙂 kali ini honda megapro (gen 2). Tangki bocor seyogyanya harus ganti baru kalo ada dana. tapi kalo bocornya dibagian dalam masih bisa diakali tanpa ngurangi estetika (lah ga keliatan dari luar) cukup sediakan lem besi klo ga salah merknya dextone, itu loh yang ada 2 rube hitam putih dan kalo mo dipake harus di campur rata dulu.

dapet dari gugel

sebelumnya bersihkan dulu permukaan yang akan ditambal, setelah itu baru ratakan lembesi pada permukaan itu. kalo bisa diameternya diperluas hingga sekelilingnya (karena karat pasti nyebar).Kalau pake tukang patri tangki, sebenernya khasiatnya sama saja kalo pakai lem besi, lah wong cuma nutup bagian yang bocor saja, padahal disekelilingnya (bagian dalam tangki) udah nyebar karatnya. Cara lain yang lebih efektif ketukang las. bedah bagian bawah tangki dan ganti dengan plat baru. setelah itu lapisi bagian dalam tangki dengan cat plingkut (anti karat), caranya campur cat antikarat dengan tinner sampai agak encer trus masukkan ke dalam tangki bensin (meteran bensin dan kran dicopot dulu, dan tutup pakai solasi), kocok-kocok tangki sampai kira2 cat didalam sudah merata. tunggu 1-2 hari sampai cat bener2 kering. Cara ini ane lakukan pada gl max SF dulu. cat antikarat juga tahan bensin kok. Tapi keliatannya ongkosnya bisa sama kaya ganti tangki baru ya ? dulu soalnya SF nitip saat ortu ngecat mobil (manggil tukang cat dan las). Cara ketiga yang paling efektif dan hemat waktu jelas harus ganti baru. Untung aja tiger ane belum kena serangan karat.